Pohon Paling Mematikan Sekaligus Berbahaya Di Dunia - Tips Tutorial Bersama

Jumat, 08 Januari 2021

Pohon Paling Mematikan Sekaligus Berbahaya Di Dunia

Seperti yang kita ketahui bahwa pohon atau juga sering disebut pokok adalah tumbuhan berkayu yang dibagi menjadi dua kelompok tumbuhan, yaitu tumbuhan berakar tunjang dan berakar serabut.

Sepanjang sejarah, kayu yang berasal dari pohon menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh umat manusia. Salah satunya adalah untuk melindungi mereka dari sinar matahari dan juga hujan.

Namun, dalam dunia biologi terdapat berbagai macam pohon kematian yang siap menyebabkan masalah besar bagi manusia yang bersentuhan dengannya.

Pohon Paling Mematikan Sekaligus Berbahaya Di Dunia

1.Pohon Manchineel

Pohon Manchineel termasuk dalam spesies pohon yang terancam punah di Spanyol, pohon satu ini dijuluki sebagai pohon kematian dari Karibia. Diketahui bahwa buah dari pohon satu ini terlihat seperti buah apel, namun sangat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi.

Jika seseorang berada di bawah pohon ini, maka orang tersebut akan terasa seperti terbakar, karena pohon satu ini sangat beracun. Tidak hanya itu, buah dari pohon satu ini juga dijuluki sebagai buah apl kecil kematian.

Pohon Manchineel sendiri berasal dari pantai Karibia termasuk wilayah yang membentang disepanjang Florida, Meksiko, dan Amerika Tengah dan juga Amerika Selatan.

Menurut para peneliti, buah dari pohon ini mengandung senyawa kimia karsinogenik dan sangat beracun yang dikenal sebagai phorbol bersama dengan berbagai campuran kimia yang tidak diketahui untuk efek toksik yang sangat besar.

Setiap kontak langsung antara manusia dengan pohon tersebut akan menyebabkan luka bakar yang menyakitkan pada kulit. Sementara jika menelan buahnya dapat menyebabkan kematian.

2. Pohon Bunuh Diri

Pohon Bunuh Diri atau dikenal dengan nama Cerbera Odollam adalah sebuah spesies tanaman yang berasal dari famili Apocynaceae. Diketahui bahwa pohon ini berasal dari wilayah India dan wilayah Asia bagian selatan.

Selain itu, pohon satu ini juga umumnya tumbuh dirawa-rawa dekat pesisir pantai dan ada juga beberapa beberapa orang yang menjadikannya sebagai tanaman hias. Disebut Pohon Bunuh Diri, karena tanaman ini menghasilkan racun kuat yang bisa digunakan untuk bunuh diri dan membunuh.

Baca Juga : Bentuk Kaki Hewan Paling Aneh Di Dunia

Bila dikonsumsi buah, daun, getah, dan bijinya dapat menyebabkan gangguan jantung yang berujung pada kematian. Kandungan cerberin dan glikosida yang terkandung dalam biji buah mempengaruhi cara kerja detak jantung, sehingga kinerja jantung jadi kacau.

Selain itu, buah pohon bunuh diri ini juga dipakai untuk membunuh karena kandungan racunnya yang sangat sulit untuk dilacak.

3. Kelapa

Pohon satu ini hampir dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia, sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Selain itu, kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan dari pohon tersebut.

Diketahui, bahwa buah dari pohon ini diisi dengan empulur dan air serta terbungkus oleh cangkang yang sangat keras, dan beratnya hampir mencapai 2 kg. Selain itu, buah kelapa juga dapat menyebabkan kerusakan besar jika jatuh pada salah seorang berdiri di bawah pohonnya.

Sejauh ini, banyak kematian tragis yang telah didokumentasikan dalam laporan saksi mata, laporan dokter, dan jurnal medis di berbagai negara di dunia. Menurut laporan, lebih dari 15 kasus kematian yang di dokumentasikan sejak 1770-an dan sebagian besar kejadian tersebut terjadi dalam 100 tahun terakhir.

4. Pohon Strychnine

Pohon Strychnine adalah sebuah tumbuhan yang memiliki biji paling mematikan dengan kandungan racun yang seperti nama pohonnya, yaitu Strychnine. Bukti mengerikan racun ini ditujukan dalam kisah Ratu Cleopatra yang meminta bawahannya untuk melakukan bunuh diri dengan memakan biji pohon Strychnine tersebut.

Diketahui, bahwa gejala dari racun biji buah pohon ini sangat mengerikan, mulai dari gemetar, kejang-kejang, mulut berbusa, kehilangan kesadaran, hingga akhrnya meninggal dunia.

Baca Juga : Pesawat Jet Tempur Termahal Dan Tercanggih Di Dunia

Selain itu, efek samping lainnya yang ditimbulkan dari biji buah pohon ini juga tidak kalah mengerikannya, seperti sakit mata, pusing, keram otot, kelumpuhan, dan lidah yang mati rasa.

Meskipun terkenal sangat beracun, namun tanaman satu ini ternyata berguna untuk keperluan medis dalam mengobati penyakit kanker.

5. Pinus Bunya

Pinus Bunya adalah sebuah pohon monster prasejarah yang memang sangat mematikan bagi manusia. Diketahui, bahwa biji dari buah pohon ini memiliki berat yang mencapai 22 pon dan dinilai sangat berbahaya bagi manusia.

Menurut para ahli, pohon satu ini dapat tumbuh hingga setinggi 148 kaki dan ditandai dengan kulit kayu yang tebal. Diberbagai wilayah, khususnya di wilayah San Francisco banyak kasus orang yang kepalanya terkena dahan dari pohon satu ini.

Hal ini menyebabkan cedera yang cukup serius, bahkan ada beberapa yang meninggal dunia. Para ilmuan mengatakan, bahwa pohon satu ini berasal dari zaman prasejarah Mesozoik, merupakan fosil hidup yang merupakan asli dari wilayah Queensland, Australia.

Ironisnya, ukuran raksasa buah pinus ini mengakibatkan kemampuan pohon untuk berkembang biak dengan penyebaran biji aga terbatas, karena tidak ada hewan yang akan mengangkut buahnya tersebut.

6. Milky Mangrove

Mangrove adalah sebuah pohon semak atau pohon kecil yang tumbuh di pantai berair asin atau pun air payau. Diketahui bahwa pohon Mangrove tumbuh diseluruh dunia di daerah tropis dan subtropis.

Pohon Mangrove atau bakau dapat dianggap sebagai tanaman baru dan disukai yang menawarkan cara yang sejuk dan alami bagi masyarakat pesisir, dan insinyur lingkungan untuk menstabilkan pantai.

Pohon satu ini yang berjenis Milky Mangrove adalah pohon Mangrove atau Bakau yang mengeluarkan racun dan tidak boleh disentuh, dipanjat, atau dipegang oleh manusia karena komposisinya yang sangat beracun.

Baca Juga : Ras Anjing Paling Berbahaya Untuk Dipelihara Oleh Manusia

Pohon yang berdaun mengkilap yang tingginya bisa mencapai lebih dari 65 kaki ini memiliki bunga berduri dan bau menyengat. Sedangkan getah putih susu akan mengalir dari permukaan tanaman yang rusak, baik tergores, tertusuk, atau pun patah.

Diketahui bahwa pohon satu ini memiliki kandungan bahan kimia yang cukup berbahaya.

7. Pohon Sandbox

Pohon Sandbox atau Pohon Kotak Pasir adalah pohon cemara yang berasal dari keluarga Spurge atau Euphorbiaceae, dan asli dari daerah tropis di Amerika bagian utara dan selatan, termasuk hutan hujan amazon.

Diketahui bahwa pohon satu ini juga ada dibeberapa bagian di Tanzania. Pohon berbahaya satu ini dapat dikenali dari kulit kayunya yang halus berwarna cokelat, yang ditutupi oleh banyak duri runcing dan gelap.

Pohon satu ini dapat tumbuh hingga 60 meter atau 200 kaki yang memiliki daun bulat besar selebar 2 kaki atau 0,61 meter. Diketahui bahwa buah dari pohon satu ini dapat meledak saat matang, terbelah menjadi beberapa segmen dan mengeluarkan biji dengan kecepatan 70 meter/detik.

Salah satu sumber mengatakan bahwa kapsul yang matang dari pohon ini memang melontarkan benihnya sejauh 100 meter. Inilah yang menyebabkan pohon satu ini sangat berbahaya bagi manusia jika lontarannya mengenai manusia, maka manusia tersebut dapat mengalami cidera yang cukup serius.

8. Gympie Gympie

Gympie Gympie adalah pohon yang tumbuh tinggi mencapai 1 hingga 2 meter, dan umumnya ditemukan di daerah hutan hujan timur laut atau Australia dan Maluku (Indonesia).

Diketahui bahwa ini adalah salah satu tanaman paling beracun yang ada di dunia, bahkan sengatan pohon Gympie Gympie memiliki nama ilmiah Dendrosnida Moroides adalah dikenal dapat membunuh anjing, kuda, dan manusia sekalipun.

Ajaibnya, spesimen kering dari pohon satu ini dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, meskipun 100 tahun setelah dipetik. Diketahui bahwa setiap bagian dari Gympie Gympie ini bisa sangat mematikan, kecuali akarnya.

Baca Juga : Truk Paling Canggih Sekaligus Keren Yang Pernah Dibuat Oleh Manusia

Jika kita menyentuh langsung pohon satu ini, maka rambut-rambut halus yang ada padanya akan menembus tubuh manusia, dan melepaskan racun yang disebut moroidin. Terkadang hanya berdiri dihadapannya saja, rambut-rambut menyebar secara otomatis di udara.

Apabila masuk ke hidung dapat menyebabkan gatal-gatal, ruam, bersin, dan mimisan yang sangat mengerikan.

9. Yew

Yew yang juga disebut dengan nama Cemara Inggris atau Taxus Baccata adalah salah satu pohon mematikan yang ada di muka bumi. Pohon yang memiliki tampilan hijau nan rimbun ini umumnya ditemukan di wilayah Eropa.

Oleh para ilmuan cemara ini yang dianggap sebagai pohon yang cukup aneh, karena seluruh bagiannya sangat beracun, kecuali bagian kulit buahnya saja. Karena racun yang memabukan dan menyebabkan kelumpuhan, pohon satu ini pernah digunakan untuk proses aborsi yang umumnya berakhir dengan kematian.

Diketahui bahwa racun utama dari pohon ini adalah Taxine atau juga dikenal dengan sebutan Taxane. Taxane sendiri merupakan salah satu pemicunya serangan jantung dan racun ini bereaksi dengan cepat serta belum ditemukan penawarnya.

Pada manusia dosis mematikan dari racun ini dilaporkan antara 50 dan 100 gram. Racun yang dimiliki oleh pohon satu ini bersifat persisten yang berarti ketika dipotong maka cabang dan daun pada pohon ini tidak kehilangan racun ekstrim bawaan mereka.

10. Pohon Botol Namibia

Pohon Botol merupakan salah satu jenis tumbuhan yang termasuk dalam genus Pachypodium. Diketahui bahwa jenis pohon satu ini sangat berbahaya bagi manusia dan dapat tinggi hingga 6 meter.

Pohon satu ini dicirikan dengan batang tebal berbentuk botol yang hampir tidak tercabang sampai bagian atasnya. Cabang-cabangnya sedikit dan ditutupi oleh duri-duri ramping sepanjang 30 cm, dan daunnya lonjong serta ditutupi oleh rambut pendek di kedua permukaannya.

Menurut para peneliti, spesies Pohon Botol Namibia sangat beracun dan telah digunakan oleh suku Bushmen asli untuk berburu yang dioleskan pada panah mereka. Diketahui bahwa Pohon Botol Namibia ini getahnya mengandung racun untuk melindungi persediaan airnya yang disimpan dengan hati-hati.

Jika tidak demikian, maka pohon ini akan diserang oleh hewan-hewan yang kehausan dan merobek air yang menimbun pohon gurun tersebut.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi artikel atau link download dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini.

Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran "Hak Cipta Dari Saya" yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.