Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word 2013 - Tips Tutorial Bersama

Jumat, 29 Oktober 2021

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word 2013

.

Bagi teman-teman yang tidak mengetahui cara membuat daftar isi otomatis pada Microsoft Word 2013, maka kamu dapat melihat caranya melalui langkah ini.

Pada artikel yang akan saya jelaskan kali ini adalah mengenai Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 2013. Bagi teman-teman yang tidak mengetahui cara membuatnya dengan benar, maka kamu dapat melihatnya melalui penjelasan yang akan saya jelaskan disini.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap karya tulis seperti Novel, Dokumen, Karya Ilmiah, Proposal pasti akan memerlukan sebuah daftar isi. Karena sebuah daftar isi akan menjadi suatu penanda dari Judul Bab atau Sub Bab lainnya.

Dengan begitu pembaca tidak akan merasa kesulitan untuk mencari topik pembahasan yang sedang dicarinya. Selain itu pembaca juga akan lebih cepat untuk mencari dan menuju isi dari karya tulis tersebut.

Nah, bagi kamu yang saat ini tidak mengetahui cara membuat daftar isi di word, maka kamu bisa mencoba mengikuti instruksi yang telah saya berikan di bawah ini. Sebelum memulainya, saya sarankan bahwa tulisan kamu sudah tersedia bagian heading dan sub headingnya.

Wajib Mencantumkan Heading Dan Sub Heading

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa setiap jenis tulisan seperti Novel atau Karya Ilmiah wajib menyertakan bagian judul dan sub judulnya. Karena kedua bagian tersebut akan ditampilkan pada bagian daftar isi sebagai penanda dari karya tulis tersebut.

Biasanya pada setiap jenis tulisan akan tersedia bagian Judul, karena bagian ini akan berfungsi untuk membahas tentang apa dari keseluruhan dokumen tersebut. Kemudian disusul dengan Heading 1, biasanya pada bagian heading 1 untuk menceritakan tentang penggalan dari judul tulisan yang dibuat.

Selain heading 1 juga ada heading 2, Heading 2 untuk bagian tulisan yang lebih terperinci lagi dari isi heading 1. Begitupun pada bagian heading 3 dan heading-heading seterusnya. Pada bagian tersebut akan menjelaskan lebih detail dari pembahasan yang terdapat pada heading sebelumnya.

Cara Membuat Daftar Isi Di Word 2013 Secara Otomatis

Untuk teman-teman yang ingin mengetahui cara membuat daftar isi pada halaman Microsoft Word 2013, maka kamu dapat melihatnya melalui langkah-langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Akan tetapi sebelum kamu memulainya ada beberapa hal yang harus diketahui terlebih dahulu. Sebenarnya untuk dapat membuat daftar isi ini bisa dilakukan dengan cara manual maupun otomatis.

Kedua cara tersebut tetap dapat dilakukan secara bebas dan mudah. Kamu pun dapat memilih ingin menggunakan cara manual atau secara otomatis. Karena keduanya memiliki fungsi dan makna yang sama.

Berikut caranya dapat kamu lihat sendiri melalui langkah-langkah di bawah ini.

1. Secara manual

Cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan menggunakan cara manual. Cara manual ini dapat kamu gunakan ketika isi dari dokumen atau tulisan kamu tidak tersedia judul atau sub judul dan isinya yang terlalu panjang.

Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat sendiri melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan menyelesaikan tulisan atau artikel yang ingin dibuatkan daftar isinya.
  2. Selanjutnya kamu harus mengatur right tab nya terlebih dahulu. Untuk dapat menampilkan right tab ini, kamu bisa melakukan melalui Ruler yang terletak pada menu View.
    Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word 2013 #1

  3. Setelah kamu berhasil menampilkan Right tab ini, maka kamu akan melihat ikonnya seperti pada gambar di bawah ini.
    Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word 2013 #2

  4. Selanjutnya kamu dapat mengatur posisi Right Tab tersebut melalui Ruler yang tadi telah kamu tampilkan. Dengan begitu kamu bisa menempatkan nomor halaman dengan rapi dari sini.
  5. Setelah itu, kamu bisa double click pada Tab pojok kiri atas, atur untuk membuat batas titik-titik daftar isi akan berhenti.
  6. Lalu buat sekali lagi sebagai letak penomorannya.
  7. Selesai.

2. Secara otomatis

Untuk yang selanjutnya akan saya jelaskan bagaimana membuat daftar isi pada Microsoft Word 2013 secara otomatis. Pada langkah-langkah ini caranya sama seperti saat melakukan Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 2010.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan menyelesaikan tulisan atau artikel yang ingin dibuatkan daftar isinya.
  2. Pastikan dalam dokumen tersebut sudah tercantum bagian Judul dan Sub Judulnya.
  3. Kemudian arahkan kursor di word tersebut ke bagian paling atas, seperti pada gambar di bawah ini.
    Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word 2013 #3

  4. Selanjutnya klik menu References yang terletak di bagian menu atas.
    Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word 2013 #4

  5. Kemudian klik tombol Table of Content seperti pada gambar di bawah ini.
    Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word 2013 #5

  6. Maka nanti kamu akan melihat 3 gaya dari daftar isi tersebut.
    Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word 2013 #6

  7. Kemudian langkah selanjutnya tinggal kamu pilih salah satunya saja yang ingin digunakan sebagai daftar isi.
  8. Maka nanti daftar isi otomatis nya pun akan langsung terpasang pada halaman paling atas dari dokumen tersebut.
  9. Kemudian pada bagian Contents tinggal kamu ganti saja menjadi Daftar Isi.
  10. Selesai.

Sampai disini teman-teman telah berhasil melakukan cara membuat daftar isi secara otomatis dan manual dengan mengikuti tutorial yang telah saya berikan di atas. Semoga dengan tutorial yang tadi telah saya berikan dapat bermanfaat untuk teman-teman semuanya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk membuat daftar isi pada Microsoft Word 2013 dapat dilakukan melalui menu table of contents yang terletak pada bagian references. Selain itu kamu juga dapat memilih ingin menggunakan style atau gaya yang diinginkan dari daftar isi tersebut.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda