Cara Memakai Sumpit Yang Baik Dan Benar - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 12 Februari 2023

Cara Memakai Sumpit Yang Baik Dan Benar

.

Cara Memakai Sumpit Yang Baik Dan Benar

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan memberikan sedikit tips tentang penggunaan alat makan yang cukup populer di dunia, yaitu Cara Memakai Sumpit. Tidak semua orang dapat menggunakan sumpit untuk makan, terutama untuk orang-orang yang tinggal di wilayah yang sehari-harinya tidak menggunakan sumpit.

Saat ini sudah banyak berbagai tempat kuliner yang menyediakan makanan yang berbahan dari mie. Oleh karena itu banyak orang yang tidak bisa menggunakannya. Tetapi dengan niat dan tekad yang kuat, serta latihan yang rutin, maka seseorang yang awalnya tidak dapat menggunakan sumpit akan terbiasa menggunakan sumpit pertama kali.

Pertama kali orang memegang sumpit untuk makan diperkenalkan oleh masyarakat yang tinggal di wilayah Asia Timur. Dengan bermodalkan dua batang kayu yang diapit dengan kedua jari-jari tangan memungkinkan seseorang untuk mengambil makanan. Alat makan yang satu ini sering digunakan untuk memindahkan makanan dari satu piring ke piring lainnya.

Seiring berjalannya waktu dan berbagai kuliner telah tersedia beraneka ragam, kini sumpit sudah banyak tersedia berbagai jenis yang sudah dimodifikasi. Nah, jika teman-teman ingin mengetahui Cara Memakai Sumpit Ala Korea dengan metode mengapit menggunakan jari manis, maka kamu dapat melihat penjelasannya melalui penjelasan di bawah ini.

Etika Memakai Sumpit Di Berbagai Negara Asia

Cara Memakai Sumpit Yang Benar setiap negara-negara di Asia memiliki etika yang berbeda-beda, seperti di China, Jepang, dan Korea. Setiap negara tersebut memberlakukan aturan ketat saat memegang sumpit dengan etika kesopanan yang benar. Terkadang para orang tua telah memberikan sumpit dan mengajarkan anak-anak mereka sedari dini.

Di China terdapat beberapa larangan penggunaan sumpit dengan ibu jari tangan kiri, mereka mengharuskan menggunakan tangan kanan ketika sedang makan dengan menggunakan sumpit. Jepang juga memiliki aturan sendiri yang ketat terhadap masyarakatnya yang ingin makan menggunakan sumpit, bahkan tersedia 8 larangan yang harus dipatuhi.

Larangan di Jepang yang paling penting adalah dilarang menancapkan ujung sumpit ke dalam makanan. Sedangkan di Korea sendiri terdapat larangan mengangkat makanan atau mengambil makanan yang mendahului para orang tua. Ketiga negara tersebut memiliki etika yang ketat dan aturan masing-masing, hal tersebut termasuk dari adat yang telah ditetapkan.

Cara Memakai Sumpit Yang Baik Dan Benar

Penggunaan alat makan sumpit serta cara memegang sumpit yang benar dan tepat terdapat beberapa tata cara yang harus dilakukan oleh setiap orang. Jika sudah terbiasa menggunakan sumpit, biasanya mereka tidak akan kesulitan ketika mengambil makanan sehari-hari selain dari mie.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan meletakkan sumpit A pada bagian pangkal ibu jari.
  2. Selanjutnya posisikan pangkal sumpit A bagian bawah di atas jari manis.
  3. Selanjutnya tahan sumpit A tersebut dengan menggunakan ruas ibu jari bagian bawah.
  4. Selanjutnya letakkan sumpit B seperti sedang memegang pulpen.
  5. Selanjutnya pada batang sumpit bawah, posisikan jari tengah di bawah untuk menahan sumpit B.
  6. Selanjutnya posisikan jari telunjuk dan jari jempol mengapit sumpit B.
  7. Selanjutnya posisikan batang sumpit bagian atas pada pangkal jari telunjuk.
  8. Selanjutnya pastikan kedua posisi sumpit A dan B dalam posisi sejajar dan tidak menyilang.
  9. Selanjutnya gunakan sumpit B untuk mengambil atau mencapit makanan.
  10. Selanjutnya pastikan posisi sumpit A agar tidak bergerak.
  11. Selesai.

Setelah selesai makan menggunakan sumpit, jangan lupa untuk merapikan kembali sumpit di posisi semestinya. Karena ini merupakan salah satu etika kesopanan yang menurut tata cara menggunakan sumpit dari negara-negara di Asia seperti China, Jepang, dan Korea.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Bagaimana Cara Memakai Sumpit agar bisa makan nasi dengan menggunakan alat makan yang satu ini. Posisikan sumpit A di pangkal ibu jari dan letakkan sumpit B seperti sedang memegang pulpen. Sedangkan untuk mengambil makanan harus dilakukan oleh sumpit B dan sumpit A pastikan tidak bergerak atau jangan digerakkan.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda