Cara Membersihkan Speaker HP Dengan Tepat Tanpa Membongkar - Tips Tutorial Bersama /* Label Tag */

Cara Membersihkan Speaker HP Dengan Tepat Tanpa Membongkar

Apakah diantara kalian semua ada yang ingin mengetahui Cara Bersihkan Speaker HP agar suara yang dikeluarkan menjadi lebih jernih. Seperti yang kita ketahui bahwa speaker yang terdapat pada handphone merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Tanpa adanya speaker tersebut penggunanya tidak dapat melakukan panggilan suara atau mendengarkan musik.

Hal itulah yang menjadikan speaker hp menjadi bagian terpenting dalam suatu ponsel, terutama pada ponsel seperti smartphone. Apakah salah satu dari teman-teman ada yang mengalami masalah seperti speaker tersebut atau hanya ingin sekedar membersihkannya saja? Tenang saja disini saya akan membagikan beberapa tips untuk membersihkan speaker hp tanpa harus membongkarnya.

Salah satu penyebab mengapa suara speaker pada hp tidak keluar secara normal pada umumnya, biasanya disebabkan oleh faktor debu. Debu yang sudah menempel terlalu banyak pada lubang speaker akan membuat suaranya tidak bersih seperti sebelumnya. Selain debu, ada beberapa penyebab lainnya yang mengakibatkan speaker menjadi tidak dalam kondisi baik.

Hal yang paling sering dilakukan oleh seseorang adalah ia sembarangan meletakan ponsel di tempat yang tidak bersih, hal inilah salah satu yang menjadi pemicu speaker ponsel menjadi kotor karena debu. Bagi kalian yang ingin mencoba membersihkan speaker hp yang kotor akibat berdebu, kalian harus melakukannya secara hati-hati. Jika tidak, maka akan memperburuk kondisinya.

Tapi kalian tenang saja, karena di bawah ini saya akan membagikan beberapa tips yang aman dilakukan dan tidak akan menyebabkan ponsel mengalami kerusakan apapun. Ingin tahu seperti apa saja tips tersebut, berikut Cara Membersihkan Speaker HP dengan benar dan tanpa membongkar body pada ponsel tersebut.

Cara Membersihkan Speaker HP Yang Sudah Berdebu

Beberapa tips di bawah ini akan sangat berguna sekali bagi kalian yang ingin mencobanya, terutama pada setiap pengguna ponsel Android Samsung. Untuk dapat membersihkan ponsel Samsung ada banyak cara yang dapat dilakukan, kalian harus mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian apa saja yang ingin dibersihkan.

Cara Membersihkan HP Samsung yang terjadi pada kasus di atas dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini. Bahan-bahan yang diperlukan juga dapat dengan mudah didapatkan dan Anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Anda bisa mendapatkannya di warung-warung dekat rumah dengan harga yang terjangkau.

Tetapi ada juga media yang tidak semuanya orang miliki. Selain itu alat tersebut juga cukup mahal, namun memiliki manfaat lainnya untuk keperluan rumah tangga. Alat tersebut bernama penyedot debu, dengan menggunakan penyedot debu ini juga dapat membantu untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada bagian speaker.

Tetapi untuk hal tersebut tidak akan saya rekomendasikan, karena harganya yang mahal dan belum tentu semua orang mampu untuk membelinya, selain itu ukurannya yang juga terlalu besar. Oke, langsung saja kita mulai intip ke TKP dan lihat apa saja yang dapat dilakukan untuk membersihkan speaker hp yang terkena banyak debu.

1. Menggunakan Cotton Buds

Cotton Buds yang biasanya untuk membersihkan kotoran yang terdapat pada telinga manusia, tetapi juga bisa digunakan untuk membersihkan lubang speaker pada hp Android. Cara yang pertama ini sangatlah mudah sekali dilakukannya, Anda juga bisa mendapatkan Cotton Buds dengan mudah dan tersedia di warung-warung dekat rumah.

Untuk membersihkan spekaer hp dengan menggunakan metode seperti ini sangatlah sederhana sekali, mungkin diantara kalian tidak ada yang berpikiran ingin menggunakan cara seperti ini. Proses pembersihannya pun cukup melepaskan bagian kapasnya dan tempelkan pada ujung jarum atau peniti.

Pada bagian ujung jarum yang sudah ditempelkan kapas Cotton Buds tersebut tinggal kamu masukkan saja ke bagian lubang speaker dan lakukan secara hati-hati agar kapas tidak tertinggal di dalam speaker. Saya sarankan untuk melakukannya dengan hati-hati dan teliti. Atau jika Anda tidak ingin mengambil resiko dengan cara tersebut, Anda bisa menggunakan kapas langsung dari Cotton Budsnya.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menggosokan Cotton Buds ke bagian speaker dan usap Cotton Buds tersebut sampai debu-debu yang menempel di ponsel hilang atau bersih. Sebagian Cotton Buds ada juga yang memiliki batang kapas yang kecil dan tipis yang memungkinkan untuk masuk ke dalam lubang speaker hp tersebut. Jika Anda menemukan yang seperti itu, Anda bisa langsung membersihkannya.

2. Menggunakan Solasi Atau Selotip

Untuk cara selanjutnya Anda juga bisa menggunakan solasi atau selotip. Metode yang kedua ini juga dapat dengan mudah dilakukannya dan Anda pun bisa mendapatkannya di warung dekat rumah. Untuk cara melakukannya Anda cukup menempelkan bagian selotip ke lubang speaker, nantinya debu-debu yang menempel disekitar speaker akan langsung terangkat oleh selotip tersebut.

Perlu kalian perhatikan sebelum mulai melepaskan selotip tersebut. Harap untuk melepasnya lakukan dengan perlahan-lahan, agar sisa-sisa lem dari selotip tersebut tidak menempel pada bagian ponsel. Jika tidak, maka sisa lem dari solasi tersebut akan tertinggal di sekitar lubang speaker. Hal ini nantinya akan membuat debu-debu yang menempel pada bagian tersebut akan semakin sulit untuk dibersihkan.

3. Jangan Menggunakan Kompresor Untuk Membersihkannya

Sebagian besar dari pengguna Smartphone Android mungkin ada yang berpikir dengan menggunakan tekanan udara yang dihasilkan dari kompresor akan jauh lebih cepat untuk menghilangkan debu-debu. Tapi kenyataannya tidak demikian, karena udara yang dikeluarkan dari kompresor akan menghasilkan tekanan udara yang tinggi dan bisa menyebabkan komponen di dalamnya akan menjadi bermasalah.

Tidak hanya itu saja, melainkan tekanan udara yang dihasilkan oleh kompresor akan menyebabkan efek panas. Jika suhu panas tersebut mengenai speaker hp, maka bisa-bisa komponen di dalamnya akan menjadi rusak parah. Maka sebab dari itu saya sarankan jangan coba-coba membersihkan lubang speaker hp dengan menggunakan kompresor.

4. Menggunakan Jarum

Jarum selain berguna untuk mengeluarkan simcard pada handphone, tapi juga dapat berguna untuk membersihkan speaker hp. Cara penggunaannya pun sangat mudah dan tidak terlalu rumit. Untuk membersihkannya dengan benar menggunakan jarum, Anda cukup memasukan jarum tersebut ke dalam lubang speaker.

Akan tetapi Anda harus melakukannya secara perlahan-lahan dan berhati-hati. Jika tidak, salah-salah malah jarum tersebut bukannya untuk membersihkan debu malah menusuk bagian dalam dari speaker tersebut. Maka dari itu sebaiknya lakukan dengan menggunakan perasaan dan jangan tergesa-gesa.

5. Menggunakan Kain Atau Tisu

Cara terakhir yaitu menggunakan kain atau tisu untuk dapat membersihkannya. Seperti yang diketahui bahwa sekarang ini sudah banyak ponsel yang menggunakan baterai tanam, yang berarti kalian tidak dapat membuka casing bagian belakang secara bebas. Walaupun demikian, bukan berarti tidak dapat membersihkannya.

Untuk dapat membersihkan debu-debu yang ada di dalam lubang speaker hp, caranya hampir sama seperti langkah nomer 1. Hanya saja disini Anda akan menggunakan tusuk gigi. Pada bagian ujung tusuk gigi tersebut kamu balutkan dengan tisu dan masukan ke dalam speaker untuk mulai membersihkannya. Perlu diingat, lakukan secara perlahan-lahan agar tidak menusuk komponen di dalamnya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Membersihkan HP terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan tanpa harus membongkar ponsel. Akan tetapi dari semua cara yang telah disebutkan di atas, salah satunya ada yang cukup berbahaya untuk komponen speaker bagian dalamnya. Tapi, jika kalian mengerjakannya secara hati-hati dan perlahan-lahan, semuanya dapat dibersihkan dengan cara-cara di atas.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda