Cara Install TWRP Sony Xperia Z3 Via ADB and Fastboot - Tips Tutorial Bersama

Selasa, 12 Oktober 2021

Cara Install TWRP Sony Xperia Z3 Via ADB and Fastboot

Bagi teman-teman yang ingin Root ponsel Sony Xperia Z3, maka kamu wajib menginstal Custom Recovery TWRP pada smartphone sony Xperia ini.

Install TWRP Sony Xperia Z3 biasanya sering dilakukan oleh kebanyakan orang yang ingin melakukan root pada ponsel yang satu ini. Pada artikel saya yang sebelumnya, disana saya telah membuatkan tutorial tentang Root Sony Xperia Z3.

Namun pada artikel saat ini, disini saya akan membuatkan tutorial tentang pemasangan Custom Recovery TWRP pada Smartphone Android Xperia Z3. Bagi teman-teman yang ingin mengetahui caranya bagaimana, maka kamu dapat melihatnya di bawah ini.

Seperti yang diketahui bahwa TWRP terdapat beberapa keuntungan yang akan didapatkan oleh penggunanya, salah satunya ialah dapat menginstal Custom ROM. Maka sebab dari itu banyak orang yang ingin memasang TWRP pada ponsel Android miliknya.

Nah, bagi teman-teman yang ingin melakukannya, maka kamu dapat melihatnya melalui langkah-langkah di bawah ini secara lengkap. Tapi sebelum kamu memulainya, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu mengenai TWRP di ponsel Sony Xperia.

Apa Itu TWRP Recovery?

TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project yang dikembangkan oleh developer pihak ketiga. Biasanya pihak pengembang tersebut akan membagikan file TWRP ke dalam forum-forum seperti XDA. Oleh karena itu di XDA terdapat berbagai file custom Android.

Namun tidak hanya di forum itu saja, melainkan di situs-situs lainnya juga ada banyak yang menyediakan file custom. Sebelumnya apakah kamu sudah mengetahui apa itu TWRP Recovery?

TWRP Recovery sama seperti Mode Recovery yang terdapat di setiap ponsel Android pada umumnya. Hanya saja pada recovery bawaan tersebut fiturnya terbatas, dan hanya bisa dilakukan untuk proses Clear Data dan Clear Cache saja.

Namun berbeda dengan apa yang ada di TWRP Recovery. Pada mode ini, penggunanya dapat melakukan banyak hal seperti Root, Install Custom ROM, Install Magisk atau SuperSU, bahkan mampu menginstal berbagai file kernel untuk meningkatkan performa ponsel.

Persyaratan Yang Harus Dilakukan Terlebih Dahulu

Sebelum teman-teman mulai melakukan proses instalasi TWRP ini, ada beberapa persyaratan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Karena dengan mengikuti semua syarat ini, dapat membantu memperlancar proses pemasangan Custom Recovery ini.

  • Pastikan bahwa ponsel kamu sudah di Unlock Bootloader terlebih dahulu.
  • Pastikan bahwa baterai ponsel kamu sudah terisi daya minimal 40% atau lebih.
  • Pastikan bahwa kamu sudah backup seluruh data yang terdapat di dalam penyimpanan internal ponsel.
  • Pastikan bahwa kamu sudah menginstal Sony Xperia USB Driver di PC atau laptop.
  • Pastikan bahwa kamu sudah mendownload semua bahan-bahan yang akan diperlukan.
  • Pastikan bahwa kamu mengikuti setiap instruksi yang telah saya berikan di bawah ini.

Jika semua persyaratan tersebut sudah kamu kerjakan semuanya, sekarang kamu bisa langsung download semua bahan-bahan yang akan diperlukan untuk proses pemasangan TWRP ini.

Download Semua Bahan Yang Akan Diperlukan

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya di atas, bahwa di bawah ini kamu dapat download semua bahan-bahan yang akan diperlukan untuk proses instalasi TWRP di ponsel Sony Xperia dengan tipe Z3. Bagi teman-teman yang menginginkannya, bisa langsung download disini.

Jika semua bahan-bahan di atas sudah kamu download semuanya, maka sekarang kamu sudah bisa memulai proses pemasangan Custom Recovery TWRP dengan menggunakan ADB and Fastboot.

Langkah Pemasangan Custom Recovery TWRP Di Sony Xperia Z3

Untuk proses pemasangan TWRP ini caranya hampir sama dengan ponsel Xiaomi Mi. Mungkin bagi kamu yang pernah mencoba menginstal TWRP di ponsel Xiaomi, maka kamu sudah tidak asing lagi dengan cara di bawah ini. Yuk, langsung saja kita mulai proses pemasangan TWRP di ponsel Sony Xperia ini.

  1. Download semua bahan-bahan yang akan diperlukan untuk proses instalasi TWRP ini.
  2. Jika proses downloadnya sudah selesai, kemudian extract file tersebut dan simpan di dalam satu folder yang mudah ditemukan.
  3. Kemudian install driver Sony Xperia di PC atau laptop kalian masing-masing.
  4. Pastikan bahwa file twrp_leo_2017-10-02.img juga sudah kamu simpan di dalam folder platform-tools.
  5. Kemudian rename file TWRP tersebut menjadi TWRP.
  6. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di ponsel kalian.
  7. Jika kedua hal tadi sudah kamu aktifkan semuanya, sekarang buka adb folder (platform-tools) yang tadi sudah berhasil kamu extract.
  8. Kemudian klik pada area kosong di dalam folder tersebut dan tekan tombol Shift + klik kanan secara bersamaan.
  9. Kemudian pilih Open Command window here atau Open PowerShell windows here.
  10. Maka nanti akan muncul layar Command Prompt atau CMD.
  11. Selanjutnya adalah dengan menghubungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel usb.
  12. Jika muncul pesan perizinan di ponsel kamu, silahkan beri izin terlebih dahulu.
  13. Kemudian ketikkan perintah berikut ini di layar cmd fastboot devices dan tekan enter.
  14. Kemudian ketikkan lagi perintah ini adb reboot bootloader dan tekan enter.
  15. Kemudian ketikkan lagi perintah ini fastboot flash recovery TWRP.img dan tekan enter.
  16. Kemudian ketikkan lagi perintah ini fastboot format userdata dan tekan enter.
  17. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan proses cara buka OEM Unlock dan instalasi TWRP. Selanjutnya tinggal kamu coba masuk saja ke dalam Mode Recovery TWRP. Jika kamu tidak mengetahui bagaimana melakukannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya seperti ini.

Silahkan matikan ponsel Sony Xperia kamu terlebih dahulu sampai ke dalam keadaan benar-benar mati atau off. Kemudian tekan Power buttons + Volume Bawah secara bersamaan, maka nanti kamu akan langsung masuk ke dalam Mode TWRP.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk bisa melakukan instalasi Custom Recovery TWRP untuk ponsel Sony Xperia Z3, kamu harus menggunakan Android Platform Tools yang bernama ADB and Fastboot. Kemudian tinggal ikuti saja setiap step yang telah disampaikan di atas.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments