Penemuan Besar Soal Harta Karun Di Kairo Serta Menunjukan Prosses Mumifikasi

Kabar viral dan mengejutkan bagi dunia Arkeologi datang dari Mesir, Pemerintah Mesir mengumumkan jika mereka telah menemukan harta karun kuno berupa 100 lebih Sarkofagus atau peti mati kayu dalam keadaan utuh. Selain berisi beberapa mumi utuh, di dalam peti mati kayu tersebut juga ditemukan sedikitnya 40 patung emas yang sudah terkubur selama 2.500 tahun.

Penemuan tersebut di klaim sebagai yang terbesar di tahun 2020, konon penemuan harta karun ini adalah pengumuman besar pertama sejak pandemi Covid19 di Mesir, diketahui Sarkofagus dan patung-patung yang disegel tersebut telah terkubur lebih dari 2.500 tahun yang lalu.

1. Mesir Temukan 100 Peti Mati Berisi Mumi dan Patung Emas Yang Terkubur 2.500 Tahun

Kabar penemuan lebih dari 100 Sarkofagus atau peti mati kayu dalam keadaan utuh yang berisi mumi utuh dan 40 patung emas yang sudah terkubur selama 2.500 tahun telah disampaikan oleh pejabat barang antik Mesir di hadapan para awak media.

Sarkofagus yang sudah dibuka di lokasi temuan itu, diyakini milik pejabat tinggi dari periode akhir dan periode ptolemeus mesir kuno. Sarkofagus itu ditemukan di titik tiga lubang penguburan di kedalaman 12 meter dimakam Saqqara di selatan ibu kota Kairo, lewat proses penggalian besar-besaran memakan waktu lebih dari sebulan.

Baca Juga : Camilan Khas Momen Kumpul Keluarga: Ichigo Daifuku, Camilan Tradisi Hanami Di Jepang

Konon penemuan harta karun ini adalah pengumuman besar pertama sejak pandemi Covid19 di Mesir, diketahui Sarkofagus dan patung-patung yang disegel tersebut telah terkubur lebih dari 2.500 tahun yang lalu.

2. Temuan 40 Patung Berlapis Emas Di Kompleks Makam Saqqara

Kompleks pemakaman kerajaan Saqqara di selatan Kairo Mesir yang menjadi lokasi penemuan 100 Sarkofagus ini, merupakan situs kuno paling banyak terungkap pada tahun 2020. Hampir setiap bulan temuan baru didapatkan dari kompleks pemakaman yang sakral itu.

Pemakaman Saqqara sendiri berlokasi di bagian selatan Ibu Kota Kairo dan merupakan rumah bagi banyak Sarkofagus mewah, di buktikan dengan penemuan 40 patung berlapis emas dengan salah satu piramida pertamanya di kawasan itu adalah Piramida Djoser.

3. Peti Mati Kuno Mesir Dibuka, Begini Bentuk Mumi Di Dalamnya

Yang mengejutkan 100 peti mati kuno itu ternyata bukanlah temuan pertama, para arkeolog sudah menemukan banyak peti mati kuno dan patung emas Firaun dari situs Saqqara berkali-kali sebelumnya. Pada 20 September temuan pertama mereka sebanyak 14 peti mati kuno, dilanjut 3 Oktober 2020 menemukan 59 peti mati kuno lainnya disitus yang sama.

Baca Juga : Bang Jago Titisan Dominic Toretto: Ken Block, Sang Dewa Pemecah Rekor

Pada 3 oktober 2020 itulah para arkeolog sempat membuka tutup peti mati kuno yang kemudian memperlihatkan mumi yang diawetkan di dalamnya. Para arkeolog membuka peti mati kuno yang berusia sekitar 2.500 tahun yang masih di segel, ketika tutup Sarkofagus dibuka para arkeolog dikejutkan lantaran menemukan mumi yang masih berbalut kain dengan hiasan dengan warna yang masih tetap utuh.

4. Fakta Mengerikan Mumi Mesir

Mesir menjadi salah satu negara dengan kisah masa lalu yang banyak menyimpan misteri hingga saat ini, salah satu misteri yang sering kali ditemukan di mesir adalah kisah mumi atau mayat yang diawetkan yang tetap utuh bertahun-tahun. Konon untuk bisa menjadi mumi, mayat harus melewati tahap mumifikasi dengan membawa jasad lalu dicuci dan dioleskan dengan minyak suci.

Untuk 1 mumi mesir dibutuhkan 7 lapis kain kafan agar mumi bisa tertutup sempurna dan tidak membusuk. Kain kafan ini akan dibuat seperti perban panjang dan dibebatkan hingga 7 lapis.

Harap Perhatiannya

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi postingan dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini. Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran Hak Cipta dari kami yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.

Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar