Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word 2019 - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 04 November 2021

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word 2019

Cara membuat daftar isi di Microsoft Word 2019 untuk mengerjakan makalah memang banyak ragamnya, bisa menggunakan cara otomatis maupun manual.

Pada artikel yang akan saya buatkan kali ini, disini saya akan memberikan tutorial tentang Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 2019. Bagi kalian pengguna Microsoft Office 2019 dan ingin membuat halaman tersebut, maka kamu dapat melihatnya melalui penjelasan di bawah ini.

Untuk membuat halaman daftar isi pada Microsoft Office Word sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, terutama bagi mereka yang sedang mengerjakan karya ilmiah untuk skripsi atau makalah.

Karena setiap karya tulis apapun memang wajib mencantumkan bagian daftar isi pada halaman utamanya. Namun tahukah kalian bagaimana cara membuatnya? Pada artikel sebelumnya saya telah memberikan tutorial tentang Cara Membuat Daftar Isi Di Microsoft Word 2010.

Akan tetapi pada tutorial saya berikutnya, disini saya akan memberitahukan bagaimana membuat halaman daftar isi otomatis pada Microsoft Word 2019. Untuk teman-teman yang saat ini sedang mencari tutorialnya, maka kamu bisa melihatnya di bawah ini secara lengkap.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Sebenarnya untuk membuat daftar isi pada Microsoft Word dapat dilakukan dengan dua cara yang berbeda, yaitu daftar isi secara manual dan otomatis. Akan tetapi pada penjelasan yang akan saya berikan kali ini, disini saya hanya memberitahukan versi otomatisnya saja.

Mengapa demikian? Karena sebagian besar pengguna aplikasi produktivitas ini cenderung menyukai cara yang instan. Oleh karena itu disini saya hanya memberikan tutorial untuk versi otomatisnya saja.

Sebelum kamu memulai untuk membuat halaman ini, pastikan terlebih dahulu kalau kamu sudah menyelesaikan isi dokumen atau tulisan karya ilmiah tersebut sampai dengan selesai. Selain itu pastikan juga dalam tulisan sudah tercantum bagian Heading 1 atau Heading 2 di dalamnya.

Karena heading tersebut akan berguna untuk menjadi judul atau sub bab yang akan dijadikan daftar isi. Nah, untuk langkah-langkah membuat daftar isi secara otomatis ini caranya hampir sama dengan versi Microsoft Word 2016, kamu bisa mengikuti penjelasan di bawah ini.

Langkah-langkah membuat daftar isi

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka lembar kerja karya ilmiah atau karya tulis yang telah selesai kamu buat.
  2. Selanjutnya arahkan kursor pada halaman word dan taruh di bagian paling atas dari dokumen tersebut.
  3. Pastikan dalam posisi kursor di atas sudah diberi ruang kosong untuk menempatkan posisi daftar isinya.
  4. Jika sudah, selanjutnya klik menu References yang terletak di bagian atas.
  5. Selanjutnya klik Table of Contents yang terletak di bawah menu File.
  6. Maka nanti kamu akan melihat 3 gaya atau style dari daftar isi tersebut.
  7. Silahkan pilih salah satu yang kamu inginkan, kamu bisa menggunakan Automatic Table 1 atau 2.
  8. Maka nanti daftar isi pun akan langsung terbuat dengan otomatis pada lembar kerja Microsoft Word tersebut.
  9. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai membuat daftar isi pada Microsoft Word 2019 secara otomatis. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya. Hal ini bertujuan agar di kemudian hari kamu dapat mengedit daftar isi tersebut tanpa perlu membuatnya dari awal lagi.

Jika setelah membuat halaman daftar isi, lalu di kemudian hari kamu melakukan perubahan pada isi dokumen tersebut, baik menambahkan tulisan atau menghapus sebagian tulisannya, maka kamu perlu melakukan pembaruan dari daftar isi tersebut.

Karena, jika kamu tidak melakukan pembaruan dari daftar isinya, maka jumlah halaman dari daftar isi dan jumlah halaman dari tulisan tersebut tidak sesuai. Maka sebab dari itu, kamu perlu melakukan sedikit pembaruan.

Untuk memperbaruinya tanpa harus membuat ulang daftar isi, kamu bisa mencoba mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-langkah memperbarui daftar isi

  1. Langkah pertama klik dahulu bagian daftar isi yang tadi telah kamu buat.
  2. Maka nanti kamu akan melihat sebuah kolom yang menyelimuti bagian daftar isi tersebut.
  3. Kemudian klik pada Update Table.
  4. Kemudian pilih Update entire table.
  5. Jika sudah, kemudian klik OK untuk menyimpan hasil perubahannya.
  6. Selesai.

Dengan melakukan langkah update ini, maka daftar isi dari karya tulis yang tadi telah kamu edit akan mengikuti semua perubahan tersebut, meliputi titik-titik nomor halaman atau jumlah total halaman.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk membuat halaman utama daftar isi dari karya ilmiah atau jenis tulisan lainnya bisa melalui menu references yang terletak di bagian atas. Selain itu, kamu juga bisa memilih ingin menggunakan gaya automatic table 1 atau 2 ke dalam daftar isi otomatis tersebut.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments