Cara Unlock Bootloader Oppo A37 Terbaru Dengan Mudah - Tips Tutorial Bersama

Senin, 27 Februari 2023

Cara Unlock Bootloader Oppo A37 Terbaru Dengan Mudah

Cara Unlock Bootloader Oppo A37 Terbaru Dengan Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Unlock Bootloader Oppo A37. Semua panduan untuk membuka kunci bootloader di ponsel ini memiliki langkah-langkah yang sangat mudah. Jadi, kamu dapat segera melakukan instalasi Custom ROM, TWRP Recovery, Root, atau lain sebagainya.

Seperti yang diketahui, bahwa perangkat Oppo A37 yang satu ini memiliki beberapa varian yang berbeda, yaitu Oppo A37F, Oppo A37FW, dan Oppo A37M. Semua model tersebut kini sudah di jual dengan harga yang cukup murah dan terjangkau. Namun untuk spesifikasinya sendiri tidak murahan, melainkan telah dilengkapi dengan CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53.

Untuk pengguna semua ponsel Oppo ada yang harus diketahui, bahwa sebenarnya untuk dapat melakukan unlock bootloader atau root Oppo A37 sedikit agak sulit. Lantaran pihak Oppo sendiri pun tidak menyediakan fitur atau layanan membuka kunci bootloader secara resmi. Karena dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan sistem saat ponsel booting ke OS.

Nah, jika teman-teman tetap ingin mengetahui petunjuk untuk Cara Unlock Bootloader Oppo A37, silahkan kamu simak baik-baik setiap langkah yang telah saya sediakan di bawah ini. Satu hal lagi yang perlu kamu ketahui, bahwa metode ini hanya dapat dijalankan melalui perintah command prompt yang ada di minimal adb and fastboot platform tools for Windows.

Kelebihan Dan Kekurangan Unlock Bootloader Di Oppo A37

Dengan melakukan Unlock Bootloader terdapat berbagai kelebihan dan kekurangan pada ponsel Oppo A37. Untuk teman-teman yang ingin mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya, maka kamu dapat mengetahuinya melalui penjelasan di bawah ini secara lengkap.

1. Kelebihan Unlock Bootloader pada Smartphone Android

  • Dapat melakukan proses Root setelah ponsel sudah di unlock bootloader.
  • Dapat melakukan semua proses install Custom ROM di ponsel.
  • Dapat melakukan instalasi Custom Recovery TWRP.
  • Dapat melakukan banyak kustomisasi sistem secara bebas.

2. Kekurangan Unlock Bootloader pada Smartphone Android

  • Setelah selesai melakukan unlock bootloader, maka garansi resmi ponsel akan hilang.
  • Dapat menyebabkan terjadinya kerusakan sistem atau mengalami error setelah selesai di unlock bootloader.
  • Perlu kamu ketahui, bahwa kami tidak bertanggung jawab apabila terjadinya masalah sistem di kemudian hari.

Nah, itulah semua daftar mengenai kelebihan dan kekurangan dari Unlock Bootloader pada Smartphone Android, termasuk Oppo A37. Apakah kamu tetap ingin melanjutkan Cara Unlock Bootloader Oppo A37? Jika iya, silahkan kamu ikuti langkah-langkahnya melalui instruksi yang telah saya berikan di bawah ini.

Cara Unlock Bootloader Oppo A37 Terbaru Dengan Mudah

Unlock Bootloader merupakan suatu langkah awal untuk dapat memodifikasi ponsel Android dengan cara menginstal Custom Recovery TWRP, Custom ROM, atau Root. Pada dasarnya ponsel Oppo A37 terdapat dua jenis ponsel bawaan pabrik, yaitu bootloader yang masih terkunci dan yang sudah di buka kunci bootloadernya.

1. Semua persyaratan yang harus dilakukan

Sebelum kamu memulai proses Unlock Bootloader di Oppo A37, pastikan dahulu kalau kamu sudah mengikuti setiap persyaratan yang diperlukan. Jika tidak, maka selama prosesnya sedang berlangsung dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi 50%.
  • Backup semua data-data penting yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Siapkan PC / laptop, kabel USB, dan koneksi internet yang stabil.
  • Download semua file-file yang diperlukan.
  • Siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi.

2. Download semua file yang diperlukan

Proses Unlock Bootloader pada ponsel Oppo yang satu ini sebenarnya dapat dilakukan dengan sangat mudah, asalkan kamu sudah menyiapkan semua file yang diperlukan. Oleh karena itu, disini telah saya sediakan beberapa file yang harus kamu download.

3. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock pada ponsel Oppo A37 merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan. Jika ponsel kamu belum diaktifkan kedua hal tersebut, maka kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya dalam instruksi di bawah ini secara lengkap.

  1. Buka aplikasi Settings >> About Phone >> ketuk 7x pada Build Number.
  2. Selanjutnya akan muncul notifikasi bahwa Opsi Pengembang telah diaktifkan.
  3. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan >> Opsi Pengembang (Developer Options).
  4. Selanjutnya aktifkan tombol pada USB Debugging dan OEM Unlock.
  5. Selesai.

4. Langkah-langkah Unlock Bootloader di Oppo A37

Jika semua persyaratan di atas dan semua file yang diperlukan sudah disiapkan semua, maka sekarang kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap Unlock Bootloader di ponsel Oppo A37. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat dalan panduan di bawah ini secara lengkap.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua file di atas.
  2. Selanjutnya ekstrak semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya install Driver USB Oppo di PC atau laptop.
  4. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB. Pastikan ponsel dalam kondisi menyala dan tidak terkunci layar.
  5. Selanjutnya jalankan command prompt melalui folder minimal adb and fastboot yang sudah di ekstrak dengan cara sebagai berikut:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command window here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  6. Jika kamu melakukannya dengan benar, maka akan muncul tampilan command prompt (cmd) yang berwarna hitam.
  7. Selanjutnya ketik perintah adb devices pada layar command prompt dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi atau belum.
  8. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk me-reboot ponsel ke Fastboot Mode.
  9. Selanjutnya ketik perintah fastboot oem unlock dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk memulai proses Unlock Bootloader.
  10. Selanjutnya pada layar ponsel akan menampilkan pesan konfirmasi, lalu pilih Yes atau Unlock the Bootloader.
  11. Selanjutnya proses Unlock Bootloader akan langsung berjalan secara otomatis, lalu tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  12. Jika prosesnya sudah selesai, lalu ketik perintah fastboot reboot dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk me-restart ponsel ke sistem secara otomatis.
  13. Namun jika perintah tersebut tidak berfungsi, kamu dapat me-restart ponsel secara manual dengan cara tekan tombol Power.
  14. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan langkah to Unlock Bootloader pada ponsel Oppo A37 dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas. Sekarang ponsel Oppo kamu sudah siap untuk melanjutkan ke tahap install TWRP Recovery dan Root dengan menggunakan Magisk Latest Version.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Unlock Bootloader Oppo A37 merupakan langkah awal untuk dapat melakukan install TWRP atau Root pada ponsel Oppo. Dengan membuka kunci bootloader, maka ponsel kamu dapat melakukan cara root Oppo A37 dengan mengikuti langkah-langkah dalam artikel yang telah saya sediakan pada bagian Baca Juga.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments