5 Kapsul Waktu Paling Fenomenal Yang Berhasil Ditemukan Manusia -->

5 Kapsul Waktu Paling Fenomenal Yang Berhasil Ditemukan Manusia

Kapsul waktu merupakan koleksi dari barang-barang sehari-hari yang disimpan dengan metode di pendam dan akan dibuka dalam jangka waktu tertentu. Misalnya jangka waktu 10 atau 100 tahun atau bahkan 1.000 tahun. Orang-orang di masa itu akan mengumpulkan barang-barang penting atau bahkan surat yang ditunjukan kepada masa depan dan generasi di masa itu.

Sejak abad ke 19 tradisi membuat kapsul waktu sudah banyak dilakukan. Mereka banyak menyimpan barang-barang unik yang disimpannya dengan rapat, dan kelak beberapa ratus tahun yang akan datang para generasi baru akan bisa menemukan dan mempelajari sejarah di masa lalu tanpa susah payah.

1. Kapsul Waktu Steve Jobs

Setelah membangkitkan rasa penasaran banyak orang selama 30 tahun, kapsul waktu pendiri Apple yang bernama Steve Jobs ini akhirnya ditemukan di Colorado, Amerika Serikat. Penemuan ini terjadi setelah sebuah tim program acara National Geographic Channel yang bernama Digger melakukan sebuah penggalian.

Kapsul tersebut dikubur Steve Jobs pada tahun 1983 tepat setelah konferensi International Design di Colorado. Kapsul yang meniru Aspen Time Tube itu sempat digali pada tahun 2000, karena landscape di area penguburan sudah berubah, maka kapsul dan isinya hilang.

Lalu kemudian pada tahun 2013 tim Diggers kemudian melanjutkan pencarian tersebut, dan penggalian ini di pimpin oleh arsitek asal Basalt yang bernama Harry Teague yang merupakan salah satu anggota dari grup yang mengubur kapsul itu pada tahun 1983.

Selain itu ada ahli arkeolog dari Diggers yang bernama Michael Durkin. Durkin memiliki konstribusi besar pada penemuan kapsul waktu tersebut, dan isi dari kapsul yang sepanjang 13 kaki itu cukup mengejutkan karena jauh dari dugaan banyak orang.

Baca Juga : 5 Tempat Aneh Di Dunia Yang Masih Sulit Dijelaskan Oleh Sains

Kapsul sebesar itu ternyata berisi mouse dari komputer produksi Apple pertama, ada juga Lisa, yaitu komputer yang memakai nama anaknya, ada pula rubik cube perekam 8 trek yang berisi The Moody Blues, majalah Vogue edisi bulan Juni 1983, juga enam pak bir Balantine yang dipersilahkan untuk diminum oleh para penemu kapsul itu.

Ketika kami mengubur kapsul ini pada tahun 1983 di konferensi IDCA yang bertema masa depan, bukan seperti apa yang sudah terjadi dan direncanakan akan digali 20 tahun kemudian. Kami tidak tahu, akhirnya butuh waktu 30 tahun untuk menggalinya, ujar Teague.

Saya yakin kapsul ini berisi barang-barang historis dan masa depan yang penting. Tapi mouse dari salah satu komputer Apple Lisa yang terakhir dilempar Steve Jobs adalah yang paling bersejarah dan ikonik, tambahnya Teague.

Di kisahkan saat itu Steve Jobs juga meramalkan akan ada Ipad. Jobs mengatakan, dimasa depan kita akan menemukan komputer di rak sepatu dan dijual dengan harga sekitar 2.500 dollar Amerika Serikat, akhirnya kita akan menemukannya cara meletakannya dibuku.

2. Kapsul 220 Tahun

Kapsul waktu berusia 220 tahun berhasil dibuka dan berisikan uang logam, dokumen, dan artefak-artefak lainnya yang ditinggalkan oleh pendiri negara Amerika Serikat, Samuel Adams dan Paul Revere. Sejarah Massachusetts ini adalah sejarah Amerika, ujar William Galvin yang merupakan sekretaris negara bagian Massachusetts.

Sebelum membuka kotak itu dan menambahkan bahwa barang-barang di dalam kapsul waktu tersebut adalah simbol harapan besar dari pendiri negara tersebut. Kotak kuningan yang sudah karatan seberat 4,5 kilogram ini dipindahkan dari pondasi gedung parlemen negara bagian itu pada tahun 2015.

Para petugas museum seni di Boston dengan sangat hati-hati untuk membongkar dan membuka kotak tersebut di satu galeri yang juga dihiasi lukisan cat minyak kedua pendiri Amerika Serikat tersebut. Di dalam kotak tersebut ditemukan dua lusin uang logam, termasuk uang logam keluaran 1652 yang dibuat untuk menentang Inggris.

Satu medali perunggu dengan gambar George Washington, satu piring perak yang dibuat oleh Revere sebuah catatan dan koran era kolonial. Galvin mengatakan kalau barang-barang itu akan dipamerkan untuk beberapa waktu sebelum diletakan kembali di bawah pondasi gedung parlemen dan kemudian akan ditambah dengan barang-barang dari era modern sekarang.

Kapsul ini pertama kali diletakan di pondasi gedung yang dibangun abad ke-18 ini pada 4 Juli 1795 sewaktu memperingati kemerdekaan Amerika Serikat yang ke-20. Samuel Adams pada saat itu menjadi gubernur Massachusetts dan Revere adalah simbol era penjajahan terkenal dan pembuat perak terkemuka yang mencuat namanya setelah memberitahu para pejuang anti penjajahan bahwa pasukan Inggris mendekat sebelum pertempuran Lexington dan Concord pada tahun 1775.

Dan untuk kali pertama kotak tersebut dibuka dan isinya dipamerkan di depan umum sejak tahun 1885. Sewaktu kotak tersebut dikeluarkan dari pondasi untuk dibersihkan, isinya dan ditambah beberapa barang zaman itu seperti koran dan uang logam.

Kapsul ini lebih dari satu abad lebih tua dari kapsul berusia 113 tahun yang ditemukan di dalam singa di gedung parlemen lama Boston tahun sebelumnya. Kapsul tersebut berisi barang-barang kampanye presiden William McKinley dan Theodore Roosevelt.

3. Kapsul Waktu 113 Tahun

Sebuah patung singa berwarna keemasan yang bertengger di atas bangunan Old State House, Boston, Amerika Serikat itu ternyata penyimpan rahasia selama 113 tahun. Sebuah kapsul waktu ditemukan di dalam bagian kepalanya, rahasia tersebut terungkap sewaktu patung singa diturunkan untuk direstorasi.

Kemudian pihak berwenang dan Bostonian Society menggunakan kamera mungil untuk mengintip bagian dalam patung tersebut, dan mengonfirmasi rumor yang sudah lama beredar. Ternyata mereka menemukan kotak tembaga tertutup di dalamnya yang diperkirakan berasal dari tahun 1901.

Kapsul waku tersebut sudah lama terlupakan sampai keturunan salah satu pembuat patung mengingatkan pihak Bostonian Society melalui surat yang dikirim melalui beberapa tahun yang lalu. Masalahnya adalah bagaimana cara mengeluarkan kotak tersebut, dan mengetahui isinya tanpa merusak patung singa yang berharga tersebut.

Boston Globe yang melakukan penelusuran arsip-asip surat kabar lamanya dan berhasil menemukan laporan pada tahun 1901 yang memuat kisah tentang kapsul waktu itu. Disebutkan isinya adalah daftar konstribusi pejabat negara bagian dan kota. Surat kabar lawas Boston, nama pembuat patung singa dan unicorn.

Dan juga terdapat pin kampanye capres Theodore Roosevelt dan William McKinley, serta beberapa surat dari sejumlah politisi Boston, dan beberapa lembar foto. Kapsul waktu dikeluarkan dengan cara mencopot mahkota singa, Heather Leet juru bicara Bostonian Society memastikan prosesnya dilakukan secara hati-hati.

