Cara Flash Acer Liquid Z220 Via Flashtool Terbaru

Jika Anda memiliki ponsel Android dengan merek Acer dan dengan tipe Liquid Z220, lalu ponsel tersebut mengalami kerusakan yang terjadi pada sistem. Maka solusi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan Cara Flash Acer Z220 ini, agar dapat bisa digunakan kembali.

Biasanya masalah tersebut bisa terjadi karena hal sepele, salah satunya adalah ponsel menjadi lemot dan pada akhirnya kinerja dari CPU smartphone Acer ini menjadi melemah. Faktor yang dapat memicu hal tersebut, mungkin karena sudah terlalu lama masa pakainya atau sudah terlalu banyak file cahce yang terdapat pada sistem.

Baca Juga : Cara Root Acer Liquid Z220 Menggunakan SuperSU v2.82

Maka untuk para pengguna Android akan memilih cara melakukan flashing pada ponsel mereka, cara flashing ini selain dapat mengatasi masalah yang tadi, dapat juga dilakukan jika perangkat Android mengalami bootloop, hang, stuck logo, atau semacamnya.

Cara Flash Acer Liquid Z220 Menggunakan PC dan Flashtool

Seperti yang sudah kalian ketahui, bahwa dengan melakukan Cara Flash Acer Z220 Via Flashtool merupakan langkah yang paling tepat untuk mengatasi berbagai masalah yang disebabkan oleh sistem Android.

Selain itu cara ini juga terbilang cukup aman jika dibandingkan dengan cara yang menggunakan tanpa PC, karena jika Anda melakukan proses flash tanpa PC bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti halnya baterai ponsel yang tiba-tiba mati mendadak. Maka otomatis akan berdampak lebih buruk pada ponsel Acer Liquid Z220 tersebut.

Tahukah Anda bahwa Acer Z220 ini menggunakan chipset Qualcom, maka file yang akan kalian perlukan adalah sebuah flash tools yang dapat mendukung chipset Qualcom tersebut, maka jika tidak, proses flash tidak dapat dijalankan.

Spesifikasi Acer Liquid Z220

Seperti yang sudah kalian ketahui, bahwa nama Acer ini cukup terkenal pada produk mereka seperti Laptop, Notebook, atau Dekstop. Selain itu produk Acer juga salah satu dari produk terbesar di dunia. Beberapa produk dari Acer ini sudah tersebar di berbagai belahan dunia, selain itu brand asal negara Taiwan ini mulai memproduksi smartphone pada tahun 2013 lalu.

Beberapa produk smartphone yang telah berhasil diluncurkan oleh Acer ini, yaitu seperti Acer Liquid Z500, Acer Liquid E700, Acer Liquid X1, Acer Liquid Z320, Acer Liquid M320, Acer Liquid Z330, Acer Liquid Z410 dan Acer Liquid Z220.

Baca Juga : Cara Unlock Bootloader Acer Z220 Via Adb & Fastboot

Acer Z220 ini memiliki ukuran yang mini, namun memiliki kualitas yang cukup mumpuni dan tidak akan mengecewakan Anda yang ingin menggunakan seri Acer ini. Untuk kalian yang lebih menyukai ukuran ponsel yang tidak terlalu besar, namun memiliki kualitas yang baik. Maka Anda dapat mencoba smartphone Acer Liquid Z220 yang satu ini.

Name Detail
Chipset Qualcomm Snapdragon 200
Slot Memori Eksternal Micro SD up to 32 GB
Memori Internal 8 GB
Ukuran Layar 4.0 Inch
Sim Card Dual SIM (Normal-SIM/Micro-SIM)
Operating System Android
Memory 1 GB
Kapasitas Baterai 1300 mAh
Kamera 2 MP & 5 MP (Depan & Belakang)
Brand Acer

Nah, itu lah daftar spesifikasi yang diberikan pada ponsel Acer Z220 ini yang bisa menjadi referensi untuk kalian semua sebelum melakukan proses yang akan kami sampaikan di bawah ini. Pastikan juga bahwa spesifikasi ponsel Anda sesuai dengan spesifikasi di atas, jika berbeda, mungkin langkah-langkah di bawah ini akan mengalami kegagalan.

Pengertian Flash Yang Sebenarnya

Dalam beberapa kasus yang terjadi pada perangkat Android, kian hari kian meningkat termasuk dalam beberapa aktifitas seperti melakukan Root atau Flashing pada Android. Mungkin Anda pernah mendengar istilah Root dan Flash, namun sebenarnya apakah Anda telah memahami kedua hal tersebut dalam arti yang sebenarnya.

Para pengguna Smartphone Android biasanya akan membawa perangkat mereka ke tempat jasa service untuk mengatasi masalah yang terjadi pada ponsel mereka. Namun adakalanya untuk para pengguna Smartphone Android ingin mengetahui bagaimana cara melakukan flashing sendiri tanpa harus membawa ponsel mereka ke tukang service.

Tentu saja hal tersebut sangat berguna sekali, selain dapat menghemat biaya yang akan dikeluarkan dalam jasa service tersebut dan akan mendapatkan pengetahuan tersendiri, jika suatu waktu mengalami masalah tersebut lagi, maka Anda tidak perlu membawa ponsel ke tukang service dalam mengatasi perbaikan.

1. Pengertian Flashing

Flashing adalah sebuah langkah yang dapat dilakukan dalam perbaikan yang terjadi pada masalah OS atau Software pada perangkat Android. Namun untuk dapat melakukan flashing ini tidak semuanya dapat berjalan dengan lancar, Anda juga harus lebih teliti dalam memilih file firmware yang sesuai dengan tipe ponsel kalian.

Beberapa masalah yang mengharuskan Anda untuk melakukan flashing:

  1. Ponsel Android sering mengalami masalah hang atau stuck di logo ketika ponsel di nyalakan.
  2. Ponsel tidak merespon untuk melakukan boot akibat kesalahan yang terjadi pada sistem atau software.
  3. Lupa kunci pola.
  4. Lupa pin.
  5. Sering mengalami force close pada sebagian aplikasi yang telah terinstal pada perangkat Android.

Nah itulah penjelasan mengenai flashing dan juga beberapa masalah yang terjadi pada ponsel Android, mengapa Anda harus melakukan langkah flashing untuk mengatasi beberapa masalah yang terjadi pada perangkat Android.

2. Keuntungan Flashing

Ketika Anda menemukan kerusakan yang terjadi pada perangkat Android, maka solusi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan flashing baik dengan menggunakan PC atau tanpa PC. Agar dapat mengembalikan sistem operasi Android ke setelan pabrik, sehingga nantinya dapat berfungsi kembali dengan normal.

Di bawah ini adalah beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan melakukan flashing:

  1. Dapat memperbaiki masalah-masalah yang terjadi pada sistem operasi Android.
  2. Dapat mengubah tampilan perangkat Android agar menjadi lebih menarik.
  3. Dapat membuat pemakainya jadi lebih friendly.
  4. Dapat meningkatkan sedikit performa perangkat Android menjadi lebih ringan.
  5. Dapat memperbaiki beberapa bug yang terjadi pada sistem operasi Android.

Nah itulah beberapa daftar keuntungan yang telah kami sampaikan setelah Anda berhasil melakukan flashing pada perangkat Android kalian masing-masing. Mungkin setelah Anda melakukan flash pada ponsel, akan mendapatkan sedikit manfaat yang terjadi pada Smartphone Android.

Persyaratan Yang Harus Dipenuhi Sebelum Melakukan Flash Acer Liquid Z220

Sebelum Anda memulai untuk langkah flashing di Acer Liquid Z220, pastikan kalian telah mengikuti semua persyaratan yang sudah tercantum di bawah ini. Agar dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Cara Install TWRP Acer Z220 Via Aplikasi Rashr

  1. Download semua bahan-bahan yang diperlukan.
  2. Install semua file-file yang dibutuhkan di PC Anda.
  3. Pastikan baterai ponsel Anda memiliki daya minimal 50%.
  4. Pastikan untuk membuat backup data terlebih dahulu, agar tidak kehilangan data-data penting yang terda[at di penyimpanan ponsel.

Setelah kalian telah mengikuti semua syarat di atas, maka Anda dapat melanjutkan langkah flashing Acer Z220 melalui langkah-langkah di bawah ini dengan lengkap dan mudah.

Cara Flashing Acer Liquid Z220 Dengan Acer Download Tool

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, bahwa untuk dapat mengatasi masalah yang terjadi pada sistem Android seperti halnya bootloop, Anda dapat melakukan cara flashing untuk dapat memperbaikinya. Jika Anda mengetahui caranya seperti apa, maka kalian tidak perlu mengeluarkan biaya untuk jasa service tersebut.

Maka caranya dapat Anda lakukan di bawah ini sebagai berikut.

  1. Download Firmware Acer Liquid Z220 terlebih dahulu.
  2. Download Acer Download Tool terlebih dahulu.
  3. Download Acer USB Driver terlebih dahulu.
  4. Jika semua file tersebut sudah berhasil Anda download, lalu ekstrak semua file tersebut.
  5. Setelah proses ekstrak telah berhasil, lalu install Acer USB Driver di komputer atau PC yang Anda gunakan.
  6. Selanjutnya buka folder Acer Download Tool dan jalankan aplikasi tersebut, sampai muncul tampilan seperti di bawah ini.

  7. Pada aplikasi Acer Download Tool tersebut, lalu klik pada Qualcomm yang terdapat di bagian atas.

  8. Jika sudah, lalu matikan ponsel Acer Z220 milik Anda, dan silahkan boot ponsel Anda ke dalam Mode Fastboot dengan cara tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan.
  9. Setelah Anda merasakan ponsel bergetar dua kali, lalu lepaskan semua tombol tersebut dan tekan tombol Volume Bawah.
  10. Setelah itu semua telah Anda lakukan, lalu tunggu beberapa saat dan ponsel akan diarahkan ke dalam Menu Recovery, selanjutnya pilih Fastboot.
  11. Jika ponsel sudah dalam Mode Fastboot, lalu sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  12. Setelah ponsel sudah terhubung dengan PC, lalu pilih Select pada aplikasi Acer Download Tool untuk memasukan folder file firmware dan tunggu beberapa saat sampai ponsel berhasil terdeteksi oleh Acer Download Tool.

  13. Jika ponsel sudah terdeteksi oleh Acer Download Tool, maka tandanya pada menu Fastboot Anda akan melihat pesan yang bertuliskan 1 devices has been founded.VID/PID:FT_07.

  14. Langkah selanjutnya adalah dengan mengklik tombol START untuk memulai proses flashing.

  15. Selanjutnya tunggu sampai proses flashing Acer Liquid Z220 selesai.

  16. Setelah prosesnya selesai, maka pada Flash Status akan menjadi warna hijau. Sampai disini proses flashing telah berhasil.

  17. Selesai.

Sampai disini Anda telah berhasil melakukan Cara Flashing Acer Z220 Via Flashtool dengan menggunakan aplikasi Acer Download Tool. Semoga dengan tutorial yang telah kami sampaikan di atas, dapat membantu kalian semua yang saat ini sedang membutuhkan untuk melakukan flash pada ponsel Acer Anda.


DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar