5 Deretan Mobil Yang Pernah Di Produksi Oleh Lamborghini -->

5 Deretan Mobil Yang Pernah Di Produksi Oleh Lamborghini

Sejarah Lamborghini dan model Lamborghini dari masa ke masa, Lamborghini dicirikan dengan sebuah mobil berperformance tinggi yang menjadi buruan orang berduit diseluruh dunia. Namun jauh kebelakang perusahaan asal Italia itu menyimpan sejumlah cerita yang menarik. Berawal dari seorang yang bernama Ferruccio Lamborghini yang lahir pada tanggal 28 April 1916.

Ferruccio merupakan, sekaligus pendiri dari perusahaan mobil Italia Lamborghini. Ferruccio merupakan anak dari pasangan Antonio Lamborghini dan Evelina Lamborghini yang lahir dan besar dirumah bernomor 22 di Renazzo, di Cento di wilayah Emilia-Romagna, di Italia Utara.

Ferruccio menikah, tapi sayangnya sang istri tercintanya meninggal pada tahun 1947 saat melahirkan anak pertamanya yang diberi nama Antonio. Setelah perang dunia ke-2 Lamborghini membuka bengkel di kota Cento. Lamborghini yang sudah tersohor sebagai mekanik handal di Angkatan Udara Italia yang telah berhasil memproduksi traktor yang bahan bakunya berasal dari surplus peralatan militer.

Tidak disangka bisnisnya pun makin berkembang dengan pesat, dan kemudian Ferruccio melakukan ekspansi kesektor infrastruktur, khususnya peralatan pemanas dan pendingin. Pada akhirnya Ferruccio Lamborghini pun menjadi kaya raya dan akhirnya menggeluti hobi mahal dengan membeli sebuah Ferrari 250 GT.

Akan tetapi, ternyata mobil yang ia beli tersebut bermasalah pada kopling dan mesinnya terlalu berisik, terutama pada bagian gear box-nya. Akhirnya, Ferruccio pun berinisiatif langsung melaporkan masalah dan keluhan tersebut dengan datang kepada Enzo Ferrari secara langsung.

Namun bukan jawaban yang ia dapatkan, Enzo Ferrari justru melemparkan komentar yang membuat Ferruccio Lamborghini tersinggung dan sakit hati. Masalahnya bukan dari mobilnya, tapi karena pengandaranya, ujar Ferrari. Yang parahnya lagi, Ferrari pun melontarkan ucapan pedas dengan menyuruh Lamborghini untuk mengurus traktornya saja.

Merasa dihina, Lamborghini pun bersumpah untuk menciptakan sebuah kendaraan yang akan mematahkan pesona Ferrari. Dia akhirnya memutuskan untuk membuat mobil sendiri dan berambisi untuk mengalahkan pesona Ferrari. Setelah itu, Lamborghini pun mulai serius untuk menggarap mobil. Ia pun memanfaatkan sebuah kota kecil yang bernama Sant'Agata sebagai basis produksi mobil-mobilnya.

Pada masa awal, mantan karyawan Ferrari yang bernama Giotto Bizzarini, Franco Scaglione, dan Gian Paolo Dallara diajak untuk ikut bergabung. Tugas 3 orang mantan pekerja Ferrari itu sangat jelas, yaitu untuk membuat GT mewah dan kuat yang mampu mencapai kecepatan 241 km/jam.

Akhirnya pabrikan mobil yang diberi nama yang sama dengan nama pendirinya telah berhasil membuat Lamborghini 350 GT dan melakukan debut publik pada Maret 1964 di Geneva Auto Show. Tidak seperti Ferrari yang wajib mengikuti F1, Lamborghini sendiri hanya menjadi supplier mesin di musim 1989 sampai dengan 1993 lewat tim Lotus, Minardi, Ligier, Modena, dan Larrousse.

Lamborghini beberapa kali sempat hampir gulung tikar, akhirnya di tahun 1998 nasib Lamborghini terselamatkan setelah dibeli oleh Audi atau Volkswagen Grup. Dan setelah dibeli oleh Audi, Lamborghini tetap mempertahankan nilai-nilai sebuah karya seni. Pembuatan mobil dimulai dari pengecatan, pembuatan body, perakitan mesin, instalasi kabel, interior, dan sebagainya masih mengandalkan tangan-tangan terampil karyawan.

Hampir sebagian besar nama-nama mobil Lamborghini diambil dari nama-nama banteng. Karena diketahui Ferruccio Lamborghini memang terlahir dengan naungan zodiak Taurus, jadi bukan kebetulan jika mobil-mobil dari Lamborghini selalu menggunakan nama-nama banteng.

1. Lamborghini 350 GT (1963)

Di tahun 1963 Ferruccio berhasil menciptakan mobil Lamborghini pertamanya, yaitu Lamborghini 350 GT yang bisa dibilang modifan dalam tanda kutip dari Ferrari 250 GT. Kemudian dilanjut dengan Lamborghini 400 GT, meskipun terlihat klasik Lamborghini yang memiliki desain lampu pop up atau terbuka bila digunakan.

Baca Juga : 5 Wabah Penyakit Terbesar Yang Pernah Menghantui Dunia

Serta mampu berjalan sangat cepat, layaknya supercar lainnya. Kesuksesan Lamborghini menciptakan 350 GT membawa namanya naik, dan menjadikan pabrikan Lamborghini berada di deretan atas pabrik supercar dunia.

2. Lamborghini Miura (1966)

Mempunyai julukan the original supercar, Lamborghini Miura adalah mobil yang memulai themplate mesin tengah dan penggerak roda belakang untuk supercar hingga saat ini. Pada tahun 1965 Lamborghini Miura diperlihatkan di Turin Auto Show dalam bentuk casis dan mesinnya saja dengan kode P400.

Jelas publik tercengang melihat ada mobil yang mendobrak pakem dengan mesin V12 ditaruh ditengah belakang dan posisinya melintang atau rear-mid traverse engine. Malah belum juga dibuat dan belum ketahuan akan menjadi bagaimana bentuknya. Sudah ada orang yang berani bayarin konsepnya P400, istilah zaman now-nya berani preorder.

Lamborghini Miura akhirnya resmi meluncur pada 1967 dengan tetap menggunakan kode nama P400, yang berarti Posteriore 4 litri yang merujuk pada mesinnya. Menggunakan mesin V12 4000cc dengan posisi melintang atau posterior. Lamborghini Miura menjadi mobil terkencang pada masanya dengan keluaran tenaga hingga 345 dk dan torsi 355 nm.

Tambah lagi, bobot kering Lamborghini Miura tercatat hanya 1.125 kg. Nama Miura dipilih Lamborghini dari nama temannya yang bernama Don Eduardo Miura seorang peternak banteng.

3. Lamborghini Countach (1971)

Lamborghini ketiga ini mulai dipamerkan pada tahun 1971 dan mulai diproduksi pada tahun 1973. Namanya diambil dari teriakan orang Italia ketika sedang terkejut, yaitu countach yang dibaca sebagai kuntach. Kalau bahasa Indonesianya mungkin seperti buset.

Baca Juga : Membongkar 5 Trik Sulap Terhebat Di Dunia

Lampu depannya menggunakan sistem pop up dan pertama kalinya desain inovatif dimunculkan pada pintu Countach dengan menggunakan pintu model gunting atau pintu yang dibuka terangkat keatas.

4. Lamborghini Diablo (1990)

Lamborghini ini desain bodynya masih memiliki kemiripan dengan Countach yang akan menjadi desain baku Lamborghini hingga produk-produk paling barunya. Lamborghini Diablo ini masih menggunakan lampu model pop up dan pintu model gunting. Namanya diambil kembali dari salah satu banteng tempur Spanyol.

5. Lamborghini Murciélago (2001)

Lamborghini pertama ditangan pabrikan Audi, desainnya masih berbasis seperti pendahulunya-pendahulunya. Tapi di model ini sudah tidak memakai jenis lampu pop up, namun masih menggunakan pintu model gunting. Nama Murciélago diambil juga dari salah satu nama banteng tempur Spanyol.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
PERHATIAN : Kalian boleh mengcopy paste semua isi dari postingan yang telah kami buat ini. Tapi kalian harus mencantumkan link sumber dari postingan tersebut, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan baik untuk kalian maupun kami.
Disqus Comments