Dan patung singa akan dikembalikan ke posisinya bersamaan dengan kapsul waktu yang disusul pada bulan berikutnya. Salah satu yang dimasukan adalah medali dari ajang Boston Marathon tahun 2013, tidak hanya dipucuk bangunan bersejarah di Boston, namun ada ribuan kapsul waktu yang ditempatkan diberbagai belahan dunia.

Tapi berdasarkan laporan dari 10.000 kapsul waktu, 9.000 diantaranya dicuri, hilang, atau rusak. International Time Capsule Society terus berupaya untuk mengembalikan kenangan yang hilang tersebut.

4. Kapsul Waktu 1915

Tiga mahasiswa yang berasal dari Boston University telah menemukan kapsul waktu yang berumur lebih dari 100 tahun. Kapsul waktu tersebut berisikan sejumlah artefak, termasuk sebuah koran yang berusia 102 tahun. Emma Purtell, Sarah Mankey, dan Adam Mumford yang telah menemukan kapsul waktu tersebut setelah mereka memilah-milah sejumlah kotak yang berisi file-file ditugas musim panas mereka.

Setelah dia mengurutkan sejumlah dokumen, mereka melihat ada wadah tembaga seukuran pemanggang roti di dalam sebuah kotak. Hal pertama yang ada di benak saya adalah kapsul waktu, ujar Purtell. Kapsul waktu tersebut bertanggal Juni 1915, sewaktu konstruksi Commonwealth Armory dimulai.

Commonwealth Armory adalah sebuah gudang senjata milik Garda Nasional Angkatan Darat Massachusetts. Dan kapsul waktu tersebut sejatinya sudah ditemukan pada tahun 2002 lalu sewaktu gudang senjata itu dirubuhkan untuk kepentingan keperluan perluasan kampus. Tapi kapsul waktu tersebut kembali dilupakan sampai 15 tahun kemudian.

Baca Juga : 5 Syarat Edan Jadi Istri Kim Jong Un

Seperti yang sudah disebutkan diawal, di kapsul waktu tersebut terdapat beberapa item yang tersimpan rapih di dalamnya, isinya yaitu sebuah salinan Manual of the Massachusetts General Court dari tahun 1914. Salinan koran Boston Daily Advertiser tahun 1915, beberapa koin, peta bawah tanah MTA yang baru ke Harvard Square.

Selain itu, juga ada sebuah dokumen serupa proposal untuk membangun gedung gudang senjata, dan foto pejabat yang terkait dengan pembangunan proyek tersebut.

5. Kapsul 1957

Istilah masa depan selalu menjadi topik pembicaraan yang menyenangkan, terutama untuk mereka yang menyukai hal-hal yang berbau sains. Dan itulah yang terjadi di Massachusetts Institute of Technology atau yang lebih dikenal dengan MIT. Sewaktu MIT sedang direnovasi, sewaktu mengeruk lahan tersebut terdapat sebuah kapsul waktu yang berada di tahun 1957.

Kapsul waktu tersebut ditemukan dengan berbentuk sebuah kapsul kaca yang berisikan beberapa benda. Kapsul tersebut berasal dari tahun 1957 yang dikuburkan oleh para ilmuan MIT pada saat itu, mereka dengan sengaja membuat kapsul waktu tersebut dari bahan kaca yang tidak mudah terurai, lalu mengisinya dengan buku catatan dan beberapa benda bersejarah tentang teknologi di tahun 1957.

Ada sebuah tulisan yang jelas dan nampak pada kapsul waktu tersebut, yaitu tertulis jangan dibuka sebelum tahun 2957 yang terletak dibagian dalam kapsul kaca. Artinya para ilmuan tersebut memang sengaja mendokumentasikan sejarah selama 1000 tahun.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
PERHATIAN : Kalian boleh mengcopy paste semua isi dari postingan yang telah kami buat ini. Tapi kalian harus mencantumkan link sumber dari postingan tersebut, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan baik untuk kalian maupun kami.
Disqus Comments