Teknologi Ini Bisa Membuat Mamang Kuli Gigit Jari - Tips Tutorial Bersama

Teknologi Ini Bisa Membuat Mamang Kuli Gigit Jari

Perkembangan teknologi tidak hanya selalu di bidang elektronik seperti ponsel pintar, ternyata industri konstruksi juga mengalami perubahan yang cukup pesat. Banyak penemuan yang membantu manusia untuk melakukan banyak pembangunan.

1. Bikin Rel Kereta Jaman Sekarang Gak Pake Tumbal

Ada yang pernah menghitung ada berapa jarak rel yang dibuat untuk kereta api..?? Jawabannya pasti relatif jauh dan panjang hingga mencapai ratusan kilometer. Bahkan kereta dengan jarak tempuh terjauh dimiliki oleh Rusia dengan kereta Siberian Express harus menempuh jarak hingga 9.289 kilometer.

Bayangkan bagaimana rumitnya jumlah orang yang dibutuhkan untuk proses pembangunan tersebut. Namun seiring perkembangan jaman sudah bisa membuat segalanya menjadi lebih mudah, jika dulu perbaikan rel kereta membutuhkan banyak orang untuk menggali dan mengangkat beton, sekarang semua sudah dapat dikerjakan sekaligus oleh sebuah alat berat.

Baca Juga : Seperti Inilah Cara Menghancurkan Kendaraan Atau Bangunan Yang Sudah Tak Layak Pakai

Kalau dulunya butuh ratusan pekerja dan bahkan banting tulang hingga hilang nyawa, jaman sekarang tidak seperti itu. Pekerja dan teknisi dipangkas dan ditugaskan hanya untuk mengatur dan memperhatikan alat tersebut bekerja. Dengan begitu proses pembangunan rel kereta api akan menjadi sangat cepat terselesaikan.

2. Gak Cuma Dokumen, Paving Block Juga Bisa Di Print!

Di beberapa daerah paving block sering digunakan untuk menutupi permukaan lahan selain beton dan aspal. Penggunaan paving block dapat menghindari munculnya genangan air, karena air akan terserap ke dalam tanah.

Dulu pemasangan paving block harus menggunakan tenaga manusia yang terampil, karena harus diukur agar lurus dan menyusun satu per satu block sampai jadi. Kini telah terlahir sebuah mesin besar yang dengan ringkas dapat menyusun paving block dengat sangat rapih.

Bahkan alat ini hanya membutuhkan satu orang sebagai pengendali sebuah truk besar, satu orang untuk memasukkan paving block dengan menggunakan eskavator dan beberapa orang untuk menyusun paving block di bagian belakang truk.

Setelahnya mesin ini akan memadatkan block di permukaan tanah, persis seperti ketika sedang mencetak gambar di kertas.

3. Menghancurkan Jalan Gak Perlu Pake Palu Lagi Gais

Pembangunan ulang dan perbaikan jalan beton rutin dilakukan untuk mencegah permukaan tanah yang sudah amblas. Biasanya penghancuran permukaan jalan tersebut menggunakan jackhammer atau palu pemukul.

Sayangnya palu pemukul ini hanya memiliki jangkauan sempit sehingga proses penghancuran jalan membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka pada jaman now telah dikembangkan sebuah alat yang dapat menghancurkan permukaan jalan dengan jangkauan yang lebih luas.

Alat tersebut seperti sebuah traktor, namun traktor tersebut telah dimodifikasi dan memiliki sebuah palu-palu besar di bagian belakang yang akan menghancurkan permukaan jalan yang dilewati oleh traktor tersebut.

Hanya dengan sekali bergerak permukaan tanah sudah hancur dan siap untuk dibangun ulang, tidak hanya menghancurkan permukaan aspal dan beton, maka secara tidak langsung alat ini juga berguna untuk memadatkan permukaan tanah.

4. Tak Perlu Panas-Panasan, Alat Ini Mempermudah Pengaspalan Jalan

Mungkin Anda pernah melihat orang di tengah jalan mengerok-ngerok aspal ketika masih panas, itulah cara manual untuk melapisi jalan dengan aspal secara manual. Para pekerja tersebut harus kuat menahan panasnya aspal ditambah panasnya matahari, pastinya cukup menyiksa sekali kan..!!

Kini telah hadir sebuah kendaraan berat yang memiliki banyak fungsi, cairan aspal dan batu kecil sudah dicampur dengan rata di dalam kendaraan tersebut sehingga batu aspal akan langsung melapisi jalan dengan komposisi yang tepat.

Kendaraan berikut ini, truk yang memiliki lebar hingga 18 meter ini mampu menghasilkan ketebalan aspal padat hingga 50 cm. Jika biasanya truk pemadat jalan perlu bolak-balik untuk menghasilkan aspal yang tebal, maka dengan kendaraan ini dapat mempermudahnya hanya dengan sekali jalan saja.

Selain mengeluarkan aspal jadi, truk besar ini juga mampu memadatkan aspal ke atas permukaan tanah yang dilapis. Ada beberapa palu-palu kecil yang dapat memadatkan aspal begitu langsung jatuh ke tanah.

5. Robot Penyusun Batu Bata

Sebuah robot yang disebut dengan Brick Laying Robot diklaim mampu membangun hingga 300 rumah dalam waktu satu tahun. Robot ini bekerja meletakan dan menyusun bata untuk membangun dinding sebuah rumah, teknisi hanya perlu memasukkan sejumlah bata yang diperlukan ke dalam tubuh robot.

Baca Juga : Dahsyatnya, Sebuah Teror Gempa Yang Pernah Terjadi Dalam 15 Tahun Terakhir

Selanjutnya teknisi tinggal memantau dan mengawasi robot ketika robot sedang bekerja. Semua pekerjaan yang dilakukan oleh robot pintar ini sesuai dengan rancangan 3D yang sebelumnya sudah di program oleh arsitek bangunan, ketika dinding bangunan sudah berdiri kokoh para pekerja bangunan tinggal membereskan sisanya hingga rumah siap dihuni.

6. Rumah Jaman Sekarang Ternyata Bisa Dicetak Tiga Dimensi!

Mesin printer yang dulu hanya bisa mencetak gambar atau tulisan ke selembar kertas, sekarang sudah bisa mencetak ke dalam bentuk 3D. Dan seiring perkembangan teknologi tidak hanya benda kecil yang bisa di cetak dengan mesin printer 3D, namun juga sebuah rumah.

Sebuah perusahaan pengembang printer 3D berhasil membuat mesin untuk membangun struktur dasar dari sebuah berukuran 38 M2. Rumah yang dibangun dalam bentuk melingkar ini dapat dihuni oleh beberapa orang dengan interior yang sederhana.

Menurut klaim dari pengembang mereka mampu membangun rumah dalam waktu 24 jam. Alat itu bekerja dengan cara berputar untuk mengeluarkan lapisan demi lapisan semen sebagai struktur dasar bangunan saja. Pembangunan lain seperti jendela, pintu, dan pengecetan tetap harus dikerjakan dengan tenaga manusia.

Pembangunan lain juga dilakukan di New York, rumah seluas 75 M2 tesebut mampu dibangun dalam waktu kurang dari 24 jam dan di desain tahan dengan cuaca yang kering. Rumah tersebut memiliki ruang tamu, 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan ruangan untuk bekerja.

Bagikan artikel ini

Anda diperbolehkan untuk menyalin artikel yang ada diblog ini dengan syarat menyertakan link sumber. Jadi blog Anda tidak akan dihapus, deindex, dan adsense Anda juga tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya. Terimakasih banyak atas kerja samanya.