Cara Root Acer Liquid Z220 Menggunakan SuperSU v2.82

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa Acer Liquid Z220 merupakan ponsel dengan spek minim, walaupun memiliki spek minim, namun ponsel ini tetap masih saja diburu oleh para penggemar Android. Dikarenakan dengan harganya kini yang sudah murah, dan Anda pun dapat melakukan Root Acer Z220 dengan sangat mudah.

Setelah Anda telah berhasil melakukan root pada ponsel ini, maka selanjutnya Anda dapat melakukan modifikasi system dengan lebih leluasa dan Anda pun dapat menggunakan aplikasi Xposed untuk melakukan modifikasi tersebut.

Baca Juga : Cara Flash Acer Liquid Z220 Via Flashtool Terbaru

Tapi tahukah Anda, bahwa setelah kalian berhasil melakukan proses root pada perangkat ini. Ada kemungkinan ponsel Anda akan dapat terserang virus dengan mudahnya, dan terlebih lagi bisa saja terjadinya pencurian data, atau bahkan ponsel Anda akan mengalami bootloop jika prosesnya mengalami kegagalan.

Cara Root Acer Liquid Z220 [Work 100%]

Acer Liquid Z220 ini dilengkapi dengan RAM sebesar 1 GB dan prosessor Qualcomm Snapdragon 200, selain itu ponsel Acer ini masih menggunakan Android Lollipop. Tentu saja walaupun mengetahui bahwa perangkat ini memiliki spesifikasi seperti tersebut, tapi Anda tetap dapat melakukan Root Acer Z220 SuperSU dengan menggunakan Custom Recovery TWRP.

Dengan perangkat yang sudah di root, maka Anda dapat mengakses file system sampai kedasar-dasarnya. Untuk Anda yang suka mengoprek perangkat Android, tentunya hal tersebut sangat berguna sekali, baik untuk meningkatkan performa CPU dan lain sebaginya.

Pada postingan kami kali ini, kami akan membuatkan tutorial tentang cara root untuk perangkat Acer Liquid Z220 dengan menggunakan file SuperSU yang dapat Anda flash dengan menggunakan TWRP. Untuk Anda yang ingin melakukannya, Anda dapat melihat langkah-langkahnya di bawah ini secara lengkap.

Spesifikasi Acer Liquid Z220

Seperti yang sudah kalian ketahui, bahwa nama Acer ini cukup terkenal pada produk mereka seperti Laptop, Notebook, atau Dekstop. Selain itu produk Acer juga salah satu dari produk terbesar di dunia. Beberapa produk dari Acer ini sudah tersebar di berbagai belahan dunia, selain itu brand asal negara Taiwan ini mulai memproduksi smartphone pada tahun 2013 lalu.

Beberapa produk smartphone yang telah berhasil diluncurkan oleh Acer ini, yaitu seperti Acer Liquid Z500, Acer Liquid E700, Acer Liquid X1, Acer Liquid Z320, Acer Liquid M320, Acer Liquid Z330, Acer Liquid Z410 dan Acer Liquid Z220.

Baca Juga : Cara Unlock Bootloader Acer Z220 Via Adb & Fastboot

Acer Z220 ini memiliki ukuran yang mini, namun memiliki kualitas yang cukup mumpuni dan tidak akan mengecewakan Anda yang ingin menggunakan seri Acer ini. Untuk kalian yang lebih menyukai ukuran ponsel yang tidak terlalu besar, namun memiliki kualitas yang baik. Maka Anda dapat mencoba smartphone Acer Liquid Z220 yang satu ini.

Name Detail
Chipset Qualcomm Snapdragon 200
Slot Memori Eksternal Micro SD up to 32 GB
Memori Internal 8 GB
Ukuran Layar 4.0 Inch
Sim Card Dual SIM (Normal-SIM/Micro-SIM)
Operating System Android
Memory 1 GB
Kapasitas Baterai 1300 mAh
Kamera 2 MP & 5 MP (Depan & Belakang)
Brand Acer

Nah, itu lah daftar spesifikasi yang diberikan pada ponsel Acer Z220 ini yang bisa menjadi referensi untuk kalian semua sebelum melakukan proses yang akan kami sampaikan di bawah ini. Pastikan juga bahwa spesifikasi ponsel Anda sesuai dengan spesifikasi di atas, jika berbeda, mungkin langkah-langkah di bawah ini akan mengalami kegagalan.

Pengertian Root Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Anda pasti sering mendengar istilah root, namun Anda tidak benar-benar mengetahui apa sebenarnya root itu. Jika kalian masih belum mengetahui tentang root yang sebenarnya, kami sarankan kalian jangan melakukannya, karena jika prosesnya mengalami kegagalan ponsel Anda akan mengalami kerusakan system.

1. Pengertian Root

Root dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai kata Akar, maka dalam istilah Android. Root bisa juga diartikan sebagai Akar Ponsel Android, maka setelah kalian berhasil melakukan root pada smartphone, kalian akan mendapatkan suatu kendali penuh atau kalian juga bisa mendapatkan hak akses penuh pada smartphone Android tersebut.

Dengan kata lain, setelah kalian me-root ponsel. Kalian dapat melakukan apapun pada ponsel Android tersebut, termasuk kalian dapat memodifikasi sebuah Firmware atau OS dengan kehendak kalian secara bebas.

2. Kelebihan Root

Setelah berhasil me-root ponsel Android, maka kalian dapat memanfaatkan berbagai jenis kelebihan setelah melakukan root, diantaranya sebagai berikut:

  1. Dapat menghapus aplikasi bawaah.
  2. Backup dan Restore aplikasi yang telah terinstal.
  3. Dapat mengontrol Kernel dan CPU secara bebas.
  4. Dapat mengedit Build.prof.
  5. Dapat menginstal berbagai jenis Module di dalam apk Magisk Manager.

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, bahwa kelebihan setelah melakukan root dapat Anda lihat dalam daftar tersebut. Namun bukan hanya itu saja kelebihannya, masih banyak jenis kelebihan yang lainnya yang bisa kalian manfaatkan.

3. Kerugian Root

Walaupun setelah melakukan root terdapat banyak hal kelebihan yang bisa kalian manfaatkan setelah mendapatkan akses root, akan tetapi root juga mempunyai sisi bahayanya sebagai berikut:

  1. Garansi resmi akan hilang.
  2. Tidak dapat melakukan update sistem yang terdapat dalam pengaturan.
  3. Celah keamanaan yang terdapat pada ponsel akan semakin kecil, dan akan semakin besar peluang ponsel akan termasuki oleh malware.
  4. Dapat menurunkan performa.
  5. Malfungsi pada system ponsel.

Nah, seperti yang sudah kami sebutkan di atas. Dalam daftar tersebut terdapat berbagai kerugian yang akan Anda dapatkan setelah melakukan root pada ponsel Android.

Persyaratan Yang Harus Dipenuhi Sebelum Melakukan Rooting Acer Liquid Z220

Sebelum Anda memulai untuk langkah root di Acer Liquid Z220, pastikan kalian telah mengikuti semua persyaratan yang sudah tercantum di bawah ini. Agar dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Cara Install TWRP Acer Z220 Via Aplikasi Rashr

  1. Download semua bahan-bahan yang diperlukan.
  2. Pastikan baterai ponsel Anda memiliki daya minimal 50%.
  3. Pastikan untuk membuat backup data terlebih dahulu, agar tidak kehilangan data-data penting yang terda[at di penyimpanan ponsel.

Setelah kalian telah mengikuti semua syarat di atas, maka Anda dapat melanjutkan langkah root Acer Z220 melalui langkah-langkah di bawah ini dengan lengkap dan mudah.

Root Acer Liquid Z220

Sebenarnya untuk dapat melakukan root pada ponsel Acer Liquid ini cukuplah mudah, hanya saja sebelumnya Anda harus melakukan Unlock Bootloader dan Install TWRP terlebih dahulu. Tanpa melakukan kedua hal tersebut, maka Anda tidak dapat melanjutkan ke tahap root dengan menggunakan SuperSU ini.

  1. Lakukan Unlock Bootloader Acer Liquid Z220 terlebih dahulu.
  2. Lakukan langkah Install TWRP terlebih dahulu.
  3. Download file SuperSU-v2.82 terlebih dahulu.
  4. Setelah Anda download, lalu pindahkan file SuperSU tersebut ke dalam penyimpanan internal ponsel.
  5. Selanjutnya boot ponsel Anda ke dalam Mode Recovery TWRP, dengan cara matikan ponsel, lalu tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan.

  6. Setelah berhasil masuk ke dalam Menu TWRP, lalu pilih Menu Install pada menu utama di TWRP.

  7. Selanjutnya cari file SuperSU yang tadi sudah Anda simpan di dalam ponsel.

  8. Jika sudah lalu pilih Swipe to Confirm Flash untuk memulai proses rooting.

  9. Lalu tunggu sampai prosesnya selesai.
  10. Setelah prosesnya selesai, lalu pilih Reboot System.

  11. Selesai, sampai disini Anda telah berhasil melakukan root pada ponsel Acer Z200 dengan menggunakan TWRP.

Dengan begitu Anda telah selesai melakukan langkah Root Acer Z220 Tanpa PC. Untuk mengecek apakah ponsel sudah berhasil di root, Anda dapat menggunakan aplikasi Root Checker. Semoga dengan tutorial yang telah kami sampaikan di atas dapat membantu kalian semua yang saat ini sedang membutuhkannya.


DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar