Kapal Laut Terbesar Di Dunia Yang Pernah Dibuat Manusia

Kapal Laut Terbesar termasuk moda transportasi yang paling tua di muka bumi, diperkirakan manusia telah mengarungi kelautan dengan kapal sejak tahun 3.000 SM. Namun tentu saja pada jaman dahulu bentuk kapal masih sangat sederhana, seperti kapal yang sangat sederhana yang terbuat hanya dari batang kayu saja.

Namun seiring kemajuan peradaban manusia, kapal pun mengalami perkembangan. Kini dengan semakin majunya teknologi, kapal pun semakin canggih dan berukuran raksasa. Banyak jenis kapal berukuran masif di dunia, dan salah satunya adalah Titanic yang dikenal sebagai kapal terkuat dimasanya dan pernah diklaim sebagai kapal terbesar yang pernah dibuat manusia.

Panjang kapal Titanic sendiri dari haluan hingga buritannya mencapai 269 meter dengan lebar 28 meter dan tinggi total dengan cerobongnya mencapai 53,3 meter. Sementara bobot mati kapal Titanic mencapai 52.010 ton. Namun lebih dari seabad telah berlalu dan perkembangan teknologi memampukan manusia untuk menciptakan sebuah Kapal Laut Terbesar Di Dunia yang lebih besar dibanding kapal Titanic, dari Kapal Pesiar, Kapal Tanker, dan hingga Kapal Kontainer.

Kapal Pengangkut Kapal Besar, Kapal Laut Terbesar Di Dunia Yang Pernah Dibuat Manusia

Dibawah ini sudah kami rangkum beberapa Gambar Kapal Laut Terbesar yang pernah ada dalam sejarah dunia, dimulai yang sudah tidak beroperasi kembali dan yang masih beroperasi hingga saat ini. Dengan begitu Anda dapat mengetahui semua nama dan jenis-jenis dari kapal laut tersebut.

1. Emma Maersk

Kapal Emma Maersk saat ini menjadi kapal terbesar ke-2 yang masih beroperasi. Emma Maersk adalah kapal kontainer pertama di kelas E delapan milik Grup A. P. Moller-Maersk. Diluncurkan pada tahun 2006, Emma Maersk adalah kapal kontainer terbesar yang pernah dibangun oleh manusia.

Dan pada tahun 2010, dia dan 7 kapal saudarinya juga menjadi kapal kontainer terpanjang yang pernah dibangun. Emma Maersk adalah kapal kontainer yang membawa kapal kontainer barang dari satu negara ke negara lain.

Kapasitas kapal ini mampu membawa sekitar 11.000 atau 14.770 TEU (twenty-foot equivalent unit) tergantung pada definisinya, dan panjang kapal ini adalah 397,71 meter.

2. Batillus

Batillus adalah supertanker yang dibangun pada tahun 1976 oleh Chantiers De L'Atlantique di Saint-Nazaire untuk cabang perusahaan minyak French branch of Shell Oil. Batillus bersama dengan saudari-saudarinya yaitu Bellamya, Pierre Guillaumat, dan Prairial adalah kapal terbesar di dunia yang ukurannya hanya mampu dilampaui oleh Seawise Giant yang dibangun pada tahun 1976 dan diperpanjang pada tahun 1981.

Baca Juga : Bocah Paling Berbahaya Di Dunia

Meskipun empat kapal dari kelas Batillus memiliki tonase kotor yang lebih besar. Dengan kapasitas bobot mati hampir 554.000 ton, kapal ini berkemampuan mengarungi lautan dengan kecepatan 16 sampai dengan 17 knot. Dan dengan panjang 414,25 meter, Batillus adalah kapal terbesar ke-4 yang pernah dibuat.

Kapal ini melakukan perjalanan terakhirnya pada tanggal 28 Desember 1985 dari Vestnes ke Kaoshiung (Taiwan).

3. Pierre Guilaumat

Pierre Guilaumat adalah kapal terbesar ke-3 yang pernah dibangun dalam sejarah dunia. Nama kapal ini diambil dari nama politisi Prancis dan pendiri industri minyak Elf Aquitaine. Pierre Guilaumat tergolong supertanker yang dibangun pada tahun 1977 oleh Chantiers De L'Atlantique di Saint-Nazaire untuk Compagnie Nationale de Navigation.

Kapal ini hanya beroperasi selama 6 tahun sebelum akhirnya dihentikan akibat operasionalnya karena profitnya yang minim, dan menurunnya permintaan orderan. Dikarenakan proporsinya yang sangat besar, kegunaan dari Pierre Guilaumat sangat terbatas.

Kapal ini tidak bisa melewati terusan Panama atau terusan Suez, karena rancangannya supermasif hanya sedikit pelabuhan di dunia yang bisa kapal ini masuki. Sehingga Pierre Guilaumat hanya bisa tertambat dilepas pantai dan terminal minyak seperti Antifer, dan setelah lepas muatan untuk mengurangi ukuran dan bebannya di Europoort.

Tonase bobot mati Pierre Guilaumat mencapai hampir 550.000 ton dengan kecepatan hampir 16 knot. Sama sepertinya saudaranya kapal Batillus, panjang kapal supertanker Pierre Guilaumat mencapai 414,22 meter.

4. Seawise Giant

Kapal Mont sebelumnya dikenal dengan nama Oppama, Knock Nevis, Jahre Viking, Happy Giant, dan terakhir dinamai Seawise Giant yang merupakan supertanker ULCC. Kapal Seawise Giant menjadi kapal terpanjang dan terbesar berdasarkan tonase bobot matinya setelah dilakukan pemanjangan.

Seawise Giant juga dijuluki Queen of Oceans and Rivers, kapal ini sendiri dibuat pada tahun 1979 oleh Sumitomo Heavy Industries, Ltd digalangan kapal mereka di Jepang. Namun setelah perang Iran - Irak kapal ini dirusak oleh serangan angkatan udara sampai tenggelam dan dianggap benar-benar hilang ditelan lautan.

Baca Juga : Bukti Nyata Hiu Megalodon Masih Hidup

Namun puing-puing Seawisee Giant berhasil diselamatkan dan diperbaiki. Setelah perbaikan dia kembali bekerja dengan nama Happy Giant, kapal itu pun dijual ke pengepul kapal di India dan berganti nama menjadi Mont untuk perjalanan terakhirnya pada Desember 2009.

Setelah itu kapal ini dengan sengaja didamparkan di India untuk dibongkar. Seiring dengan predikat sebagai kapal terbesar di dunia saat itu, Seawise Giant juga memegang gelar sebagai kapal tanker minyak terbesar yang pernah dibuat oleh manusia.

5. Prelude FLNG

Prelude adalah kapal terbesar di dunia yang pernah dibangun sampai saat ini, namun kapalnya lebih panjang dari ukuran tinggi dari gedung Empire State Building di New York. Kapal ini diluncurkan di Korea Selatan pada Desember 2013 dengan panjang 488 meter dan lebar 74 meter.

Kapal ini merupakan tambang gas alam cair apung atau FLNG milik Shell, kapal FLNG Prelude ini juga adalah fasilitas terapung terbesar yang pernah dibangun oleh manusia, lebih dari 260.000 ton baja digunakan dalam konstruksinya. Saat beroperasi beratnya bisa mencapai lebih dari 600.000 ton, yaitu lebih dari lima kali lebih berat kapal induk terbesar yang pernah ada.

6. TI Oceania

Super TI kelas Oceania adalah salah satu kapal paling menarik pernah dibangun dengan kapasitas besar untuk memindahkan minyak mentah, mereka adalah empat supertanker berlipat ganda terbesar di dunia. Supertanker kelas TI Oceania ini juga termasuk kapal terbesar di dunia saat ini, kapal kontainer kelas Maersk Line lebih panjang tetapi kelas TI masih lebih besar dari hal tonase bobot mati dan tonase kotornya.

Baca Juga : Kecelakaan Di Taman Hiburan, Nyatanya Masih Kerap Terjadi Di Wahana Permainan

Tonase bobot mati TI Oceania adalah sekitar 444.000 ton bersama dengan kapasitas kecepatan antara 16 hingga 18 knot. TI Oceania adalah kapal induk yang sangat syarat dengan teknologi untuk mengatasi semua rintangan yang mungkin terjadi selama perjalanan. Dan panjang TI Oceania adalah 380 meter.

7. Blue Marlin

Blue Marlin adalah sebuah kapal yang tidak dibayangkan oleh manusia sebelumnya. Kapal yang pertama kali diluncurkan tahun 1999 ini merupakan kapal kargo raksasa terbesar di dunia saat diluncurkan perusahaan Dockwise Vanguard, yang bermarkas di Korea.

Kapal ini adalah sebuah kapal raksasa, kapal Blue Marlin mampu mengangkut 22 kapal dengan berat total 60.000 ton. Setiap barang yang dibawanya bukan barang-barang biasa, melainkan kapal, radar raksasa, tabung FLNG raksasa, kapal militer, kapal selam, bahkan tambang minyak lepas pantai yang luar biasa besarnya pun bisa diangkut oleh kapal Blue Marlin ini.

Rekor yang pernah diangkut oleh Blue Marlin adalah mengangkut tambang minyak lepas pantai seberat 60.000 ton lebih dari Korea menuju teluk Meksiko sejauh 25.800 KM. Ukuran Blue Marlin sendiri memiliki luas 2x lapangan sepakbola, dan kapal ini dilengkapi dengan mesin diesel berkemampuan 17.000 tenaga kuda dan mampu membuatnya berlayar dengan kecepatan 13 knot .

Walaupun ukurannya luar biasa besarnya, uniknya kapal ini hanya memiliki 24 kru untuk mengoperasikan kapal Blue Marlin.

8. Berge Emperor

Berge Emperor adalah kapal tanker minyak terbesar yang pernah dibangun pada tahun 1975 di Jepang oleh Mitsui pada 1975 di Jepang, dan merupakan salah satu kapal tanker minyak terbesar sepanjang masa.

Baca Juga : Mereka Mampu Membuktikan Sebuah Pembangunan Konstruksi Tercepat Sedunia

Diluncurkan pada 30 Agustus 1975, kapal ini memiliki berat 211.360 ton dengan panjang 381,82 meter. Kapal ini sebelumnya milik Bergesen d.y & co tetapi pada tahun 1985 kapal ini dijual kepada Maastow BV dan nama kapal kemudian diubah menjadi Berge Emperor.

9. Maersk MC-Kinney Moller

Maersk MC-Kinney Moller adalah kapal utama dan kapal kontaier Triple kelas E milik Maersk. Kapal ini memiliki kapasitas kargo terbesar di TEU dari setiap kapal yang belum dibangun dan merupakan kapal terpanjang dalam layanan diseluruh dunia pada tahun 2013.

Kapal ini dibangun untuk Maersk oleh Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) Korea Selatan dan mulai beroperasi pada tahun 2013, bersama kapal saudarinya Emma Maersk. Kapal Maersk MC-Kinney Moller adalah kapal kontainer operasional terbesar dan paling efisien di dunia pada tahun 2013.

Dengan total panjang mencapai 399 meter dan dengan kapasitas kargo 18.270 kontainer. Kapal ini memiliki kecepatan maksimum 23 knot.

10. Esso Atlantic

Selanjutnya adalah kapal Esso Atlantic, kapal ini merupakan salah satu nama paling populer dalam sejarah kapal-kapal raksasa dunia. Kapal ini memiliki panjang 406,57 meter dan memiliki kapasitas bobot mati yang luar biasa, yaitu 516.891 ton.

Esso Atlantic telah melayani dunia dengan tingkat layanan konsisten selama 35 tahun lamanya. Kapal ini merupakan kapal terbaik di dunia pada masanya. Esso Atlantic adalah kapal tanker minyak yang pada akhirnya dibesi tuakan sebagai scrap pada tahun 2002 di Pakistan.

Ternyata seiring berkembangnya jaman dan teknologi, manusia telah mampu menciptakan sebuah Kapal Laut Terbesar Dan Terpanjang Didunia yang pernah ada dalam sejarah perkapalan. Jika dibandingkan dengan kapal Titanic yang sempat terkenal dan mewah di masanya, kini kapal-kapal diatas jauh lebih menakjubkan dari pendahulunya.

Harap Perhatiannya

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi postingan dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini. Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran Hak Cipta dari kami yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.

Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar