Truk Paling Canggih Sekaligus Keren Yang Pernah Dibuat Oleh Manusia - Tips Tutorial Bersama

Truk Paling Canggih Sekaligus Keren Yang Pernah Dibuat Oleh Manusia

Seperti yang kita ketahui bahwa truk adalah sebuah kendaraan beroda yang berfungsi untuk mengangkut barang atau kendaraan, dan satu ini juga disebut sebagai mobil barang. Seiring perkembangan zaman, kendaraan truk ini sudah di desain ulang untuk memiliki fitur canggih yang bisa memanjakan para pengendaranya.

Sejauh ini banyak sekali pengembang dan ilmuan yang mencari inovasi baru untuk dunia otomotif. Bahkan beberapa teknologi canggih yang ada sekarang juga sudah mulai merambah masuk ke dunia transportasi, dan salah satunya adalah truk canggih sekaligus keren yang berbeda dari truk konfensional pada umumnya.

Truk Paling Canggih Sekaligus Keren Yang Pernah Dibuat Oleh Manusia

1. Mercedes Benz Urban E-Truck

Sebuah perusahaan otomotif terkenal bernama Mercedes berhasil membuat sebuah prototipe truk listrik yang sangat canggih. Diketahui bahwa truk listrik bernama Urban E-Truck ini memiliki tugas yang cukup berat, yaitu harus bisa berfungsi dengan baik di tengah perkotaan.

Kabarnya truk ini akan dirilis dalam dua versi, yaitu truk dengan berat 18 dan 25 ton. Selain itu dalam satu kali isi daya truk ini dapat menampung jarak sekitar 200 km dan dibutuhkan kurang lebih 3 jam untuk mengisi penuh daya pada truk ini.

Dilihat dari bentuknya saat itu, banyak ahli yang menilai bahwa truk satu ini dapat dibilang sangat ideal untuk alat transportasi canggih di tengah kota. Dibutuhkan kurang lebih 3 jam untuk mengisi penuh daya truk.

2. Truck Wave

Truck Wave adalah salah satu truk yang terlebih terlihat seperti sebuah kereta api daripada truk pada umumnya, dengan kursi pengemudi yang tidak di pinggir akan tetapi di tengah. Truk satu ini dapat melaju seperti sebuah kereta api. Diketahui bahwa truk ini dikembangkan oleh Walmart, dan nama Wave sendiri merupakan singkatan dari Walmart Advance Vehicle.

Baca Juga : Bentuk Kaki Hewan Paling Aneh Di Dunia

Walmart sendiri pernah membuat 6.000 kendaraan dan menjadi perusahaan yang ingin meningkatkan efisiensi aerodinamikanya. Seperti truk satu ini yang sudah meningkatkan aerodinamikanya sebanyak 20%.

3. The Starship

Sebuah truk bernama The Starship adalah truk yang memiliki teknologi sama seperti sebuah mobil balap. Diketahui bahwa truk satu ini mampu meningkatkan aerodinamikanya untuk menghasilkan efisiensi energi, selain itu dibutuhkan waktu sekitar 18.000 jam untuk menempatkan bagian-bagian truk secara bersamaan.

The Starship sendiri merupakan sebuah truk dengan 2,5 kali lebih efisien dibandingkan dengan truk konvensional pada umumnya. Bagian eksterior ini dibuat dari bahan serat karbon dengan bagian depan menyerupai kereta cepat.

Selain itu, truk ini juga dilengkapi dengan katup yang dapat membuka secara otomatis apabila terdapat kelebihan suhu panas di dalamnya. Tidak hanya itu, di atas truk ini juga terdapat panel surya untuk sistem kelistrikan.

4. Nikola Two

Sebuah perusahaan otomotif yaitu Nikola Motor berhasil membuat kendaraan beremisi 0, yaitu Nikola Two. Nikola Two sendiri adalah sebuah truk listrik hybrid yang dikembangkan melalui gabungan dari motor listrik, eletronik, dan juga transmisi.

Selain itu, truk listrik ini juga ditenagai dengan hidrogen dan oksigen yang kemudian karena pembakaran sel akan bereaksi dan menghasilkan listrik, meskipun tidak pernah dilakukan uji coba independen pada truk ini. Namun kinerjanya sangat mengesankan.

Baca Juga : Pesawat Jet Tempur Termahal Dan Tercanggih Di Dunia

Diketahui bahwa truk ini berkekuatan 1.000 tenaga kuda dan dalam satu kali isi daya, truk ini membutuhkan waktu tidak lebih dari 15 menit.

5. Kenworth T-680

Kenworth T-680 adalah salah satu truk yang masuk dalam jajaran 10 terpaling nyaman di dunia. Diketahui bahwa truk ini di produksi oleh salah satu perusahaan Amerika, yaitu Kenworth Aerodynamics. Model T-680 sendiri diproduksi masal dan banyak menaklukkan hati banyak orang, dan tetap populer di Amerika Serikat.

Selain itu, truk ini juga menyediakan kamp yang luas untuk beristirahat, terdapat kulkas dibagian belakang, serta memiliki pemanas udara. Tidak hanya itu, truk canggih ini juga dilengkapi dengan AC dan TV 28" di dalamnya, Audio sistem, dan juga Mikrowave.

Kabin pada truk ini terbuat dari bahan aluminium sehingga memiliki bobot yang ringan dan juga lebih tahan terhadap dari korosi.

6. Man TGX

Man TGX adalah sebuah truk listrik yang berhasil di produksi pada tahun 2018 yang lalu. Keunggulan utama dari truk ini adalah penggunaan bahan bakar yang ekonomis dan sangat efisien. Selain itu, produsen dari truk ini juga memberikan perhatian khusus untuk rangka luarnya, dengan menggunakan bingkai struktur pendukungnya yang terbuat dari baja berbutir halus.

Dengan spesifikasi tersebut, truk ini memiliki bobot yang jauh lebih ringan, namun memiliki tingkat kekuatan dan resistensi eksternal yang jauh lebih tinggi dan lebih tahan lama. Terdapat dua pilihan mesin pada truk ini, yaitu mesin bertenaga 400 dan 440 tenaga kuda.

Baca Juga : Pohon Paling Mematikan Sekaligus Berbahaya Di Dunia

Selain itu, truk ini juga menyediakan ruang istirahat dan bagasi yang cukup luas, dan juga GPS yang ditanamkan pada truk tersebut.

7. XOS Truck ET-One

XOS Truck ET-One merupakan salah satu truk listrik pertama di dunia yang digagaskan oleh sebuah perusahaan bernama XOS dari Los Angeles. Diketahui bahwa ini adalah sebuah perusahaan yang bisa dibilang masih belum terlalu besar dan masih muda.

Uniknya truk canggih satu ini mampu melaju hingga jarak 80 sampai 482 km dalam satu kali isi daya, selain itu truk ini juga dapat memuat beban hingga 36 ton dan tentu saja sangat ramah lingkungan, karena mesin yang digunakan juga lebih menghemat 30% energi daripada mesin diesel biasa.

Tidak hanya itu, truk ini juga mampu mengurangi biaya pemeliharaan sebesar 60%. Kapasitas mesin pada truk ini berkisar antara 300 hingga 700 tenaga kuda.

8. Renault Trucks T High

Sejauh ini Renault dikenal sebagai penghasil truk berpenampilan keren yang berforma tinggi. Maka tidak jarang produk dari perusahaan yang satu ini selalu di pakai dalam berbagai ajang balap truk, salah satu model yang mengagumkan adalah Renault Trucks T High yang memiliki tampilan menarik berkat beberapa aksen bergaris merah.

Diketahui bahwa truk berforma tinggi satu ini menggunakan cat berwarna hitam, aksen merah, velg aluminium, deflekta di bagian atap, serta opening side deflector. Selain itu, truk ini juga dilengkapi dengan Protect Pack yang mencakup penambahan lampu utama Xenon, Lampu Indikator, dan Adaptive Cruise Control.

Baca Juga : Ras Anjing Paling Berbahaya Untuk Dipelihara Oleh Manusia

Menurut Renault, pas saat pengemudi beristirahat setelah melakukan perjalan jauh, suasana kabin yang tenang tercipta berkat cahaya temaram kabin yang memanjang di dek kabin. Untuk tenaganya sendiri Renault Trucks T High dilengkapi dengan mesin diesel 12,8 liter, 6 silinder dengan common rail injection system.

Mesin ini juga disematkan fitur Fuel Eco+ dengan Optivision untuk mengoptimalkan tingkat efisiensi bahan bakar, sementara itu untuk performanya sendiri mesin ini mampu menghasilkan tenaga sekitar 520 Hp.

9. Mercedes Benz Actros F

Sebuah perusahaan otomotif bernama Mercedes Benz berhasil menghadirkan sebuah truk canggih, yakni Actros F. Diketahui bahwa Actros F generasi ini tersedia dalam 17 model perakitan dan hanya akan tersedia dalam setting setir kiri yang dinilai sangat ideal untuk lalu lintas seperti jalan tol.

Truk ini dilengkapi dengan klasik kokpit seperti spion samping konvensional sebagai standarnya. Selain itu, pada truk ini juga terdapat navigasi, kontrol iklim, dan beberapa pilihan peralatan opsional.

Disamping itu banyak fitur opsional lainnya pada truk ini yang disebut fitur Predictive Powertrain Control yang mengkalibrasi perpindahan gigi secara otomatis yang menyesuaikan gaya mengemudi dan topografi.

Untuk fitur keselamatannya sendiri, truk ini sudah mengusung teknologi terbaru seperti Active Brake Assist generasi kelima yang telah menjadi fitur standart kendaraan Actros di seluruh Eropa.

10. Mercedes Benz Actros Edition 2

Selain membuat truk bernama Actros dipertama, pihak Mercedes Benz juga berhasil membuat truk lagi bernama Actros Seri ke-2. Bagi para konsumen yang lebih memusatkan kebutuhannya di teknologi dan inovasi, Actros Edition 2 bisa menjadi pilihan truk yang sangat tepat.

Actros Edition 2 sendiri menawarkan 40 opsi tambahan untuk interior dan eksterior yang menjadikan truk ini semakin éksklusif. Layaknya kendaraan mewah, Mercedes Benz Actros 2 menggunakan material-material berkelas. Selain itu, terdapat juga empat lampu spot light LED di bawahnya, dan tiga lampu LED di belakang kabin.

Diketahui bahwa truk satu ini dilengkapi dengan fitur keselamatannya yang mengusung Safety Package dengan sejumlah active driver assistance systems. Selain itu, truk satu ini juga dilengkapi dengan fitur Comfort Package dengan ambient lighting LED, kaca untuk bercukur, kulkas, dan sederet kelengkapan lain untuk mendukung kenyamanan penggunanya.

11. Audi Truck

Sebuah perusahaan otomotif bernama Audi berhasil membuat sebuah truk dengan desain yang sangat mengagumkan. Diketahui bahwa truk Audi ini di desain oleh desainer asal Ukraina bernama Asrtem Smirnov, Belarusia, dan Vladimir Panchenko.

Jika diperhatikan pada bagian depan alias ruang kemudi dari truk ini memiliki bentuk seperti sebuah bus. Selain bentuknya yang mirip bus, ternyata ruang kemudi dari truk ini mempunyai desain yang sangat canggih.

Jadi nanti pengemudinya bisa menaikkan ruang kemudi lewat bagian atap ala ruang masuk mobil tank untuk perang. Sementara itu untuk bagian box di belakang bentuknya memang tak jauh berbeda dari box truk kebanyakan.

Namun kabarnya, box bagian belakang truk ini dapat dioperasikan naik dna turun saat digunakan.

12. Bugatti Truck

Bahwa Bugatti selalu menjadi merek yang selalu dikenal dengan desain kemewahan serta label harga yang cukup fantastis, meskipun begitu banyak kalangan yang masih tetap menyukai Bugatti dari model modern sampai klasik. Beberapa waktu lalu perusahaan tersebut berhasil membuat sebuah truk dengan tampilan sangat modern, yang dilengkapi dengan tenaga listrik.

Selain itu, truk buatan Bugatti ini juga dilengkapi dengan mesin turbo W16 quad-turbo milik Chiron yang dapat menghasilkan 1.479 tenaga kuda.

13. Kamaz Truck

Sekilas bahwa Kamaz Vision terlihat seperti sebuah truk yang ada di film Transformers dengan di desain body berbentuk V. Diketahui bahwa desain body tersebut dilakukan agar dapat meminimalkan hambatan angin dengan bagian kaca atas panorama yang apik dan belokan udara.

Selain itu, truk ini juga memiliki kabin aluminium yang dilengkapi hanya dengan kaca depan besar dan juga sunroof. Kamaz sendiri merupakan sebuah perusahaan yang menghasilkan berbagai macam produk truk.

Perusahaan yang bermarkas di Naberezhnye Chelny, Rusia dan berhasil menghasilkan berbagai jenis bus dan truk.

14. Mercedes Euro X

Truk minimalis bernama Mercedes Euro X ini merupakan rancangan dari Muyeon Cho sebagai penghubung antara truk yang dioperasikan oleh manusia dan otonomi absolut. Perbedaan yang paling jelas dari truk ini, terlihat pada kabinnya yang memiliki wajah runcing dan dapat memotong udara, sehingga dapat mengurangi hambatan serta jarak tempuh.

Selain itu, Mercedes Euro ini juga memiliki ruang kabin yang nyaman sehingga pengemudi dapat memantau sistem serta menikmati perjalanan.

15. Tesla Semi

Saat ini perusahaan Tesla berhasil membuat sebuah gebrakan besar dalam dunia otomotif, yaitu mengenalkan sebuah truk berat bertenaga listrik. Kendaraan truk satu ini memiliki kemampuan memindahkan kargo dengan sangat mulus.

Diketahui bahwa semi truk buatan Tesla ini dapat menempuh jarak sekitar 805 km dengan muatan penuh, dan jika menggunakan baterai baru, truk ini dapat berjalan sejauh 640 km. Selain itu, truk ini juga dilengkapi dengan teknologi auto pilot dan fitur keselamatan canggih lainnya.

Sehingga truk ini dapat membuat perusahaan menghemat biaya dalam akomodasi barang.

Bagikan artikel ini

Anda diperbolehkan untuk menyalin artikel yang ada diblog ini dengan syarat menyertakan link sumber. Jadi blog Anda tidak akan dihapus, deindex, dan adsense Anda juga tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya. Terimakasih banyak atas kerja samanya.