Membongkar 5 Trik Sulap Terhebat Di Dunia - Tips Tutorial Bersama

Selasa, 13 April 2021

Membongkar 5 Trik Sulap Terhebat Di Dunia

Sulap atau magic adalah sesuatu yang menyenangkan dan menghibur untuk di tonton. Biarpun banyak penonton atau penikmat sulap yang menikmati sulap atau aksi pertunjukan para pesulap, tapi mereka tetap ingin mengetahui bagaimana trik dan rahasia sulap itu bekerja. Memang kedengarannya aneh, dimana disatu sisi orang-orang ingin mempercayai kalau sulap atau magic adalah hal nyata bukanlah sebuah trik.

Tapi disisi lainnya mereka ingin mengetahui trik dan segala rahasia kalau sulap itu hanyalah aksi panggung atau rekayasa belaka. Dunia sulap sudah banyak berkembang dari tahun ke tahun dari sulap teatrikal sampai dengan escape artist atau seni sulap meloloskan diri, sampai dengan dari pesulap jalanan atau street magician.

Pesulap yang loyal dengan dunia sulap dan para komunitas pesulap lainnya tentunya tidak akan membongkar segala trik-trik sulap mereka. Tapi sayangnya pada postingan kali ini, kita akan bongkar 5 trik dan rahasia sulap terhebat di dunia.

1. Levitasi

Segala aksi pertunjukan Criss Angel menjadi komoditas paling hot di dunia sulap dengan aksi-aksi street magiciannya. Yang setiap aksi-aksi yang dilakukannya di jalanan, seperti melawan hukum alam dan diluar logika kita. Dan salah satu aksi sulapnya yang menjadikan Criss Angel sangat terkenal adalah trik Levitasi-nya, yaitu melayang diudara atau terbang.

Di aksi sulapnya tersebut, Criss melayang-layang di udara tepat beberapa meter di atas para penontonnya yang memperlihatkan dia tidak menggunakan alat bantu atau alat mekanik apa pun yang bisa mengangkatnya di udara. Dan rumor pun menyebar tentang aksinya ini, kalau sebenarnya aksi Criss Angel ini dibantu oleh kekuatan supranatural.

Baca Juga : 5 Kapsul Waktu Paling Fenomenal Yang Berhasil Ditemukan Manusia

Tapi sayangnya aksi sulapnya ini harus terbongkar karena cara pengeditan yang ceroboh. Bukan cuma jumlah penontonnya yang tiba-tiba berubah dalam 8 detik setelah perpindahan ke scene berikutnya. Tapi ada beberapa perbedaan di scene yang memperlihatkan aksi terbang-terbangan tersebut.

Scene pertama yang terlihat ada awan dan beberapa orang yang menonton di bawah. Tapi di scene lainnya, awan dan beberapa penonton di bawah menghilang. Ini membuktikan bahwa aksi sulap Criss Angel hanyalah hasil rekayasa atau editan saja selayaknya di film-film.

2. Di Injak Ban Truk

Aksi sulap Penn & Teller ini adalah yang terkenal di dunia, bahkan mereka mempunyai satu acara sendiri di televisi yang berjudul Fool Us. Penn & Teller memang sudah memberikan para penonton diseluruh dunia dengan aksi-aksi sulap yang mengagumkan. Tapi ketika Penn & Teller melakukan aksi sulapnya dengan melibatkan truk, aksi mereka ini menjadi salah satu dari 50 aksi sulap terhebat sepanjang sejarah.

Aksi sulap mereka memperlihatkan si Penn menjalankan truk dan Teller tepat berada di bawah truk tanpa sama sekali alat pelindung, dan kemudian melindasnya dengan ban truk tersebut. Aksi berakhir dengan mencengangkan, Teller sama sekali tidak cedera setelah dilindas oleh ban truk yang segede gaban.

Rahasia trik ini berada disisi lain truk yang tidak diperlihatkan kepada penonton, ini merupakan tentang teknik engineering. Bobot disisi lain truk dikasih beban, sehingga memaksa disisi lain si truk menjadi lebih berat dan disisi truk yang lainnya diperlihatkan ke penonton menjadi lebih ringan.

Dan ban yang melewati tubuh dari Teller tidak berisi full angin, sehingga sewaktu ban truk melewati tubuh dari si Teller tidak memberikan beban apa-apa terhadap badan Teller. Tapi diluar itu, trik ini membutuhkan tim yang ahli dibidang engineering.

3. Jalan Di Atas Air

Kalau orang bisa terbang atau melayang mungkin bisa menjadi alasan kenapa orang bisa jalan di atas air. Criss Angel pernah melakukan aksi ninjanya dengan mendemonstrasikan jalan di atas air, di atas kolam renang disalah satu casino di Las Vegas. Dia bahkan menjatuhkan sepatunya di dalam kolam renang untuk meyakinkan para penonton kalau di bawahnya tidak ada benda apa pun, melainkan hanyalah sebuah air.

Aksi yang Criss lakukan memang terlihat ajaib. Namun ternyata menurut beberapa sumber, penjelasan sangat mudah kalau Criss bukanlah berjalan diatas sebuah air, melainkan berjalan di Flexi Glass. Tapi kenapa trik itu terlihat bagus sekali dan tampak tanpa celah.

Nah, karena Flexi Glass ini memiliki indeks bias yang sangat mirip dengan air yang membuatnya sangat hampir tidak terlihat di dalam air. Criss Angel sukses menjual trik ini dengan kehati-hatiannya sewaktu melangkah dan juga personaliti magisnya.

4. Gergaji Mematikan

David Copperfield adalah pesulap tersukses sepanjang sejarah, dari aksi sulapnya David Copperfield telah mendapatkan kekayaan lebih dari 1 miliar dollar. Memecahkan 10 rekor dunia dan juga mendapatkan banyak penghargaan dari dunia seni panggung. Dan mungkin salah satu aksinya yang paling terkenal dan menakjubkan sepanjang sejarah adalah gergaji mematikan.

Trik sulap ini pada dasarnya sama dengan trik sulap klasik memotong box yang berisikan perempuan di dalamnya, tapi dengan improvisasi yang lebih bagus. Aksi sulap ini memperlihatkan David Copperfield diikat dan tengkurap diatas sebuah meja dan kemudian sebuah gergaji mesin raksasa perlahan-lahan turun untuk memotong tubuh David menjadi dua.

Baca Juga : 5 Tempat Aneh Di Dunia Yang Masih Sulit Dijelaskan Oleh Sains

Setelahnya sangat sistem menyatukan kembali tubuh David Copperfield yang tadinya terpotong menjadi dua bagian. Yang jadi pertanyaan adalah bagaimana trik hebat ini dilakukan dan rahasianya. Meskipun terlihat aksi sulap panggung ini sangat rumit, tapi sebenarnya trik sulap ini cukup sederhana.

Hanya diperlukan sebuah ketangkasan dari David Copperfield, timing yang tepat dan aksi panggungnya yang bisa memainkan emosi dari penonton. Trik gergaji mematikan ini diawali dengan timing yang pas, dimana David berbaring tengkurap dan dibawah platform itu tersembunyi ruang kecil agar David bisa melipat kakinya rapat-rapat.

Oleh karena itu sewaktu David diikat ditutupi sebuah box dan disisi platform lainnya adalah asistennya yang tubuhnya tersembunyi di bawah platform dan memperlihatkan kakinya yang menjulur ke atas. Timing antara Copperfield dan sang asisten harus benar-benar sempurna, agar penonton yakin kalau itu adalah benar-benar tubuh Copperfield yang terbelah menjadi dua.

Trik ini perlu jam terbang dan latihan yang tinggi, sebuah kotak yang direkayasa seperfect mungkin dan aksi panggung kelas dunia.

5. Jarum Menembus Tangan

Dalam salah satu performancenya di tv, yaitu real or magic David Blaine menusukan jarum raksasa ketangannya sampai tembus di depan komedian dan aktor terkenal, yaitu Ricky Gervais. Disitu Blaine terlihat mendorong jarum besar tersebut ke dalam tangannya dengan tangan yang satunya lagi, dan seketika jarum tersebut tertembus disisi lain tangannya.

Dan kemudian Blaine meminta Ricky untuk membantunya mengeluarkan jarum itu dari tangannya. Dan sewaktu Blaine melakukan aksinya yang ekstrem itu, sama sekali tidak keluar darah atau terlihat luka ditangan David Blaine. Ricky Gervais terlihat tercengang dengan kemampuan super yang dilakukan oleh David Blaine ini.

Memang ada banyak teori mengenai bagaimana David Blaine melakukan aksinya seperti itu, dan sepertinya hanya ada satu penjelasan atau teori yang masuk akal. Kalau sebenarnya David Blaine adalah seorang mutan, jawaban tersebut merupakan candaan saja. Jawaban yang sebenarnya mungkin terdengar aneh adalah David menggunakan fenomena medis yang disebut fistula.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi artikel atau link download dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini.

Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran "Hak Cipta Dari Saya" yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.