Kisah Misteri dan Suara Magis di Tugu Lonceng Cilebut - Tips Tutorial Bersama

Kisah Misteri dan Suara Magis di Tugu Lonceng Cilebut

Sisa-sisa era penjajahan Belanda meninggalkan ribuan bangunan terbengkalai, bak menjadi penyintas zaman. Setiap bangunan khas kolonial tetap setia menggambarkan titik-titik kejayaan pada masa silam, adalah tugu lonceng salah satu bangunan khas bergaya eropa yang menjadi bukti kiprah Belanda di wilayah Bogor, Jawa Barat.

Meski bentuknya tak sempurna lagi bangunan ini seolah menjadi mesin waktu, perekaman kejadian-kejadian lampau yang dituturkan lewat beragam peristiwa mistis.

Tak tercerna akal sehat, memang bagaimana bisa dimalam tertentu terdengar gemuruh bunyi lonceng misterius, kehadiran kereta kuda serta tuan menirnya, hingga penampakan sosok perempuan merah tampak duduk di atas pilar tugu lonceng.

1. Peninggalan Situs Sejarah

Peninggalan sejarah di atas 50 tahun masuk dalam kategori dalam cagar budaya, tak salah jika kita menilik tugu lonceng, situs sekaligus ciri kawasan Cilebut ini. Menjadi salah satu peninggalan yang tak ternilai harganya.

Dahulu tugu lonceng divisualkan apik sebagai bangunan bercorak arsitektur Eropa, bangunan segi empat dengan empat pilar, dan genta (lonceng) besar menggantung di atasnya. Lewat tuturan lisan terdapat juga dua patung harimau yang ditempatkan di depan situs dengan tinggi 8 meter.

Baca Juga : 6 Lokasi Pembantaian Yang Pernah Terjadi Sepanjang Sejarah

Namun kini lonceng utama sekaligus dua patung harimau telah raib kemana rimbanya, meskipun banyak bagian tembok terkelupas, aura magis masih ketara. Bahkan konon ada residu energi harimau diseputar tugu lonceng masih abadi menggema.

2. Misteri Suara Lonceng

Tak banyak kisah lama yang dituturkan dari generasi ke genarasi, termasuk rupa lonceng dan bagaimana suara bunyinya. Namun, beberapa peristiwa ganjil sedikit memberi titik cerah tentang riwayat tugu lonceng.

Anehnya peristiwa magis yang terjadi di area tugu lonceng menggambarkan suasana lampau, suara derap langkah kaki kuda sering kali melintas pada malam-malam tertentu, khususnya pada malam jumat kliwon.

3. Riwayat Kebun Karet Cilebut

Kabupaten Bogor, khususnya kawasan Cilebut pada masa kemerdekaan merupakan salah satu basis perkebunan karet milik Belanda, tenaga kerja atau oleh warga setempat disebut penyadap karet diambil dari masyarakat setempat. Kala itu tugu lonceng menempati peran sentral guna akomodir tenaga kerja karet, dikisahkan suaranya mampu jauh menggema hingga ratusan meter.

4. Sosok Wanita Berbaju Merah

Rapatnya intensitas peristiwa mistis seputar tugu lonceng bukanlah menjadi rahasia umum, konon ada satu sosok noni berbaju merah yang mengusik penasaran, berparas cantik namun berkesan jahil.

Tak segan-segan kejahilan sosok noni cantik berbaju merah tersebut terbilang ekstrim, konon jika merasa terusik akan mengikuti sampai ke teras rumah.

Baca Juga : 6 Jalan Berbahaya Peminta Tumbal Nyawa

Demikianlah misteri suara tugu lonceng Cilebut, diharapkan kita dapat berpikir bijak dalam memaknai warisan sejarah.

Bagikan artikel ini

Anda diperbolehkan untuk menyalin artikel yang ada diblog ini dengan syarat menyertakan link sumber. Jadi blog Anda tidak akan dihapus, deindex, dan adsense Anda juga tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya. Terimakasih banyak atas kerja samanya.