Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word 2010 - Tips Tutorial Bersama

Senin, 25 Oktober 2021

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word 2010

Bagi kamu yang ingin mengetahui cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word 2010, maka kamu bisa mengikuti langkah ini dengan mudah dan cepat.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 2010 sebenarnya tidak jauh berbeda dengan versi Microsoft Office lain pada umumnya. Seseorang hanya cukup menambahkan bagian Judul dan Sub Judul nya saja ke dalam tulisan yang dibuatnya tersebut.

Maka nanti bagian heading dan sub headingnya akan langsung muncul di halaman daftar isi tersebut. Untuk dapat menambahkan bagian elemen ini ke dalam tulisan di MS. Word tidak hanya dapat dilakukan pada Office 2007 saja, melainkan juga dapat diterapkan pada Word 2013.

Dengan mencantumkan bagian daftar isi pada suatu tulisan sangat bermanfaat untuk membantu para pembaca mengetahui isi dari artikel tersebut. Misalnya saja seperti tulisan karya ilmiah, skripsi, novel, atau yang lainnya.

Dengan begitu pembaca akan mengetahui topik apa saja yang dibahas melalui nomor halaman pada daftar isi tersebut. Nah, bagi teman-teman yang ingin mengetahui cara membuatnya, maka kamu dapat melihatnya melalui tutorial yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Fungsi Dari Daftar Isi

Halaman utama pada sebuah karya tulis dapat berfungsi sebagai penanda atau petunjuk dari halaman setiap bab yang terdapat dalam skripsi, laporan, novel, makalah, proposal, dan lain sebagainya. Sebelum mempublikasikan atau mengirimkan hasil tulisan tersebut, seseorang harus membuat dahulu daftar isi pada Microsoft Word 2010.

Oleh karena itu peranan daftar isi sangatlah penting untuk ditampilkan dalam setiap jenis tulisan seperti yang telah disebutkan di atas. Dengan begitu si pembaca dapat langsung mengetahui dan mencari bagian halaman yang diinginkan melalui halaman ini.

Selain itu juga akan membuat hasil tulisan akan menjadi jauh lebih rapi dan enak dilihat oleh para pembaca. Tidak hanya itu saja fungsinya, melainkan si pembaca juga akan lebih mengetahui maksud dan tujuan dari skripsi atau makalah yang dibuat tersebut.

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis Di Microsoft Word 2010

Pada artikel sebelumnya saya telah membuatkan tutorial tentang Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 2007. Namun pada artikel kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai cara membuat daftar isi secara otomatis pada Microsoft Word 2010.

Bagi teman-teman yang ingin mengetahui langkah-langkahnya seperti apa, maka kamu dapat melihatnya melalui penjelasan yang telah saya sampaikan di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan menyelesaikan karya tulisan tersebut.
  2. Pastikan dalam tulisan tersebut sudah tercantum heading 1, heading 2 dan seterusnya.
  3. Jika semua sudah selesai, selanjutnya untuk membuat daftar isinya bisa klik menu di atas dan pilih References.
  4. Kemudian pilih Table of Content.
  5. Maka nanti kamu akan melihat tiga pilihan dari daftar isi yang ada.
  6. Selanjutnya pilih salah satu gaya daftar isi yang kamu inginkan,
  7. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai membuat halaman terpenting dalam suatu karya tulis. Jadi dengan begitu tulisan yang telah kamu buat akan jauh lebih rapi dari sebelumnya.

Cara Membuat Daftar Isi Secara Manual Di Microsoft Word 2010

Sebelumnya di atas kamu telah mengetahui cara membuat secara otomatis, sekarang saya akan memberitahukan cara membuat daftar isi di word secara manual. Untuk langkah-langkah bisa kamu ikuti di bawah ini.

  1. Langkah pertama kamu harus menyelesaikan dahulu semua tulisan di Microsoft Word tersebut.
  2. Pastikan juga bahwa di dalam tulisan yang kamu buat sudah tercantum bagian judul dan sub judul.
  3. Jika sudah, kemudian klik References yang terletak dibagian menu.
  4. Kemudian pilih Table of Contents >> Manual Table.
  5. Maka nanti daftar isi tersebut akan langsung muncul di halaman word yang telah kamu buat.
  6. Kemudian klik pada bagian judul atau sub judul yang terletak disamping kiri titik-titik.
  7. Selanjutnya tinggal kamu edit saja bagian judul tersebut dengan judul atau sub judul yang ada di dalam tulisan yang kamu buat.
  8. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai membuat daftar isi secara manual dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya berikan di atas. Semoga dengan ini dapat bermanfaat untuk kalian semua yang sedang membutuhkannya.

Cara Update Nomor Halaman Pada Daftar Isi Di Microsoft Word 2010

Pada tutorial berikutnya saya akan menjelaskan cara update nomor halaman pada Microsoft Word. Hal ini berguna ketika kamu sebelumnya sudah membuat daftar isi, dan kemudian kamu melakukan perubahan pada tulisan yang tadi telah kamu buat.

Maka hasilnya nomor halaman pada daftar isi tersebut jadi sedikit berantakan. Oleh karena itu agar nomor halamannya tidak kacau, kamu harus melakukan pengeditan pada bagian daftar isi agar halamannya kembali rapi.

Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui cara di bawah ini.

  1. Langkah pertama klik dahulu pada bagian daftar isi yang telah ada sebelumnya.
  2. Kemudian klik pada bagian Update Table of Content.
  3. Maka nanti kamu akan melihat layar kecil yang bertuliskan Update Table of Contents.
  4. Kemudian pilih Update entire table.
  5. Maka nanti hasil daftar isinya akan diperbarui dengan isi dokumen yang baru.
  6. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai mengubah bagian daftar isi dan nomor halaman pada tulisan yang tadi telah kamu perbarui sebelumnya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk membuat penyajian word untuk tulisan secara otomatis maupun manual dapat dilakukan dengan menu Table of Contents yang terdapat di bagian menu References.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments