Camilan Khas Momen Kumpul Keluarga: Ichigo Daifuku, Camilan Tradisi Hanami Di Jepang - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 08 April 2021

Camilan Khas Momen Kumpul Keluarga: Ichigo Daifuku, Camilan Tradisi Hanami Di Jepang

Kamu mungkin akrab dengan makanan ringan yang satu ini, cemilan praktis dan sering ditemukan di momen kumpul keluarga, yaitu biskuit, kue, dan wafer. Cemilan semacam ini memang makin asik jika dinikmati bersama, tanpa kita sadari bahwa cemilan bisa memikat saat kumpul bareng keluarga.

Tapi diberbagai negara memang ada tradisi cemilan khas yang hanya disediakan di hari penting saja. Prinsip makanan dapat menyatukan tali persaudaraan dan menjadikan cemilan ini selalu hadir secara turun temurun dan dinikmati oleh berbagai generasi.

1. Kue Qatayef, Pancake Ala Bangsa Arab

Qatayef merupakan makanan khas tanah Arab yang mendadak populer saat bulan ramadhan, Qatayef diyakini sudah ada sejak jaman Dinasti Fatimiyah bahkan sudah dipercaya menjadi santapan bangsa timur tengah sejak 500 - 600 SM.

Baca Juga : Bang Jago Titisan Dominic Toretto: Ken Block, Sang Dewa Pemecah Rekor

Hidangan ini disajikan dengan menu Akkawi sebagai isian, kemudian berkembang dengan isian cream serta kacang-kacangan. Qatayef begitu identik dengan kue pancake, hanya saja proses pembuatannya melibatkan tepung jagung dan tidak menggunakan telur.

2. Kue Kahk, Kue Idul Adha Yang Ada Sejak Mesir Kuno

Dua hari raya umat Islam yakni Idul Fitri dan Idul Adha tentunya memiliki treatment berbeda, demikian pula dengan budaya antar negara seperti Mesir. Negeri di timur laut Afrika yang justru memiliki tradisi kumpul keluarga besar bukan saat Idul Fitri tapi saat momen Idul Idha.

Kue Kahk menjadi cemilan wajib warga Mesir saat Idul Adha, makanan khas lebaran Mesir ini sudah ada sejak periode sebelum masehi. Selintas kue Kahk mirip dengan kue kering pada umumnya, hanya saja bagian dalam kue ini diberi isian berupa kurma atau kacang, lalu bagian luarnya ditaburi tepung gula seperti kue puteri salju.

3. Apple Pie, Istimewa Saat Thanksgiving

Thanksgiving merupakan hari khusus untuk menyampaikan rasa terimakasih atas berkat dan anugerah yang mulai dirayakan pada tahun 1565 oleh para pengungsi di kota Augustine, Florida, Amerika Serikat. Setelahnya setiap tanggal 26 November terus dirayakan sebagai momen thanksgiving setiap tahunnya.

Baca Juga : Inilah Alasan Kenapa Ayam Cemani Bisa Di Hargai Sampai Jutaan Rupiah

Ini yang menjadi hari syarat momen spesial terutama bagi warga Amerika Serikat dan Kanada. Masyarakat merayakan momen syukur dengan membuat Double Apple Pie, selain kue Apple Pie thanksgiving juga lekat dengan hidangan kalkun panggang.

4. Gulab Jamun, Camilan Khas Deepawali

Deewali yang dikenal juga dengan istilah Deepawali atau Defapali adalah tradisi perayaan festival cahaya bagi pemeluk agama Hindu, Deewali merupakan simbol kemenangan kebaikan atas keburukan. Perayaan Deewali juga menghadirkan makanan-makanan khas, salah satunya Gulab Jamun.

Meski begitu tersohor di India, Gulab Jamun dipercaya berasal dari bangsa Persia. Berperan sebagai makanan penutup, Gulab Jamun ingin menonjolkan kesan makanan yang harum seperti air mawar. Hidangan manis ini berbentuk seperti bola pingpong dengan berbahan dasar susu, cara menyantapnya di siram dengan kuah gula dengan campuran jahe dan air mawar.

5. Ichigo Daifuku, Manisnya Cemilan Tradisi Hanami Di Jepang

Masyarakat Jepang punya tradisi tersendiri untuk menyambut musim semi, kegiatan ini disebut Hanami. Hanami adalah menikmati keindahan bunga Sakura yang sedang tumbuh mekar, caranya sederhana saja hanya bermodal tikar dan ngobrol-ngobrol sambil menikmati pemandangan.

Kebanyakan orang menikmati Hanami dengan teman maupun keluarga, ada satu cemilan wajib saat merasakan suasana indah ini, yaitu Ichigo Daifuku. Ichigo berarti strawberry sedangkan Daifuku adalah mochi dengan isian pasta kacang merah.

Kudapan ini juga dikenal dengan nama Strawberry Mochi, Ichigo Daifuku adalah hasil campur tangan budaya modern yang mulai dikenal pada tahun 80-an. Sangking terkenalnya Ichigo Daifuku menjelma menjadi oleh-oleh negeri matahari terbit yang saat ini mudah ditemui di toko swalayan.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi artikel atau link download dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini.

Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran "Hak Cipta Dari Saya" yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.