Cara Flash Samsung Galaxy A3 SM-A300H - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 13 Agustus 2022

Cara Flash Samsung Galaxy A3 SM-A300H

Cara Flash Samsung Galaxy A3 SM-A300H

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Flash Samsung Galaxy A3. Cara yang akan saya jelaskan melalui halaman ini sudah terbukti ampuh dan berhasil untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada sistem androidnya, seperti bootloop, lupa pola, atau stuck di logo Samsung.

Sebagian besar pengguna Smartphone Android Samsung yang mengalami error terhadap ponselnya, biasanya mereka akan menggunakan Odin sebagai media untuk memperbaiki ponsel yang error tersebut. Karena Odin ini merupakan salah satu aplikasi flashtool terbaik yang hanya dapat digunakan untuk semua ponsel android yang bermerek Samsung.

Jika saat ini kamu sedang mengalami masalah pada ponsel android yang satu ini, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini secara lengkap dan tanpa ada yang terlewatkan satu langkah pun. Dijamin setelah mengikuti instruksi tersebut, ponsel kamu akan kembali seperti semula dan semua permasalahannya berhasil teratasi.

Akan tetapi sebelum kamu memulai proses Flash Samsung Galaxy A3 ini, pastikan terlebih dahulu kalau kamu sudah Download Firmware Samsung Galaxy A3 SM-A300H. Tapi tenang saja, karena di dalam artikel ini juga telah saya sediakan file Stock ROM tersebut. Jadi kamu tidak perlu mencari lagi di tempat lain, kamu hanya cukup mengambilnya disini.

Cara Flash Samsung Galaxy A3 SM-A300H

Samsung Galaxy A3 merupakan salah satu Smartphone Android Samsung yang telah resmi dirilis pada tahun 2014. Untuk ponsel yang satu ini terdapat beberapa varian yang berbeda, yaitu ada yang memakai RAM 512 MB dan 1 GB. Selain itu pada tahun 2016 juga telah tersedia seri lain lagi dari ponsel Samsung A3 ini dan memiliki spesifikasi yang berbeda juga.

Sedangkan pada tipe SM-A300H telah dilengkapi dengan RAM 1 GB dan penyimpanan internal 16 GB. Sedangkan untuk Androidnya menggunakan versi 4.4.4 (KitKat) dan dapat di update ke versi 5.0.2 (Lollipop). Untuk kemampuan kamera belakangnya sudah menggunakan 8 MP dan untuk kamera depannya menggunakan resolusi 5 MP dan sudah cocok untuk selfie.

Untuk kemampuan prosesornya juga tidak kalah dengan kemampuan lainnya, yaitu menggunakan Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53, dan GPU Adreno 306. Namun kekurangan dari ponsel Samsung A3 ini tidak dapat di update ke versi android terbaru dan jaringannya masih menggunakan kualitas 3G.

Nah, itulah semua penjelasan yang diberikan mengenai spesifikasi dari ponsel Samsung yang satu ini. Sekarang kita kembali ke pembahasan sebelumnya mengenai Cara Flash Samsung Galaxy A3. Sebelum kamu memulai proses flashing pada ponsel ini, kamu harus menyiapkan dahulu semua syarat-syarat dan bahan-bahannya terlebih dahulu.

1. Persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu

Untuk teman-teman yang ingin segera memulai proses flashing untuk ponsel yang satu ini, kamu harus menyiapkan dahulu semua syarat-syaratnya. Karena semua persyaratan tersebut merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan demi kelancaran proses flashing ini.

Nah, untuk syarat-syaratnya dapat kamu lihat melalui daftar di bawah ini.

  • Backup terlebih dahulu semua data-data penting yang terdapat di dalam ponsel.
  • Isi baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50% atau lebih.
  • Siapkan kabel USB dan PC atau laptop.
  • Koneksi internet yang stabil dan lancar.
  • Install Samsung USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.

2. Download semua bahan-bahan yang diperlukan

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan di atas, sekarang kamu harus download semua file-file di bawah ini. Karena semua file tersebut akan digunakan untuk proses flash di Samsung A3 tersebut. Pastikan untuk mendownload semua versi yang sesuai.

Nah, untuk bahan-bahannya dapat kamu download di bawah ini.

3. Langkah-langkah flash di Samsung Galaxy A3 SM-A300H

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan dan bahan-bahannya di atas, sekarang kamu bisa langsung memulai proses flash di ponsel ini. Sebelum memulainya, harap pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah saya jelaskan jika ingin prosesnya berhasil.

Nah, untuk langkah-langkahnya bisa kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya install Samsung USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya matikan ponsel Samsung Galaxy A3 kamu dan nyalakan ke dalam Download Mode.
  5. Untuk dapat masuk ke Mode Download dengan cara menekan tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersamaan.
  6. Maka nanti kamu akan melihat tampilan yang bertuliskan Warning, lalu tekan Volume Atas untuk melanjutkannya ke Download Mode.
  7. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel data.
  8. Selanjutnya buka aplikasi Odin yang tadi telah kamu extract.
  9. Jika ponsel sudah terhubung dengan baik, maka pada bagian ID:COM akan berubah menjadi warna biru.
  10. Selanjutnya klik tombol AP dan arahkan ke dalam file firmware Samsung A3 yang tadi telah kamu extract.
  11. Selanjutnya klik Start untuk memulai proses flashing.
  12. Maka nanti proses flashing akan langsung berjalan secara otomatis, lalu kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai.
  13. Jika proses flashing-nya sudah selesai, maka kamu akan melihat tulisan PASS yang berwarna hijau.
  14. Selanjutnya lepaskan ponsel dari PC dan tunggu beberapa menit sampai ponsel Samsung berhasil masuk ke layar aktivasi.
  15. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini agar website saya semakin berkembang dan dapat memberikan artikel-artikel yang bermanfaat lainnya.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan Flash di Samsung Galaxy A3 SM-A300H dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas. Jika kamu mengalami kesulitan apapun selama prosesnya sedang berlangsung, maka kamu dapat melihat tutorialnya melalui video yang telah saya sediakan di bawah ini.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah flashing merupakan sebuah metode yang dapat digunakan untuk melakukan install ulang di ponsel android, termasuk pada Samsung Galaxy A3 SM-A300H. Jika kamu sudah melakukan proses tersebut dengan benar, maka nanti ponsel akan kembali seperti baru lagi dan semua permasalahan sebelumnya sudah tidak tersedia lagi.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments