5 Aksi Heroik Hewan Dalam Menyelamatkan Manusia -->

5 Aksi Heroik Hewan Dalam Menyelamatkan Manusia

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa hewan dikenal sebagai makhluk hidup yang beraksi dan bertindak berdasarkan dari nalurinya saja. Namun tidak ada yang menyangka bahwa hewan dapat melakukan penyelamatan yang cukup heroik pada seseorang ketika orang tersebut sedang dalam bahaya.

Bahkan para hewan sampai mempertaruhkan nyawa untuk menolong seseorang. Dari semua kasus para hewan yang berhasil menyelamatkan manusia, ada beberapa aksi penyelamatan yang cukup heroik.

1. Anjing Di Thailand

Pada tahun 2013 lalu ada seekor anjing di Thailand mendapat sebuah penghargaan karena telah menyelamatkan seorang bayi yang baru lahir. Diketahui bahwa bayi yang diselamatkan anjing tersebut dibungkus oleh plastik dan dibuang ketempat sampah. Anjing bernama Pui itu lalu berjalan disekitar distrik Tha Rua dan secara tiba-tiba ia menemukan plastik yang berisikan bayi dan membawanya pulang kerumah tuannya.

Keponakan dari pemilik anjing tersebut mendengar anjing tersebut menggong-gong dari luar rumah dan tidak berhenti. Dirinya lalu langsung menghampiri anjing tersebut, dan terkejut setelah melihat isi bungkusan yang dibawa anjing itu adalah seorang bayi perempuan yang masih hidup. Setelah mengetahui hal tersebut, sang pemilik anjing tersebut langsung segera melarikan bayi tersebut ke rumah sakit terdekat.

Baca Juga : 5 Deretan Mobil Yang Pernah Di Produksi Oleh Lamborghini

Menurut dokter, bayi tersebut lahir prematur dan usianya baru 7 bulan dengan berat kurang dari 2 kg. Dengan aksi heroiknya, anjing itu pun menerima penghargaan dari palang merah setempat dan uang senilai 2,9 juta rupiah.

2. Gorila Selamatkan Bocah

Gorila adalah jenis primata yang paling besar dan digolongkan sebagai binatang omnivora, karena mereka memakan sayuran serta serangga. Gorila sendiri adalah spesies kedua setelah simpanse yang sangat dekat dengan manusia. Seekor gorila yang selama ini dinilai buas bagi kebanyakan orang, ternyata memiliki sisi yang cukup baik.

Diketahui pada tahun 1996 ada seekor gorila bernama Binti-Jua terlihat berhasil menyelamatkan seorang anak balita yang terjatuh ke kandangnya di Illinois, Amerika Serikat. Pada saat itu gorila Binti-Jua menghampiri anak laki-laki yang tidak sadarkan diri tersebut, kemudian membawanya kepada penjaga kebun binatang.

Seseorang yang diwawancarai mengenai kejadian tersebut mengatakan bahwa "hal tersebut sangat keren jika seekor gorila mampu menyelamatkan seorang anak manusia dan membawanya kepada penjaga". Beberapa tahun lalu di kebun binatang Cincinnati, seorang anak laki-laki berusia 3 tahun terjatuh dikandang gorila.

Uniknya, gorila tersebut bukannya menyerang bocah ini, tapi gorila ini malah menari dengan gembira di dalam bak mandi. Mengetahui hal tersebut, pihak kebun binatang harus melakukan tindakan tegas terhadap gorila tersebut agar tidak melukai anak lelaki tersebut. Anak laki-laki yang terjatuh itu kemudian ditolong oleh gorila bernama Harambe, tetapi dengan cara diseret sehingga mengalami beberapa lecet ditubuhnya.

Dengan dua kejadian tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa binatang yang dianggap buas sekalipun juga memiliki hati dan perasaan untuk menolong manusia. Dan sebagai manusia, kita hanya perlu untuk lebih menyayangi binatang seperti gorila, dan memperlakukan mereka sebagaimana mestinya.

3. Kucing Marsha Di Rusia

Ditengah cuaca dingin dibawah 0° celcius, seekor kucing liar bernama Marsha berhasil menyelamatkan seorang bayi di Obninsk, Kaluga, Rusia. Diketahui bahwa bayi tersebut ditelantarkan oleh orang tuanya di kolong tangga sebuah rumah, dan pada saat itu Marsha masuk ke dalam kotak bayi itu untuk menghangatkannya selama beberapa jam.

Seorang warga yang tinggal diwilayah itu menemukan kucing bernama Marsha tengah menjilati wajah dari bayi tersebut ketika sedang menangis. Menurutnya, bayi malang itu sudah berada diluar rumah selama beberapa jam dan berkat kucing tersebut ia tidak mati kedinginan. Marsha bahkan mengejar petugas medis yang akan membawa bayi tersebut ke dalam mobil ambulance.

Bayi laki-laki berusia sekitar dua atau tiga bulan itu, lalu dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa dan sudah dinyatakan dalam keadaan sehat, meski kedinginan salama beberapa jam diluar rumah. Dan saat ini polisi di wilayah tersebut tengah mencari orang tua dari bayi malang tersebut.

4. Kucing Selamatkan Anak Majikan

Selain anjing, banyak orang yang memilih kucing untuk sebagai hewan peliharaan, tidak hanya menggemaskan, kucing juga bisa menjadi teman untuk menghabiskan waktu bersama di rumah. Beberapa waktu lalu ada sebuah video yang cukup viral dimedia sosial, dalam video tersebut terlihat seekor kucing peliharaan berhasil menyelamatkan nyawa bayi dari majikannya.

Dari rekaman video tersebut, terlihat seorang bayi yang berada disebuah ruangan dengan seekor kucing. Awalnya bayi dan kucing tersebut terlihat sedang asik bermain bersama, dan tidak berselang lama, bayi tersebut merangkak ke arah pintu, sementara si kucing sedang duduk di sofa. Diketahui pintu tersebut merupakan akses menuju ke tangga bawah.

Baca Juga : 5 Wabah Penyakit Terbesar Yang Pernah Menghantui Dunia

Bayi yang diperkirakan dibawah 1 tahun itu sempat berhenti, lalu kemudian kembali merangkak dan menuju ke tangga didepannya. Beruntung, kucing berbulu putih dan abu-abu tersebut langsung melompat dan menghentikan si bayi. Setelah itu, si kucing tersebut juga terlihat seolah berjaga-jaga di depan pintu untuk mencegah si bayi untuk tidak kembali merangkak mendekati tangga.

Video tersebut lantas menjadi viral di media sosial, dan banyak orang yang memuji aksi dari kucing tersebut. Namun tidak sedikit orang yang mengecam tindakan ceroboh orang tua yang meninggalkan bayinya seorang diri dengan tangga pintu terbuka.

5. Anjing Selamatkan Majikan Dari Kanker

Beberapa waktu yang lalu ada seekor anjing berjenis pug bernama Flo berhasil menyelamatkan majikannya dari serangan kanker payudara yang sudah lama di idapnya. Diketahui bahwa anjing tersebut memiliki kemampuan untuk mengendus tumor pada payudara bagian kanan majikannya.

Marian Cooper majikan dari anjing bernama Flo tersebut curiga bahwa anjingnya itu sering kali mengendus payudara sebelah kanannya. Tingkah Flo tersebut awalnya membuat Cooper sangat jengkel, namun ia sadar jika hal tersebut tidak dilakukan oleh anjingnya, mungkin ia tidak mungkin terselamatkan.

Karena kelakuan anehnya anjing tersebut, ia mencoba ke rumah sakit dan memeriksa ada apa pada payudaranya. Dan dokter mengatakan, tumor yang diderita olehnya sangat dalam, sehingga tampaknya akan susah ditemukan jika bukan karena bantuan anjingnya yang bernama Flo tersebut.

Tumor yang ada pada tubuhnya pun telah masuk pada tahap III, ketika tumor sudah bersifat kanker dan hal tersebut akan menyebar dengan cepat. Tanpa bantuan dari anjing tersebut, kemungkinan tumor itu kini telah menyebar ke seluruh tubuh Marian, karena telah ditemukan tepat waktu, maka tumor tersebut akhirnya bisa diambil dan diangkat oleh para dokter sebelum menyebar.

Flo sendiri bukan satu-satunya anjing yang bisa mengendus suatu penyakit, peneliti yang dilakukan saat ini bahkan telah melatih anjing untuk mengendus kanker melalui sampel urin, serta nafas pasien.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
PERHATIAN : Kalian boleh mengcopy paste semua isi dari postingan yang telah kami buat ini. Tapi kalian harus mencantumkan link sumber dari postingan tersebut, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan baik untuk kalian maupun kami.
Disqus Comments