Pesawat Jet Tempur Termahal Dan Tercanggih Di Dunia

Sejauh ini pesawat tempur menjadi salah satu alat pertahanan yang cukup penting bagi sebuah negara, hal ini dikarenakan kendaraan tersebut tergolong sangat fleksibel dalam melakukan berbagai macam serangan. Tanpa adanya pesawat tempur pada suatu negara, maka negara tersebut bisa menjadi target serangan paling parah salam sebuah peperangan.

Saat ini pesawat jet tempur generasi ke-5 adalah jet tempur paling canggih, oleh karena itu berbagai negara ini berlomba untuk mendapatkan pesawat tempur terbaik. Namun, dalam semua jenis pesawat tempur di dunia ada beberapa diantaranya diketahui paling mahal sekaligus tercanggih.

Pesawat Jet Tempur Termahal Dan Tercanggih Di Dunia

1. Sukhoi SU-35

Sukhoi SU-35 adalah pesawat berkursi tunggal, bermesin ganda yang dapat bermanuver dan dirancang oleh biro desain Sukhoi serta dibangun oleh pabrik pesawat Komsomolsk-on-Amur.

Pesawat tempur yang namanya sering kali disebut sebagai berita online yang mempunyai bobot kurang lebih 17.000 kg. Selain itu, pesawat tempur ini juga dilengkapi dengan radar multimode, detektor inframerah dan senjata yang telah diperbarui.

Tidak hanya itu, pesawat ini juga dilengkapi dengan mesin Saturn 117S dengan turbofan TVC. Menurut sebuah laporan, pesawat jet satu ini sanggup melesat hingga kecepatan 2.390 km/jam dan memiliki harga sekitar 918 miliar rupiah.

2. Mcdonnell-Douglas F/A-18E Super Hornet

Mcdonnell-Douglas F/A-18E Super Hornet adalah jet tempur multi-peran bermesin ganda yang dirancang sebagai pesawat tempur. Diketahui, bahwa pesawat jet satu ini dirancang oleh McDonnell Douglas dan Northrop.

Pesawat jet ini dipergunakan oleh Angkatan Laut dan Korps Marinir Amerika Serikat. Selain itu, jet ini digunakan oleh angkatan udara dari beberapa negara lain didunia. Diketahui, bahwa pesawat ini memiliki kecepatan supersonik yang bisa di operasikan melalui kapal induk dan dapat bekerja disegala cuaca.

Baca Juga : Bentuk Kaki Hewan Paling Aneh Di Dunia

Saat ini, pesawat yang memiliki bobot sekitar 23.000 kg tersebut juga menjadikan kendaraan tempur pada pengawalan pertahanan udara dari sebuah negara. Diketahui, bahwa pesawat ini dibekali dengan mesin ganda General Electric F404-GE-402 turbofans yang memiliki kecepatan maksimumnya 1.915 km/jam dan dibanderol dengan harga 918 miliar rupiah.

3. Dassault Rafale

Dassault Rafale adalah sebuah pesawat jet tempur bermesin ganda milik Prancis yang dirancang dan dibangun oleh Dassault Aviation. Diketahui bahwa pesawat satu ini dilengkapi dengan berbagai macam senjata yang dimaksudkan untuk supremasi udara, larangan, pengintaian udara, dukungan darat, serangan mendalam, serangan anti-kapal, dan misi pencegahan nuklir.

Dassault Rafale sendiri disebut sebagai pesawat omnirole oleh perusahaan pembuatannya. Sebuah laporan menyebutkan bahwa karakteristik dari pesawat ini adalah sama seperti Pesawat Super Hornet, namun dengan teknologi yang berbeda.

Diketahui bahwa pesawat yang memiliki harga sekitar 1,3 triliun rupiah ini dilengkapi dengan mesin ganda Snecma M88-2 turbofan yang mampu menempuh kecepatan hingga 2.390 km/jam.

4. Eurofighter Typhoon

Eurofighter Typhoon adalah sebuah pesawat tempur yang bermesin ganda yang berasal di wilayah Eropa, yaitu wilayah Britania Raya. Diketahui bahwa pesawat ini awalnya dirancang sebagai pesawat tempur superioritas udara dan diproduksi oleh sebuah perusahaan bernama konsorsium Airbus.

Pesawat tempur satu ini mempunyai rancangan yang sama persis seperti pesawat Dassault Rafale Prancis dan Saab Gripen Swedia. Sebuah laporan menyebutkan, bahwa pesawat ini terbuat dari komposit serat karbon, glass-reinforced plastic, aluminium lithium, titanium dan aluminium casting.

Baca Juga : Pohon Paling Mematikan Sekaligus Berbahaya Didunia

Tidak hanya itu, pesawat ini juga memiliki fitur teknologi siluman termasuk radar frontal penampang rendah, sensor pasif, dan kemampuan supercruise. Pesawat yang dibanderol dengan harga sekitar 1,38 triliun rupiah ini juga dibekali mesin ganda eurojet EJ200 yang dikembangkan langsung dari Jerman.

5. Lockheed Martin F-22 Raptor

Lockheed Martin F-22 Raptor adalah sebuah pesawat tempur taktis siluman berkursi tunggal, bermesin ganda dan mampu digunakan dalam cuaca apapun. Diketahui bahwa pesawat satu ini milik Amerika Serikat yang dikembangkan untuk Angkatan Udara Amerika Serikat bernama USAF.

Pesawat ini dirancang sebagai pesawat tempur superioritas udara, tetapi juga memiliki kemampuan serangan darat, peperangan elektronik, dan juga intelijen sinyal. Konstruksi pesawat ini terdiri dari konstruksi 39% titanium, 24% komposit, 16% aluminium dan 1% termoplastik berat.

Untuk rangkanya, F-22 terbuat dari serat karbon yang ternyata juga digunakan dalam rangka mesin Lamborghini. Selain itu, pesawat ini juga memiliki fitur siluman yang cukup baik yang didukung oleh mesin Pratt dan Whitney F119-100.

Diketahui bahwa pesawat ini dibanderol dengan harga sekitar 2,1 triliun rupiah dan sanggup melesat dengan kecepatan 2.570 km/jam.

6. Northrop Grumman B-2 Spirit

Northrop Grumman B-2 Spirit yang juga dikenal sebagai Stealth Bomber adalah sebuah pesawat tempur pembom strategis milik Amerika Serikat. Diketahui bahwa pesawat satu ini mampu menambahkan teknologi siluman rendah yang dapat diamati dan dirancang untuk menembus pertahanan anti pesawat.

Pesawat pengebom satu ini diketahui mampu menggunakan senjata konvensional dan termonuklir seperti Sistem Pemosisian Global Mk 82 JDAM kelas hingga delapan puluh 500 pon (230 kg) bom berpandu, atau enam belas bom nuklir B83 seberat 1.400 pon (1.100 kg).

Baca Juga : Ras Anjing Paling Berbahaya Untuk Dipelihara Oleh Manusia

Pesawat ini adalah satu-satunya pesawat yang diakui dapat membawa senjata dalam kunfigurasi siluman. Pesawat yang dibanderol dengan harga sekitar 29 triliun rupiah ini dianggap sebagai pesawat termahal di dunia dan memiliki salah satu mesin terbang paling canggih yang pernah ada.

Diketahui bahwa pesawat satu ini dapat mencapai target dimana saja didunia dan kembali ke pangkalan serta mampu mengisi bahan bakar di udara.

7. EA-18G Growler

Boeing EA-18G Growler adalah sebuah pesawat tempur elektronik berbasis kapal induk milik Amerika Serikat. Diketahui bahwa pesawat ini menggantikan Northrop Grumman EA-6B Prowlers yang sering digunakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat.

Kemampuan perang elektronik yang dimiliki oleh pesawat ini disediakan oleh Northrop Grumman, pesawat yang memiliki harga sekitar 1,3 triliun rupiah yang mulai diproduksi pada tahun 2007, dan memasuki layanan operasional pada akhir tahun 2009.

Diketahui, bahwa pesawat satu ini merupakan pesawat generasi terbaru dari F/A-18F Super Hornet yang memiliki keunggulan lebih ringan setelah di upgrade agar lebih unggul dalam peperangan elektronik.

Menurut sebuah laporan, pesawat ini dapat mengganggu radar pesawat musuh yang menyebabkan musuh terganggung jika berkomunikasi dengan rekan-rekannya. Kemampuan ini kemungkinan pesawat tersebut mampu melakukan gangguan pengawalan serta misi gangguan standart tradisional.

Untuk memberi jalur penerbangan yang lebih stabil untuk misi peperangan elektronik, Boeing mengubah fairing edge terdepan dan fairing engsel lipat sayap, dan menambahkan pagar sayap dan strip tripper aileron pada pesawat tersebut.

8. F-35 Lightning II

Lockheed Martin F-35 Lightning II adalah sebuah pesawat tempur multi-peran berteknologi siluman berkursi tunggal, bermesin tunggal dan mampu digunakan dalam segala cuaca.

Diketahui bahwa pesawat satu ini dimaksudkan untuk melakukan misi superioritas udara dan juga serangan. Selain itu, pesawat ini juga mampu memberikan peperangan elektronik dan kemampuan inteligen, pengawasan, serta pengintaian.

Baca Juga : Truk Paling Canggih Sekaligus Keren Yang Pernah Dibuat Oleh Manusia

Pesawatnya dibanderol dengan harga sekitar 1,67 triliun rupiah, ini merupakan hasil pengembangan dari pesawat pesawat X-35 dalam program Joint Strike Fighter. Tidak hanya itu, pesawat ini juga dikembangkan dan diproduksi oleh kedirgantaraan yang dipimpin oleh Lockheed Martin serta dua rekan utamanya, BAE Systems dan Northrop Grumman.

Diketahui bahwa psawat F-35 Lightning II adalah produk dari program Joint Strike Fighter yang merupakan penggabungan dari beberapa program pesawat tempur. Konsep Lockheed adalah membuat sebuah pesawat canard bermesin tunggal dengan berat kosong sekitar 24.000 atau sekitar 11.000 kg.

Harap Perhatiannya

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi postingan dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini. Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran Hak Cipta dari kami yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.

Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar