Bentuk Kaki Hewan Paling Aneh Di Dunia

Seperti yang kita ketahui bahwa seluruh hewan di dunia ini memiliki keunikan masing-masih, khususnya dari bentuk kaki yang mereka miliki. Setiap hewan memiliki kaki dengan bentuk yang sangat menakjubkan dan dilengkapi dengan sistem adaptasi khusus.

Sistem adaptasi yang ada pada para kaki hewan bertujuan agar para hewan tersebut mampu bertahan hidup di alamnya. Beberapa dari bentuk kaki tersebut ada yang memiliki cakar yang digunakan untuk menggali terowongan di tanah yang padat dan ada yang difungsikan untuk menangkap serta mencengkram mangsanya.

Dari bentuk dan jenis kaki yang dimiliki oleh para hewan di dunia ada beberapa yang diantaranya diketahui sangat aneh. Dan berikut daftar bentuk kaki hewan paling aneh di dunia.

Bentuk Kaki Hewan Paling Aneh Di Dunia

1. Ujung Kaki Tapir

Tapir adalah salah satu binatang herbivora yang memakan dedaunan muda yang memiliki bentuk tubuh seperti babi, telingan yang mirip badak, dan moncongnya yang mirip trenggiling. Hewan satu ini berasal dari Amerika Selatan dan sebagian wilayah di Asia serta berkerabat dekat dengan badak.

Selain tubuhnya yang unik, tapir juga memiliki bentuk kaki yang terbilang cukup aneh. Diketahui bahwa hewan satu ini memiliki empat jari pada kaki depan dan tiga jari pada kaki belakang. Tidak hanya itu, semua jari kakinya ditutupi kuku-kuku yang sangat kecil.

Kaki tapir sendiri bersifat mesaksonik yang berarti ujung tengahnya adalah yang paling besar dan membentuk poros kaki. Satu jari di kaki depan lebih kecil dari yang lain, dan biasa digunakan hanya saat berjalan ditengah lunak dan berlumpur.

2. Tokek Pelawan Gravitasi

Tokek adalah nama umum untuk menyebut cicak besar atau jenis-jenis kadal dari suku Gekkonidae. Tokek sendiri menyebar luas di wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara, meliputi kepulauan nusantara dan Filipina hingga kepulauan Solomon dan Kepulauan Santa Cruz di Fasifik.

Seperti yang diketahui bahwa tokek dapat naik ke dinding bahkan menggantung terbalik, hal ini bukan dari jari kakinya yang lengket akan tetapi hewan ini ditutupi oleh ratusan bulu kecil yang dikenal sebagai setae.

Baca Juga : Pesawat Jet Tempur Termahal Dan Tercanggih Di Dunia

Diketahui bahwa elektron pada rambut yang sangat kecil ini terikat dengan molekul di permukaan lain melalui tarikan elektromagnetik, hal inilah yang memungkinkan tokek dapat menempel dan melepaskan kaki mereka cukup cepat untuk meluncur ke permukaan vertikal dan melintasi langit-langit atau plavon pada sebuah rumah.

Sejauh ini kaki yang dimiliki oleh hewan yang satu ini telah mengilhami teknologi seperti plester non iritasi yang dapat menutup luka.

3. Alpaca Pendaki Gunung

Alpaca yang memiliki nama ilmiah Vicugna Pacos adalah spesies mamalia sejenis unta yang hidup di wilayah Amerika Selatan. Hewan satu ini mirip dengan Llama, namun sering kali terlihat lebih kecil dari Llama.

Tidak seperti Llama, hewan tersebut tidak dibiakkan menjadi hewan pekerja tapi dibiakkan secara khusus untuk seratnya. Serat Alpaca sendiri digunakan untuk membuat barang rajutan dan anyaman mirip dengan wol domba.

Selain itu hewan satu ini juga mampu memanjat tebing gunung dan untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan kaki yang sangat kokoh. Diketahui bahwa jari-jari pada kaki hewan ini sangat kokoh yang membantunya dalam mendaki pegunungan Andes yang dingin dan di wilayah Amerika Selatan.

Jari kaki Alpaca sendiri memiliki bantalan lembut dengan ujung kuku yang kuat, diketahui bahwa kuku Alpaca terus tumbuh dan cepat terkikis karena berjalan di atas tanah berbatu.

4. Badak Mungil

Badak yang memiliki nama ilmiah Rhinoceros adalah spesies hewan langka yang berasal dari Afrika atau Asia, diketahui bahwa hewan herbivora satu ini memiliki ukuran yang cukup besar dan dapat berbobot hingga satu ton, serta memiliki kulit yang tebal sekitar 1,5 sampai 5 cm yang terbentuk dari lapisan kolagen.

Tidak hanya itu, hewan satu ini juga memiliki ciri khusus yang ada dibagian kepalanya, yaitu Cula. Hewan yang mmengesankan ini dapat berukuran panjang hingga 4,6 meter dan berat hingga 2.400 kg.

Baca Juga : Pohon Paling Mematikan Sekaligus Berbahaya Didunia

Tetapi kepala dan tubuh besar mereka tidak diimbangi dengan ukuran kakinya, kaki badak ini tampak kecil jika dibandingkan dengan anggota tubuh yang lebih kokoh dari mamalia darat besar lainnya.

Kaki badak sendiri terlihat berbentuk seperti sebuah lingkaran dan memiliki tiga jari kaki, ketika berjalan hewan ini akan memberi tekanan lebih pada punggung kaki mereka. Hal inilah yang membuat mereka para ilmuan masih banyak mencari tahu tentang bentuk kaki spesies badak tersebut.

5. Nyamuk Bersisik

Nyamuk adalah salah satu hewan serangga yang termasuk dalam Ordo Diptera atau Lalat. Diketahui bahwa nyamuk mempunyai dua sayap bersisik, tubuh yang langsing, dan enam kaki panjang sekitar 15 mm.

Beberapa waktu yang lalu ada sebuah foto yang cukup ramai diperbincangkan di media sosial yang memperlihatkan bentuk kaki dari hewan satu ini.

Diketahui bahwa foto tersebut memperlihatkan sebuah objek berbentuk kumis merah muda yang terletak diantara lingkaran aneh dan pusaran serta struktur lengkungan yang tidak bisa dipahami oleh sebagian besar orang yang melihatnya.

Menurut keterangan dari gambar tersebut, bentuknya yang misterius itu sebuah kaki nyamuk yang di zoom hingga 800 kali lipat, detailnya luar biasa seperti pulvillus bantalan perekat berujung rambut, sisik dan cakar dari kaki nyamuk tersebut berhasil di tangkap oleh sorang fotografer bernama Steve Gschmeissner menggunakan mikroskop elektron.

6. Platipus Berbisa

Platipus yang memiliki nama ilmiah Ornithorhynchus Anatinus adalah hewan semi-akuatik yang banyak ditemui dibagian Timur Benua Australia, walapupun Platipus bertelur tetapi hewan satu ini tergolong dalam keluarga mamalia, karena ia juga menyusui anaknya.

Selain itu Platipus juga memiliki sebuah paruh yang tampak seperti bebek dan kaki berselaput. Tidak hanya itu, hewan satu ini juga memiliki ekor pipih seperti berang-berang dan tubuh ramping berbulu.

Baca Juga : Ras Anjing Paling Berbahaya Untuk Dipelihara Oleh Manusia

Selain berselaput, pejantan Platipus juga memiliki kuku runcing yang sarat dengan racun, menurut para ilmuan racun tersebut digunakan oleh hewan ini selama pertempuran dengan pejantan pesaingnya selama musim kawin.

7. Burung Unta Berjari Dua

Burung Unta yang memiliki nama ilmiah Struthio Camelus merupakan burung terbesar di dunia yang masih hidup hingga sekarang. Diketahui bahwa tinggi dari hewan satu ini mencapai 2,5 meter dan telah digunakan di sebagian Afrika Utara dan Arab sebagai hewan tunggangan perlombaan.

Selain itu, burung satu ini juga tidak dapat terbang dan termasuk dalam kumpulan primitif yang kurang dikenal, yaitu Ratit (Palaeognaths). Mungkin karena kaki burung unta begitu besar dan kuat sehingga banyak yang membandingkannya dengan kaki dinosaurus pemakan daging yang hidup jutaan tahun lalu.

Burung Unta adalah satu-satunya burung yang memiliki dua jari, karena semua burung memiliki 3 atau 4 jari pada kakinya. Selain itu salah satu jari kakinya lebih besar dari yang lain dan memiliki ujung cakar yang panjangnya bisa mencapai 10 cm.

8. Basilisk Yang Berjalan Di Atas Air

Para ilmuan mengatakan bahwa kemampuan yang dimiliki oleh hewan yang bernama Basilisk dalam berjalan di atas air sangat luar biasa, hingga hewan satu ini mendapat julukan Kadal Yesus. Meskipun hewan ini melintasi air bukan dengan berjalan, namun dengan berlari.

Tetapi hewan ini mengandalkan kecepatan yang digerakan dengan menyendok yang aneh dari kakinya yang berbentuk tidak biasa untuk meluncur di atas permukaan air.

Baca Juga : Truk Paling Canggih Sekaligus Keren Yang Pernah Dibuat Oleh Manusia

Agar tidak tenggelam Basilisk dengan cepat mengayuh kaki mereka saat berlari, dan kaki besar yang mereka miliki tersebut menangkap kantong udara dan membantu untuk menahan tubuh mereka saat bergerak maju.

9. Elang Harpy

Elang Harpy memiliki nama ilmiah Harpia Harpyja adalah spesies elang neotropis yang merupakan hewan liar terbesar dan terkuat yang ditemukan di hutan hujan. Diketahui bahwa hewan satu ini memiliki jambul bulu berwarna gelap yang membingkai wajahnya.

Selain itu hewan satu ini juga memiliki tatapan mata keemasan yang sangat tajam, bagian tubuh dari hewan ini yang paling berpengaruh pada saat berburu adalah cakar melengkung mereka yang besar yang dapat berukuran hingga 13 cm.

Bahkan cakar Elang Harpy ini lebih panjang dari cakar yang dimiliki oleh Beruang Grizzly, selain itu kaki yang dimiliki oleh hewan ini juga sangat kuat dan dapat menghasilkan kekuatan ratusan pon untuk menghancurkan dan membunuh mangsanya, termasuk monyet yang beratnya mencapai 7,7 kg.

10. Cakar Armadillo

Armadillo raksasa yang memiliki nama ilmiah Priodontes Maximus adalah salah satu spesies terbesar dari Armadillo. Diketahui bahwa spesies satu ini dapat ditemukan di hutan tropis Amerika Selatan bagian Timur dan paling jauh berada di Argentina bagian Selatan.

Spesies hewan satu ini memiliki berat sekitar 59 pon ketika tumbuh dewasa dengan panjang mencapai  895 mm. Selain itu hewan ini juga disebut sebagai tank lapis baja berjalan dengan plat tulang berengsel dari kulit keras menutupi tubuhnya dan 80 hingga 100 gigi yang ada di mulutnya.

Tidak hanya itu, kaki depan pada hewan ini memiliki tiga cakar. Cakar tengah berbentuk sabit jauh lebih besar dari dua cakar lainnya berukuran panjang sekitar 20 cm. Armadillo sendiri menggunakan cakar besar tersebut untuk menggali sarang rayap dan untuk menggali liang tempat mereka bersembunyi sekaligus beristirahat.

11. Lalat

Lalat adalah jenis serangga yang berasal dari Ordo Diptera yang memiliki sepasang sayap untuk terbang dan sepasang halter. Diketahui bahwa hewan satu ini dapat dengan mudah berkeliaran di permukaan saat dalam posisi terbalik, rahasia dari hal tersebut terletak pada koktail perekat khusus yang melapisi rambut kecil di bagian kaki mereka.

Kaki lalat sendiri dilengkapi dengan dua bantalan perekat yang cukup besar, yang disebut pulvilli. Perekat inilah yang menciptakan permukaan luas untuk menggenggam kemana pun lalat singgah.

Selain itu, bulu-bulu yang menutupi bantalan ini juga dilapisi dengan minyak dan gula yang membentuk zat seperti lem yang sangat kuat. Menurut sebuah laporan tersebut sangat kuat sehingga lalat harus menggunakan cakar khusus pada kakinya untuk melepaskan diri kapan pun ia melangkah.

12. Kadal Bipedal

Para ilmuan sejauh ini telah mengamati bahwa kadal berkerah yang berasal dari Amerika Utara memiliki kaki belakang berotot dan kuat, sehingga tampak aneh dengan jari-jari kaki yang berbentuk berbeda panjang dan bercabang ke arah yang berbeda.

Diketahui bahwa kaki hewan ini menggunakan pelengkap yang tidak biasa untuk lari Bipedal yang cepat, mengangkat ke kaki belakang mereka dan melesat dengan langkah yang dapat mengukur hingga tiga kali panjang tubuh kadal tersebut.

Sejauh ini para ilmuan meyakini bahwa kadal berkerah adalah salah satu hewan pelari yang sangat cepat dan mampu melaju hingga 26 km/jam atau secepat manusia yang sedang berlari.

13. Siput Logam Berat

Siput adalah nama umum yang diberikan pada anggota kelas Moluska Gastropoda dan istilah ini diberikan bagi para siput yang memiliki cangkang bergelung pada tahap dewasa. Sejauh ini banyak jenis Moluska yang menumbuhkan cangkang keras untuk melindungi tubuh mereka yang lembut dan licin.

Tapi yang paling unik dari semuanya adalah siput kaki bersisik yang hidup di dekat ventilasi hidrotermal di Samudera Hindia. Diketahui bahwa siput satu ini menggunakan bakteri khusus untuk membuat cangkap dan sisik kaki yang berasal dari besi sulfida.

Pelat yang ada di kaki siput tersebut menyerupai sebuah lapisan chainmail dan dapat membantu menangkis duri berbisa dari siput predator yang menembakan proyektil mereka ke daging mangsanya yang terbuka.

Harap Perhatiannya

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi postingan dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini. Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran Hak Cipta dari kami yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.

Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar