5 Fakta Kekayaan Sultan Brunei - Tips Tutorial Bersama

Rabu, 28 April 2021

5 Fakta Kekayaan Sultan Brunei

Meskipun negara Brunei Darussalam jauh lebih kecil dari pada Indonesia, Brunei selalu bisa bikin masyarakat Indonesia iri. Alasannya tidak lain, karena negara satu ini begitu makmur sehingga kehidupan masyarakatnya pun menyenangkan. Ada begitu banyak hal luar biasa di Brunei yang jarang didapatkan di negara lain apalagi di Indonesia.

Contohnya saja masyarakatnya tidak dikenakan pajak, pendidikan yang gratis, serta tunjangan-tunjangan yang lain yang bikin sejahtera. Brunei bisa seperti itu tidak lepas dari peran sultan hebatnya yang bernama Hassanal Bolkiah. Sultan Hassanal Bolkiah telah memimpin Brunei Darussalam selama puluhan tahun, dan sultan satu ini tidak pernah gagal membuat masyarakat Brunei merasa puas dan bahagia.

Kalau kita membicarakan sosok seorang Hassanal Bolkiah tentu bukan hanya tentang kepemimpinannya saja, tapi juga soal hartanya yang jumlahnya bernilai fantastis. Bukan rahasia lagi kalau beliau ini adalah salah satu manusia terkaya di dunia, dan layaknya seorang miliuner sultan tahu cara menghabiskan uangnya dengan cara yang greget.

1. Koleksi 7.000 Mobil Mewah

Sultan Hassanal Bolkiah sama seperti pria kebanyakan, dimana juga mempunyai kesenangan tersendiri terhadap hal-hal berbau otomotif, terutama mobil. Tapi karena sekarang yang kita bahas adalah seorang raja, jelas beda dengan apa yang dilakukannya untuk memuaskan hobinya tersebut. Sang sultan mewujudkan kesenangannya dengan mengkoleksi mobil.

Koleksi mobil sultan sendiri tentunya bukan cuma 1 atau 2 mobil saja, melainkan lebih dari itu. Menurut banyak sumber saat ini, Sultan Bolkiah memiliki sekitar 7.000 lebih mobil yang terparkir di garasi istananya. Dari 7.000 mobil itu rata-rata mobil-mobil antik dan mobil sport yang termahal dan ternama, seperti Ferrari, Lamborghini, Bugatti, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 5 Penampakan Malaikat Yang Tertangkap Camera Di Seluruh Dunia

Bukan hanya itu saja, beberapa mobil sang sultan adalah konsep yanng tidak keluar di pasaran. Tapi dari sekian banyaknya koleksi mobil ada 1 mobil favorit sang sultan, yaitu Rolls-Royce Spur Limo yang diperkirakan menjadi mobil termahal milik sang sultan. Mobil super eksklusif ini ditafsir memiliki harga sekitar 14 juta dollar Amerika atau sekitar 200 miliar rupiah.

Kenapa bisa begitu sangat mahal, yang membuatnya begitu mahal karena mobil ini dilapisi oleh emas 24 karat diseluruh bagian mobil. Mobil ini cukup sering digunakan pada beberapa kesempatan, khususnya untuk acara-acara kenegaraan.

2. Istana Mewah Nurul Iman

Sebagai raja, jelas Sultan Hassanal Bolkiah tidak tinggal dirumah dinas, melainkan tinggal di istana miliknya sendiri. Istana megah ini bernama Nurul Iman dan istana satu ini benar-benar mirip seperti kastil seorang raja di jaman Eropa pertengahan. Bukan bentuk bangunannya, tapi kesan mewahnya. Di istana ini ada begitu banyak kamar, jumlah kamarnya sekitar 1.788 kamar + kamar mandi yang totalnya mencapai 257 kamar mandi.

Istana megah Nurul Iman bukan hanya luas dan berisikan banyak kamar saja, tapi juga mengusung unsur kemewahan luar biasa. Setiap kamar dihias dengan cantik, termasuk kamar sang sultan sendiri yang beberapa sisinya berlapiskan emas. Istana yang selesai dibangun pada tahun 1984 ini menghabiskan dana sekitar 1,4 miliar dollar atau sekitar 18 triliun rupiah.

3. Uang Yang Tidak Habis 7 Turunan

Berbicara soal uang, jelas sang sultan memiliki banyak sekali uang. Dahulu kala sewaktu masa-masa awal menjabat sebagai raja menggantikan ayahanda-nya Sultan Hassanal Bolkiah mendapatkan warisan yang bernilai luar biasa jumlahnya, kurang lebih beliau mendapatkan warisan sekitar 40 miliar dollar Amerika. Karena uang sebanyak itu Sultan Hassanal Bolkiah pun kemudian nangkring di daftar orang terkaya di dunia.

Tapi semakin kesini semakin diketahui jumlah uang sang sultan pun kemudian berkurang, meskipun begitu jumlahnya tetap masih sangat banyak. Saat ini diperkirakan beliau memiliki kekayaan sekitar 20 miliar dollar Amerika atau setara dengan 285 triliun rupiah. Jumlah ini juga sepertinya tidak akan habis sampai sang sultan menghembuskan nafasnya yang terakhir.

4. Koleksi Perhiasan

Bukan cuma suka mengkoleksi mobil, Sultan Hassanal Bolkiah diketahui juga sangat hobi mengkoleksi perhiasan. Tidak diketahui secara pasti berapa jumlah perhiasan yang dimilikinya, tapi dipastikan jumlahnya begitu banyak dan sangat mahal kalau dinilai dengan uang. Kalau berbicara koleksi perhiasan, sang sultan mempunyai beberapa perhiasan favorit.

Baca Juga : 5 Penemuan Fenomenal Di Dalam Laut

Mulai dari jam tangan sampai dengan aksesoris yang menempel di badannya. Dalam memilih perhiasan sang sultan tidak pernah banyak pertimbangan, asalkan dia suka ya langsung dibungkus. Termasuk sewaktu dia memutuskan untuk membeli sebuah alat cukur rambut seharga 234 juta rupiah, tidak perlu mikir-mikir panjang langsung sikat, ya namanya juga sultan.

5. Koleksi Pesawat Pribadi

Tidak sebatas koleksi mobil dan perhiasan saja, sang sultan juga ternyata punya beberapa pesawat pribadi. Pesawat ini sering kali digunakannya untuk urusan negara dan juga berlibur ke banyak negara di dunia. Ada dua pesawat yang diketahui dimiliki sang sultan, pesawat ini diketahui berjenis Boeing dengan tipe 747-400 serta satu lagi berjenis Airbus 340. Yang unik adalah Airbus tersebut adalah ternyata berlapis emas dibeberapa bagiannya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi artikel atau link download dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini.

Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran "Hak Cipta Dari Saya" yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.