Cara Install TWRP Recovery Official LG G4 H811 - Tips Tutorial Bersama

Cara Install TWRP Recovery Official LG G4 H811

Smartphone LG G4 dengan tipe F500, LS991, H810, H811, H812, H815, H819, US991, dan VS986 telah resmi diluncurkan pada bulan April 2015 dan menggunakan versi Android 5.1.1 (Lollipop) dan tidak lama berselang terdapat pembaruan ke Android Nougat. Pada tahun 2020 pengembang telah berhasil menciptakan sebuah TWRP Recovery Offcial.

Jadi, pada postingan yang akan kami buatkan ini, kami akan membuat tutorial untuk menginstall Recovery TWRP di LG G4. Dalam tutorial di bawah ini, kami telah membuatkan beberapa langkah penting dan dapat dengan mudah kalian pahami. Pastikan kamu telah mendownload semua bahan-bahan yang akan diperlukan untuk proses pemasangan TWRP LG G4 H811.

Sebelum kalian memulainya, pastikan untuk melakukan Unlock Bootloader LG G4 H811 terlebih dahulu. Karena pada dasarnya setiap ponsel smartphone OEM-nya masih terkunci berdasarkan beberapa masalah keamanan. Selain itu, untuk dapat menginstal file pihak ketiga, kamu juga memerlukan bootloader yang sudah terbuka.

Setelah ponsel kamu sudah dalam keadaan di Unlock Bootloader, maka selanjutnya kamu dapat melakukan instalasi TWRP Recovery dan Root LG G4 pada perangkat tersebut. Manfaat lain yang kamu dapatkan dari TWRP Recovery, kamu bisa membuat Backup sistem (meliputi: OS dan Data), melakukan restore (Factory Reset), dan menghapus cache.

Keuntungan Dari Menggunakan TWRP Recovery

TWRP (Team Win Recovery Project) adalah sebuah file image Custom Recovery pada perangkat lunak yang bersifat Open Source yang diciptakan hanya untuk perangkat yang berbasis Android. Hal tersebut menyediakan interface yang bekemampuan layar sentuh yang memungkinkan penggunanya untuk dapat menginstal firmware pihak ketiga dan membuat backup sistem yang dipakai saat ini yang fungsinya sering tidak didukung oleh file image recovery bawaan.

Baca Juga : Cara Flashing LG G4 H811 Terbaru Flashtool

Selain itu terdapat beberapa keuntungan lainnya, diantaranya:

  1. Kamu dapat mem-flash file Custom ROM pada ponsel LG G4 dengan menggunakan TWRP.
  2. Kamu dapat mem-flash file zip mod untuk dapat menyesuaikan ponsel kamu sesuai keinginan.
  3. Selain itu, mudah untuk mem-flash dan menggunakan Module Xposed dengan menggunakan TWRP.
  4. Mudah melakukan proses Root dengan menggunakan SuperSU zip atau Unroot dalam menggunakan TWRP Recovery.
  5. Kamu juga dapat menginstal Magiks di LG G4.
  6. Dapat membuat backup data dan sistem Android atau memulihkannya jika menggunakan TWRP Recovery.
  7. Akses sangat mudah dilakukan apabila ingin melakukan pemulihan Nandroid Backup.
  8. Kamu juga dapat melakukan flash file image dengan menggunakan TWRP Recovery di ponsel LG G4.
  9. Selain itu, juga dapat menghapus semua virus atau malware yang terdapat pada handphone dengan menggunakan Recovery TWRP di LG G4.
  10. Bisa juga untuk melakukan underclock dan overclock.
  11. Terakhir, kamu juga bisa membersihkan semua Cache, Data, atau Wipe.

Cara Install TWRP Recovery Official pada LG G4 (Semua Versi)

Sebelum melanjutkan ke tahap pemasangan LG G4 H811 TWRP Recovery, pastikan terlebih dahulu untuk mengikuti semua persyaratan yang kami sebutkan di bawah ini dengan benar. Jika tidak, maka nanti proses instalasinya tidak dapat berjalan dengan lancar atau bisa saja kamu mengalami kegagalan dalam proses tersebut.

Baca Juga : Download Firmware LG G4 H811 PR H810PR10a_04.kdz

Persyaratan Yang Harus Kamu Lakukan Terlebih Dahulu

  1. Dalam tutorial cara install TWRP Recovery pada LG G4, file TWRP tersebut hanya cocok dengan semua tipe ponsel LG G4, seperti yang sudah kami katakan di awal. Jadi, jangan coba-coba untuk menggunakan file TWRP ini pada perangkat lain.
  2. Kamu harus melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu pada ponsel LG G4 ini.
  3. Kamu akan membutuhkan sebuah PC / Laptop dan kabel USB dalam proses berikut ini.
  4. Pastikan untuk membuat backup data terlebih dahulu, apabila kamu tidak ingin terjadi kejadian kehilangan semua data-data penting yang terdapat dalam penyimpanan internal.
  5. Charger ponsel kamu sampai sampai penuh atau minimal isi sampai dengan 50%.
  6. Download semua bahan yang diperlukan.

TWRP Recovery Details

Name Details
File Name TWRP Recovery
Version V3.4.0 and Higher
Support Official
Developer TWRP Team
Download Link Download

Menggunakan Cara ADB and Fastboot Tool

Setelah kamu berhasil download semua bahan-bahan tersebut seperti Driver, TWRP, dan ADB and Fastboot, selanjutnya kamu bisa mengikuti cara di bawah ini untuk memulai proses instalasinya.

Langkah 1: Download ADB and Fastboot & LG USB Driver terlebih dahulu, lalu install di komputer kamu.

Langkah 2: Aktifkan Opsi Pengembang dan Enable USB Debugging di perangkat LG G4 kamu tersebut.

Langkah 3: Untuk dapat melakukan hal tersebut, buka menu Pengaturan >> Sistem >> Tentang Telepon >> lalu ketuk 7x pada Build Number, hal ini untuk mengaktifkan mode Opsi Pengembang.

Langkah 4: Selanjutnya, buka opsi Pengembang yang terdapat pada menu Pengaturan, lalu aktifkan tombol USB Debugging.

Langkah 5: Selanjutnya, buka folder ADB & Fasboot yang tadi sudah berhasil kamu download. Kemudian tekan dan tahan tombol Shift dan klik kanan pada mouse secara bersamaan di area kosong pada folder tersebut, lalu pilih Open PowerShell windows here.

Langkah 6: Selanjutnya matikan ponsel kamu, lalu tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan untuk masuk ke dalam Mode Fastboot.

Langkah 7: Jika sudah masuk ke dalam Mode Fastboot, lalu sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB. Selanjutnya ketik perintah di bawah ini pada layar Command Windows (CMD) dan tekan enter.

adb reboot bootloader

Langkah 8: Sekarang, smartphoe LG G4 kamu sudah berhasil terhubung di PC sebagai Mode Fastboot.

Langkah 9: Selanjutnya, ketik perintah di bawah ini untuk memastikan apakah ponsel sudah berhasil terhubung dengan baik di PC atau tidak.

fastboot devices

Langkah 10: Selanjutnya, untuk dapat menginstal TWRP Recovery pada ponsel, ketik perintah di bawah ini dan tekan enter.

fastboot flash recovery twrpname.img

Note: Pada bagian twrpname.img, ganti twrpname dengan nama file TWRP yang tadi kamu download. Contoh: twrp-3.5.2_9-0-g4.img.

Langkah 11: Setelah berhasil memasukkan perintah di atas, maka ponsel akan reboot dan langsung masuk secara otomatis ke dalam Mode Recovery.

Kesimpulan

Jadi, kesimpulannya adalah untuk dapat melakukan proses cara install TWRP Recovery Official pada LG G4 H811, kamu harus mengaktifkan USB Debugging terlebih dahulu dan menggunakan tool ADB and Fastboot. Semoga dengan tutorial yang kami buat ini dapat membantu teman-teman semua yang saat ini sedang membutuhkannya.


Bagikan artikel ini

Anda diperbolehkan untuk menyalin artikel yang ada diblog ini dengan syarat menyertakan link sumber. Jadi blog Anda tidak akan dihapus, deindex, dan adsense Anda juga tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya. Terimakasih banyak atas kerja samanya.