Cara Flash Samsung Galaxy S9 SM-G960F - Tips Tutorial Bersama

Selasa, 30 November 2021

Cara Flash Samsung Galaxy S9 SM-G960F

Cara Flash Samsung Galaxy S9 SM-G960F

Pada artikel yang akan saya berikan kali ini, disini saya akan membuatkan sebuah tutorial mengenai Flash Samsung S9 via Odin. Selain itu melalui langkah-langkah yang akan saya berikan disini, saya akan menggunakan file Firmware Android 10 versi terbaru.

Sebagian besar pengguna handphone Samsung yang ingin melakukan flashing terhadap ponselnya, biasanya mereka telah mengalami suatu insiden atau kesalahan yang menyebabkan hp Samsung S9 mengalami kerusakan sistem seperti bootloop.

Namun pada kenyataannya tidak hanya terjadi terhadap bootloop saja, tetapi bisa juga disebabkan karena penggunanya mengalami lupa pola atau kata sandi yang menjadikan ponsel tidak dapat masuk ke dalam menu dari ponsel itu sendiri.

Jika kamu saat ini sedang mengalami hal tersebut, maka kamu dapat mengikuti Cara Flash Samsung S9 berikut ini. Selain itu, melalui proses flashing ini juga sekalian mengupgrade versi Androidnya menjadi Android 10 (Q). Untuk lebih jelasnya lagi, kamu bisa melihatnya melalui penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Flashing?

Flashing adalah suatu proses atau langkah-langkah yang sering dilakukan oleh pengguna ponsel Android yang ingin melakukan install ulang terhadap Smartphone tersebut. Dengan melakukan flash ini, maka semua permasalahan yang terjadi pada sistemnya akan segera teratasi.

Semua permasalahan tersebut biasanya meliputi Bootloop, Lupa Pola / Kata Sandi, Stuck Logo, Restart terus-menerus, Ngelag, Softbreak, atau masalah lainnya. Sebenarnya untuk dapat menginstal ulang pada perangkat Android dapat dilakukan dengan dua cara yang berbeda.

Salah satunya adalah dengan menggunakan metode Factory Reset dan Flash via Odin. Akan tetapi kedua hal tersebut memiliki perbedaan satu sama lain. Jika seseorang menggunakan cara factory reset, biasanya prosesnya hanya sekedar install ulang atau mengembalikan ke pengaturan pabrik saja.

Sedangkan pada flashing akan sedikit berbeda, yaitu proses install ulang akan menggunakan stock rom / firmware bawaan dari ponsel itu sendiri. Oleh karena itu flash biasanya akan jauh lebih ampuh untuk mengatasi error yang terjadi pada sistem Androidnya.

Cara Flash Samsung Galaxy S9 SM-G960F

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa cara untuk mengatasi masalah terhadap sistem operasi Android itu sendiri, penggunanya harus melakukan metode Flash Samsung Galaxy S9 dengan menggunakan aplikasi Odin.

Untuk dapat mem-flash ponsel Samsung dengan Odin, kamu harus download file stock rom terlebih dahulu. Sedangkan untuk kamu pengguna Smartphone Samsung Galaxy S9 Plus yang memiliki masalah serupa, kamu juga bisa mengikuti cara-cara berikut ini.

Karena setiap proses install ulang atau flashing akan memiliki cara yang sama, hanya saja yang menjadi perbedaannya adalah dari file stock rom dari Samsung Galaxy S9 Plus SM-G965F. Jadi kamu harus menggunakan file firmware yang tepat jika ingin prosesnya berhasil.

Persiapan yang harus dilakukan terlebih dahulu

Sebelum kamu memulai proses cara flashing Samsung Galaxy yang satu ini, kamu harus mempersiapkan dahulu semua syarat-syarat yang harus dilakukan. Dengan mempersiapkan semua syarat tersebut, maka proses flash dapat berjalan dengan lancar.

Berikut ini adalah daftar persyaratan yang harus kamu lakukan dahulu:

  • Backup seluruh data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Pastikan baterai ponsel sudah terisi daya minimal 50% atau lebih.
  • PC atau laptop.
  • Kabel USB Samsung.
  • Pastikan komputer sudah terinstal Samsung USB Driver.
  • Koneksi internet yang stabil.
  • Download semua bahan-bahan yang diperlukan.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah diberikan.

Setelah semua persyaratan di atas sudah kamu kerjakan semuanya, sekarang kamu tinggal download semua file-file yang akan diperlukan untuk proses flashing ini, termasuk firmware Samsung Galaxy S9.

Download semua bahan yang diperlukan

Dengan mendownload semua bahan-bahan yang telah saya sediakan di bawah ini, maka nanti kamu dapat segera memperbaiki ponsel yang mengalami lupa password. Tidak hanya itu saja, melainkan handphone Samsung S9 kamu juga akan kembali seperti baru lagi.

Name Detail
Model SM-G960F
Model Name Galaxy S9
Country Indonesia (XID)
Version Android 10
Changelist 22256815
Build Date Tue, 19 Oct 2021 02:22:58 +0000
Security Patch Level 2021-11-01
Product code XID
PDA G960FXXSHFUJ2
CSC G960FOLEHFUJ3

Berikut ini adalah daftar semua file-file yang akan diperlukan untuk proses flashing:

Setelah selesai download semua bahan-bahan di atas, sekarang kamu sudah bisa melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu dengan flashing Samsung Galaxy S9 dengan menggunakan aplikasi Odin dan stock rom Android 10.

Langkah-langkah flashing handphone Samsung Galaxy S9

Seperti yang telah saya katakan di awal postingan ini, bahwa melalui penjelasan yang akan saya berikan ini dapat membantu kalian semua yang saat ini sedang mengalami masalah terhadap ponsel Samsung miliknya.

Untuk langkah-langkah flashing dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan mempersiapkan semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya ekstrak firmware Samsung S9 yang tadi telah kamu download.
  3. Selanjutnya Install Samsung USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya matikan ponsel Samsung S9 kalian dan boot handphone ke dalam Download Mode.
  5. Selanjutnya tekan tombol Power + Bixby + Volume Bawah secara bersamaan.
  6. Setelah muncul layar yang bertuliskan Warning, lalu kamu harus menekan Volume Atas untuk masuk ke Mode Download.
  7. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel data / USB.
  8. Jika ponsel sudah berhasil terdeteksi di Odin, maka pada bagian ID:COM akan berubah menjadi warna biru.
  9. Selanjutnya klik pada bagian AP dan cari file stock rom yang berawalan AP, lalu klik Open.
  10. Selanjutnya untuk bagian BL, CP, CSC lakukan hal yang sama seperti tadi.
  11. Selanjutnya klik tombol Start untuk memulai proses flashing.
  12. Setelah prosesnya selesai, maka kamu akan melihat tulisan PASS yang berwarna hijau dan ponsel akan restart dengan sendirinya.
  13. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan flashing dengan mengikuti tutorial yang telah saya berikan di atas. Selanjutnya kamu tinggal melakukan aktivasi ponsel seperti biasa dan lakukan setiap instruksi yang telah diberikan.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk mengatasi Smartphone Android yang mengalami kerusakan yang terjadi terhadap sistem operasi Androidnya bisa dilakukan dengan Cara Flash Hp Samsung S9. Dengan melakukan hal tersebut, maka setiap masalah error akan segera teratasi.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments