Download & Cara Install ADB and Fastboot Android SDK Platform Tool For Linux, Mac, Windows - Tips Tutorial Bersama

Senin, 05 Juli 2021

Download & Cara Install ADB and Fastboot Android SDK Platform Tool For Linux, Mac, Windows

Dari postingan yang akan kami buat ini mengenai Android SDK Platform Tool versi terbaru, kamu dapat download file tersebut secara gratis di bawah ini. Kami juga telah menyediakan beberapa versi dari tool yang satu ini, termasuk untuk dapat bisa digunakan melalui OS Windows. Pastikan untuk membaca isi artikel ini dengan lengkap, untuk dapat mengetahui fitur, penggunaannya, serta beberapa perintah lainnya yang dapat kamu jalankan setelah menggunakan ADB and Fastboot.

Setiap ada pembaruan terbaru dari OS Android, pastinya akan ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan pada perangkat tersebut. Sebab system Android ini bersifat Open Source, dengan kata lain memiliki beberapa penyesuaian dan modifikasi. Sebagian besar, pasti kalian pernah melakukan beberapa perubahan lainnya, seperti Thema dan perubahan UI lainnya. Selain itu, ada juga kemungkinan penyesuaian lainnya yang ingin kalian lakukan, seperti Unlock Bootloader, Install TWRP, dan mem-flash file zip.

Tidak hanya itu saja, bisa juga memungkinkan penggunanya untuk dapat mem-flash kernel baru dan melakukan overclock atau underclock daya CPU. Seperti hal tersebut, rooting adalah tweak lainnya yang cukup terkenal di dunia smartphone dan sebagian pengguna Android ingin mencobanya pada perangkat mereka. Dan yang paling penting adalah dapat memberikan hak administratif dan memungkinkan penggunanya untuk memodifikasi pada partisi sistem.

Akan tetapi agar semua hal tersebut dapat berjalan secara efektif, ada beberapa persyaratan yang harus dilaksanakan terlebih dahulu. Komputer / Laptop kamu sudah harus menginstal Minimal ADB and Fastboot terlebih dahulu, agar dapat melakukan semua hal yang sudah kami katakan di atas. Jika, kamu tidak menginstal tool tersebut di PC, maka bisa dipastikan bahwa kamu tidak dapat melakukan semua hal di atas. Setelah ini, kami juga akan memeriksa penggunaannya dan akan membagikan build tersebut untuk sistem Windows.

Kegunaan Akan Android SDK Platform Tool

Yang menjadi pertanyaannya adalah kenapa kamu membutuhkan tool yang satu ini, mari kita anggap saja seperti itu. Saat kamu mencoba menghubungkan perangkat Android ke PC untuk mentransfer file Video, Gambar, dan lain sebagainya, maka kamu juga akan memerlukan sebuah USB Driver yang sudah terinstal di PC. Jika, komputer kamu belum di install driver tersebut, maka sudah dipastikan bahwa perangkat smartphone tidak akan terdeteksi di PC dan kamu pun tidak dapat melakukan hal tersebut.

Dalam kasus yang akan kami bahas sekarang ini, memiliki persamaan yang sama, hanya saja untuk tool yang digunakan berbeda. Tool yang satu ini fungsinya tidak sama seperti USB Driver yang memungkinkan untuk mentransfer file dari smartphone ke PC. Akan tetapi, kebutuhan ini akan muncul ketika kamu akan menjalankan perintah Minimal ADB and Fastboot Tool.

Baca Juga : Download LG Flashtool Flashing Firmware Lengkap All Version

Perangkat smartphone kamu akan terdeteksi di PC apabila ponsel Android kalian dalam Mode Fastboot. Ada beberapa perintah yang dapat dilakukan untuk melakukan tweak seperti yang sudah kami katakan di atas. Nah, persyaratan pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan langkah Unlock Bootloader. Jika, kamu tidak melakukan hal ini terlebih dahulu, maka kamu juga tidak dapat melanjutkan ke tahap modifikasi lainnya.

Perlu kamu ketahui, bahwa untuk dapat melakukan proses Unlock Bootloader tersebut, kamu harus menginstal Android SDK Platform Tool dahulu di PC. Selain itu, ada beberapa penggunaan lainnya yang perlu kalian ketahui, dan ini cukup penting untuk diketahui.

Boot Smartphone Ke Dalam Mode Fastboot

Dengan menggunakan binari dari ADB and Fastboot, kamu dapat dengan mudah untuk mem-boot ponsel kamu ke dalam Mode Bootloader atau Fastboot. Kamu hanya cukup masukkan perintah adb reboot bootloader pada command prompt. Hal terbaik dari menggunakan kode tersebut, dapat digunakan di semua perangkat Android, sebab perintah tersebut bersifat universal.

Boot Ke Dalam Mode Recovery

Kamu juga dapat melakukan boot ke dalam Mode Custom Recovery TWRP atau Recovery bawaan hanya dengan satu baris perintah di CMD dengan mengetik adb reboot recovery. Maka ponsel akan otomatis masuk ke dalam mode tersebut dengan melalui perintah ini.

Mengecek Koneksi ADB and Fastboot Apakah Sudah Terhubung

Untuk memastikan apakah perangkat smartphone sudah berhasil terhubung dengan baik di PC melalui mode ADB and Fastboot. Untuk dapat mengetahuinya, kamu cukup menjalankan satu baris perintah pada layar command prompt, asalkan komputer kamu sudah terinstal Android SDK Platform Tool. Kamu cukup mengetik perintah adb untuk memastikan perangkat sudah benar-benar terhubung.

Unlock Bootloader

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, setelah berhasil membuka perintah Fastboot OEM akan membuka jalan untuk ke sejumlah besar berbagai modifikasi sistem. Maka langkah ini merupakan syarat utama untuk bisa melakukan custom tersebut.

Flash File Zip

Selain itu, kamu juga bisa mem-flash file Zip, seperti menginstal TWRP dengan menggunakan nama flash fastboot.zip melalui ADB and Fastboot.

Mem-boot File IMG

Kamu juga dapat memungkinkan mem-boot perangkat melalui file IMG dengan sangat mudah. Biasanya hal ini dilakukan oleh pengguna untuk mem-boot smartphone ke Recovery TWRP ke perangkat partisi A / B dengan menggunakan fastboot recovery.img.

Reboot Device

Selanjutnya, kamu dapat dengan langsung mem-boot perangkat ke OS Android dari Mode Fastboot dengan menggunakan perintah fastboot reboot command.

Perintah-perintah di atas merupakan beberapa perintah yang sering dilakukan oleh pengguna Android untuk dapat bisa memodifikasi ponsel mereka. Selain itu, masih banyak perintah lainnya melalui ADB and Fastboot ketika akan kamu temui pada saat menangani penyesuaian ini. Tetapi tidak akan ada satu pun kode yang berhasil dijalankan, jika kamu belum menginstal Android SDK Platform Tool di PC.

Jadi, kami simpulkan bahwa kalian semua sudah mengerti akan pentingnya dari tool yang satu ini dan memberikan cukup ide untuk kebutuhan masing-masing. Selanjutnya mari kita menuju ke link download dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya dengan benar.

What’s New in Version 30.0.5 (November 2020)

  1. Tingkatkan kinerja adb push saat mendorong banyak file melalui koneksi.
  2. Tingkatkan adb push / pull di Windows.
  3. Perbaiki adb push --sync dengan beberapa input.
  4. Tingkatkan kinerja penginstalan apk tambahan.
  5. Tingkatkan penanganan kesalahan untuk penginstalan apk tambahan.

Download Android SDK Platform Tools

Sekarang melalui link di bawah ini, kalian dapat segera download Android SDK Platform Tool untuk sistem operasi komputer yang digunakan.

Download ADB and Fastboot Android SDK Platform Tools For Linux

  • Version: Linux
  • Download: 3774
  • File Size: 9.10 MB
  • File Count: 2
  • Create Date: August 12, 2020
  • Last Updated: January 28, 2021
  1. platform-tools_r30.0.4-linux
  2. platform-tools_r30.0.5-linux

Download ADB and Fastboot Android SDK Platform Tools For Mac

  • Version: Mac
  • Download: 4337
  • File Size: 9.08 MB
  • File Count: 4
  • Create Date: August 12, 2020
  • Last Updated: January 28, 2021
  1. ADB Install Archive v4.0
  2. ADB Install Archive
  3. Platform Tools r30.0.4-darwin.zip
  4. platform-tools_r30.0.5-darwin.zip

Download ADB and Fastboot Android SDK Platform Tools For Windows

  • Version: Windows
  • Download: 159764
  • File Size: 8.03 MB
  • File Count: 2
  • Create Date: August 12, 2020
  • Last Updated: January 28, 2021
  1. platform-tools_r30.0.4-windows
  2. platform-tools_r30.0.5-windows

Cara Install Android SDK Platform Tool Dengan Mudah

Setelah kamu berhasil mendownload salah satu file di atas, lalu ekstrak file tersebut dan simpan di tempat yang mudah ditemukan. Setelah berhasil di ekstrak, maka tampilan foldernya seperti pada gambar di bawah ini.

Baca Juga : Acer Download Tool v20.1 Free Download Latest Version

Sekarang, untuk dapat menjalankan dan menggunakan perintah ADB and Fastboot ada dua persyaratan, yaitu di sisi perangkat smartphone dan di PC. Pertama mari kita lihat terlebih dahulu apa yang harus dilakukan di perangkat Android kamu. Setelah itu kita akan melanjutkannya di PC.

Langkah 1: Aktifkan USB Debugging

Agar smartphone dapat terdeteksi di komputer melalui Mode Fastboot, kamu harus mengaktifkan USB Debugging terlebih dahulu. Untuk dapat melakukannya bisa di lihat di bawah ini.

  1. Buka Pengaturan di perangkat Android kamu.
  2. Lalu arahkan ke About Phone dan ketuk 7x pada Build Number.
  3. Kemudian kembali ke menu utama Pengaturan >> Sistem >> dan pilih Lanjutan.
  4. Maka disana kamu akan melihat Opsi Pengembang, di dalamnya kamu aktifkan tombol USB Debugging.
  5. Selanjutnya hubungkan perangkat kamu ke PC dengan menggunakan kabel USB.

Langkah 2: Memasukkan Perintah

Pada tahap ini ada dua cara yang berbeda untuk dapat memasukkan perintah pada PC kamu, baik dengan menggunakan Command Prompt atau melalui Windows Power Shell. Untuk mengetahui bagaimana caranya, mari kita lihat kedua cara tersebut.

Menjalankan Perintah Melalui Command Prompt

  1. Jika kamu berniat ingin menggunakan cara melalui CMD, berikut ini adalah yang harus kamu lakukan.
  2. Buka folder Platform Tool yang tadi sudah kamu download di PC.
  3. Di dalam folder tersebut, ketik CMD pada kolom address dan tekan Enter.
  4. Dengan begitu, maka Command Prompt akan segera ditampilkan.

Memasukkan perintah di Windows PowerShell

  1. Buka folder Platform Tool di PC kamu.
  2. Lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder tersebut sambil menekan tombol Shift.
  3. Lalu, pada menu yang muncul tersebut pilih pada Open PowerShell windows here.

  4. Selanjutnya ketik perinah yang diinginkan dan tekan tombol Enter untuk menjalankannya.

Namun perlu kamu ingat, bahwa jika kamu menggunakan Windows PowerShell, kamu mungkin harus mengawali ./ sebelum perintah dimasukkan. Jadi untuk menghindari kebingungan, banyak pengguna yang lebih memilih untuk melanjutkan dengan Windows Command Prompt itu sendiri.

Langkah 3: Mengidentifikasi Perangkat Kamu Dalam Mode ADB and Fastboot

Sekarang kamu telah selesai melakukan Enable USB Debugging dan telah membuka Windows PowerShell atau Command Prompt, berikutnya adalah dengan cara memasukkan perintah ADB.

  1. Ketik perintah di bawah ini dan tekan Enter.
  2. adb devices


  3. Setelah memasukkan perintah di atas, maka kamu akan melihat pesan pada perangkat smartphone, dan berikan izin untuk otoritas USB Debugging. Ketuk izinkan dan centang pada opsi Selalu izinkan dari komputer ini, seperti pada gambar di bawah ini.

  4. Setelah selesai, sekarang kamu dapat melihat bahwa perangkat Android tersebut sudah berhasil terhubung di PC.
  5. Untuk masuk ke dalam Mode Fastboot, ketik perintah di bawah ini dan tekan Enter.
  6. adb reboot bootloader
  7. Sekarang masukkan kode di bawah ini untuk melihat apakah ponsel sudah benar-benar terhubung di ADB and Fastboot atau belum.
  8. fastboot devices

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah cara di atas merupakan sebuah langkah penting untuk dapat menggunakan Command Prompt dan Minimal ADB and Fastboot Download, serta beberapa perintah lainnya yang diperlukan. Jika kamu memiliki pertanyaan tentang salah satu langkah yang telah disebutkan di atas. kamu dapat memberikan komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi artikel atau link download dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini.

Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran "Hak Cipta Dari Saya" yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.