Cara Flash Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 13 Agustus 2022

Cara Flash Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap

Cara Flash Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Flash Sony E2115. Tutorial ini sangat cocok sekali digunakan untuk kamu pengguna Smartphone Android Xperia E4 Dual E2115 yang mengalami masalah sistem seperti bootloop, lupa pola, hang, lemot, restart berulang, stuck di logo, dan lain sebagainya.

Sebagian besar pengguna perangkat hp Sony Xperia E4 yang mengalami berbagai masalah sistem seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, sebenarnya hanya dapat diperbaiki dengan cara flashing. Karena metode ini akan menggantikan firmware yang sedang mengalami masalah tersebut akan tergantikan dengan stock rom yang baru.

Namun ada satu hal yang harus saya katakan sebelumnya disini, bahwa dengan kamu melakukan metode flashing atau install ulang dengan menggunakan firmware Sony Xperia E4 yang baru, maka akan menyebabkan terjadinya terhapus semua data-data dan aplikasi yang terdapat di dalam ponsel. Jadi lebih baik kamu backup dahulu semua data-data tersebut.

Nah, apabila jika kamu tidak dapat masuk ke dalam menu utamanya untuk backup semua data tersebut, sudah dipastikan kamu akan kehilangan semua data penting tersebut. Untuk kalian yang saat ini ingin mengetahui proses install ulang pada Smartphone Sony yang satu ini, kamu bisa melihatnya melalui penjelasan ini mengenai Cara Flash Sony E2115 Via Flashtool.

Cara Flash Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap

Sony Xperia E4 Dual merupakan salah satu Smartphone Android yang telah resmi dirilis pada bulan Maret 2015. Saat pertama kalinya diluncurkan, ponsel Sony ini telah menggunakan android Android 4.4.4 dan tidak lagi menerima pembaruan ke versi terbaru. Selain itu juga terdapat beberapa varian yang berbeda, yaitu dengan seri model E2114, E2115, dan E2124.

Sony Xperia E4 Dual ini merupakan salah satu ponsel android kelas menengah ke bawah yang memiliki harga jual yang relatif murah dan terjangkau di kantong masyarakat serta memiliki spesifikasi yang minim. Spesifikasi dari ponsel ini telah dibekali dengan Chipset Mediatek MT6582, CPU Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7, dan GPU Mali-400MP2.

Sedangkan untuk performanya masih menggunakan RAM 1 GB dan memori internal 8 GB. Sedangkan untuk kemampuan kameranya masih menggunakan kualitas kamera belakang beresolusi 8 MP dan kamera depan 2 MP. Semua spesifikasi tersebut juga tersedia pada semua model yang terdapat di dalam perangkat Sony Xperia E4 Dual tersebut.

Oleh karena itu dengan memiliki kemampuan spesifikasi yang minim, maka tidak heran kalau ponsel ini sering mengalami ngelag atau stuck. Oleh sebab itu banyak orang yang ingin melakukan Flash Sony Xperia E4 untuk dapat mengembalikan lagi performa yang sebelumnya telah menurun. Nah, sebelum memulainya pastikan dahulu kalau kamu sudah mengetahui semua persyaratannya.

1. Persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu

Sebelum kamu memulai proses flashing Sony Xperia E4 Dual, kamu harus menyiapkan dahulu semua persyaratannya. Karena semua syarat-syarat tersebut wajib kamu lakukan terlebih dahulu jika ingin prosesnya dapat berjalan dengan lancar.

Nah, untuk syarat-syaratnya dapat kamu lihat melalui daftar di bawah ini.

  • Backup dahulu semua data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Isi baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50% atau lebih.
  • Kabel USB dan komputer seperti PC atau laptop.
  • Install Sony Xperia USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  • Koneksi internet yang stabil dan lancar, usahakan yang kuotanya masih banyak.
  • Download semua bahan-bahan yang akan digunakan.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan.

2. Download semua bahan-bahan yang diperlukan

Setelah kamu selesai menyiapkan semua persyaratan di atas, sekarang kamu bisa langsung download semua file-file yang akan dibutuhkan, termasuk flashtool firmwares. Pastikan kamu telah mendownload semua file tersebut dan jangan sampai ada yang terlewatkan.

Nah, untuk bahan-bahannya dapat kamu download di bawah ini.

3. Langkah-langkah flashing di Sony Xperia E4 Dual E2115

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan dan bahan-bahannya, sekarang kamu bisa langsung memulai flashing di ponsel Sony eXperia E4 dengan mengikuti penjelasan yang akan saya sampaikan di bawah ini secara lengkap dan mudah.

Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya install Sony Xperia USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya install Sony Xperia Flashtool yang tadi telah kamu download.
  5. Selanjutnya buka folder tempat instalasi Sony Xperia Flashtool berada.
  6. Untuk dapat membukanya, silahkan pilih C:Flashtool\drivers\ lalu klik 2x pada Flashtool-drivers.exe.
  7. Maka nanti tampilan instalasinya akan langsung terbuka, lalu klik Next.
  8. Selanjutnya beri tanda centang pada Flashmode Drivers dan Fastboot Driver, lalu klik Install.
    Cara Flash Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap #1

  9. Selanjutnya kamu tunggu saja sampai proses instalasinya selesai.
  10. Selanjutnya pindahkan file firmware yang tadi telah kamu extract ke dalam folder tempat instalasi Sony Flashtool berada.
  11. Untuk dapat melakukannya, silahkan pilih C:\Users\Nama PC\.flashTool\firmwares.
    Cara Flash Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap #2

  12. Selanjutnya jalankan flashtool yang tadi telah terinstal dengan cara klik Start >> Flashtool >> Flashtool64.
    Cara Flash Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap #3

  13. Setelah aplikasinya berhasil terbuka, lalu klik logo petir yang terletak di pojok kiri atas.
  14. Maka nanti kamu akan melihat layar kecil, lalu pilih Flashmode dan klik OK.
    Cara Flash Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap #4

  15. Selanjutnya klik Sony Xperia E4 yang terletak pada bagian Firmwares, lalu arahkan ke file firmware Sony Xperia E4 E2115.
    Cara Flash Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap #5

  16. Selanjutnya beri tanda centang pada APPS_LOG dan USERDATA yang terdapat pada bagian Wipe.
    Cara Flash Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap #6

  17. Selanjutnya klik Flash yang terdapat di bagian kanan bawah.
  18. Maka nanti kamu akan melihat pop up seperti pada gambar di bawah ini.
    Cara Flash Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap #7

  19. Selanjutnya matikan ponsel Sony Xperia kamu, lalu sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB sambil menekan tombol Volume Bawah.
  20. Pastikan kamu melihat lampu LED pada ponsel menyala warna hijau.
  21. Maka nanti proses flashing akan langsung berjalan secara otomatis.
  22. Selanjutnya kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  23. Jika proses flashing sudah selesai, maka kamu akan melihat pesan yang bertuliskan download success atau flashing finished.
  24. Selanjutnya lepaskan ponsel dari PC dan nyalakan seperti biasanya.
  25. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini agar website saya semakin berkembang dan dapat memberikan artikel-artikel yang bermanfaat lainnya.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan flashing pada ponsel Sony Xperia E4 Dual E2115 dengan menggunakan firmware terbaru yang telah saya berikan. Sekarang ponsel Sony kamu sudah kembali seperti semula dan permasalahan error sebelumnya telah berhasil diperbaiki. Sekarang kamu tinggal melakukan proses aktivasinya saja sebelum menggunakannya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah flashing merupakan sebuah metode yang sering digunakan oleh pengguna ponsel android yang ingin melakukan install ulang. Dengan menggunakan cara yang satu ini dapat mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada sistem android seperti bootloop, stuck logo, ngehang, restart secara berulang, dan masih banyak lagi.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini mengenai Cara Flash Sony Xperia E4 E2115 dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: