Cara Flash Realme C2 RMX1941 Via Flash Tool Dan ColorOS - Tips Tutorial Bersama /* Label Tag */

Cara Flash Realme C2 RMX1941 Via Flash Tool Dan ColorOS

Flash Realme C2

Flash Realme C2 adalah sebuah langkah yang biasa dilakukan oleh tukang service hp di konter untuk memperbaiki ponsel Android yang mengalami permasalahan atau error pada sistem. Biasanya masalah tersebut terjadi karena ponsel dalam keadaan bootloop, ngehang, restart terus menerus, lupa pola kunci layar, stuck logo, dan lain sebagainya. Maka sebab dari itu biasanya para teknisi menggunakan cara flash ulang pada ponsel Android tersebut.

Sebenarnya untuk dapat melakukan flashing pada smartphone Realme C2 terdapat dua metode yang dapat dilakukan. Kedua metode tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan PC atau tanpa PC. Cara yang paling mudah untuk menginstal ulang ponsel yang mengalami kerusakan pada sistem, yaitu dengan menggunakan yang tanpa PC. Namun dalam langkah tersebut terdapat kekurangannya, yaitu ponsel tidak secara keseluruhan di install ulang.

Sedangkan untuk menginstal ulang Realme C2 secara menyeluruh harus dengan menggunakan PC atau laptop. Hanya saja untuk cara ini langkah-langkahnya sedikit rumit, mungkin bagi kamu yang baru pertama kali mencoba flashing Realme C2 menggunakan cara ini akan mengalami sedikit kesulitan selama proses tersebut. Tapi tenang saja, di sini kami akan membantu kamu untuk melakukan proses tersebut dengan detail.

Cara Flashing Realme C2 Dengan Lengkap

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya di atas mengenai Flash Realme C2 RMX1941. Bagi kamu yang saat ini sedang mengalami kesulitan dalam memperbaiki ponsel Android yang mengalami bootloop atau semacamnya, kamu dapat mengikuti tutorial yang akan kami berikan di bawah ini. Melalui artikel ini kami akan menjelaskan tentang menggunakan Flash Tool dan ColorOS recovery bawaan.

Bagi kamu yang belum mengetahui apa-apa tentang flash, sebelum memulainya kami sarankan untuk backup data terlebih dahulu. Karena setiap proses flashing ini berjalan akan menghapus seluruh data yang tersimpan di dalam penyimpanan internal, termasuk semua aplikasi yang sudah kamu download sebelumnya. Itu pun jika ponsel kamu masih bisa masuk ke dalam menunya, tetapi jika sebaliknya, maka ikhlaskan saja data-data tersebut.

Di bawah ini kami akan menjelaskan dua langkah yang berbeda untuk proses cara flash Realme C2, yaitu dengan menggunakan bantuan software yang bernama Flash Tool dan recovery bawaan ColorOS. Selanjutnya kamu sendiri yang memutuskan ingin menggunakan cara yang mana. Sekarang mari kita mulai dengan menggunakan cara yang termudah dahulu, kemudian cara yang paling sulit.

Cara Flashing Realme C2 Via ColorOS

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan Download Firmware Realme C2 via ColorOS terlebih dahulu.
  2. Jika proses downloadnya sudah selesai, kemudian extract file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya pindahkan file hasil extract tersebut ke dalam memori internal atau eksternal ponsel kamu.
  4. Jika sudah, kemudian matikan ponsel Realme C2 kamu sampai dalam keadaan benar-benar mati.
  5. Kemudian pada langkah selanjutnya tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan.
  6. Maka selanjutnya kamu akan masuk ke dalam mode recovery.
  7. Pada menu recovery tersebut, selanjutnya pilih bahasa yang ingin digunakan. Kami sarankan untuk menggunakan bahasa English agar lebih mudah dimengerti.
  8. Kemudian pada layar berikutnya pilih Install update from storage device.
  9. Selanjutnya cari file firmware yang tadi sudah kamu pindahkan ke dalam penyimpanan internal atau eksternal.
  10. Maka selanjutnya proses flashing akan berjalan secara otomatis.
  11. Pada tahap ini kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit sampai prosesnya selesai.
  12. Jika prosesnya sudah selesai, maka kamu akan melihat pesan yang bertuliskan Succes.
  13. Kemudian kembali ke menu utama dari ColosOS tersebut dan pilih Reboot.
  14. Kemudian kamu tunggu lagi sampai ponsel benar-benar menyala kembali.
  15. Jika ponsel sudah berhasil menyala lagi, kemudian kamu lakukan aktivasi saja sampai selesai.
  16. Selesai.

Read Me: Perlu kalian ketahui bahwa dengan menggunakan langkah ini pada sebagian kasus ada yang meminta kunci ponsel baik itu berupa pola atau passcode sebelum memulai proses flashing tersebut. Namun jika kamu tidak mengetahuinya, maka cara ini tidak dapat dilakukan. Solusi satu-satunya yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan cara via Flash Tool.

Cara Flashing Realme C2 Via Flash Tool

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan Download Firmware Realme C2 via Flash Tool terlebih dahulu.
  2. Jangan lupa untuk Download Realme USB Driver juga.
  3. Jika semua file tersebut sudah berhasil kamu download semua, kemudian extract file Firmware dan USB Driver tersebut di PC kamu.
  4. Kemudian install Realme USB Driver terlebih dahulu di PC yang akan kamu gunakan untuk proses flashing ini.
  5. Jika semua hal di atas sudah berhasil kamu kerjakan semuanya, kemudian pada langkah selanjutnya dengan mematikan ponsel Realme C2 sampai dalam keadaan benar-benar mati.
  6. Selanjutnya tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan, maka ponsel akan masuk ke dalam mode fastboot.
  7. Selanjutnya hubungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  8. Maka selanjutnya kamu tunggu saja sampai driver ponsel selesai terinstal di PC.
  9. Langkah selanjutnya adalah dengan membuka folder hasil extract firmware yang tadi sudah kamu download.
  10. Kemudian jalankan file flash.bat dengan cara klik kanan >> Run as administrator.
  11. Maka selanjutnya kamu akan melihat layar Command Prompt atau CMD pada layar komputer.
  12. Selanjutnya ketik Y pada layar CMD tersebut dan tekan enter sampai prosesnya selesai.
  13. Jika prosesnya sudah selesai, maka kamu akan melihat pertanyaan Do you want to wipe all the data pada layar CMD tersebut, kemudian ketik Y dan tekan enter.
  14. Maka selanjutnya proses flashing pada Realme C2 akan langsung berjalan secara otomatis.
  15. Kemudian kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  16. Selesai.

Read Me: Selama proses flashing sedang berlangsung, kami sarankan jangan menyentuh ponsel atau PC. Hal tersebut dapat mencegah terjadinya terputus sambungan antara ponsel dan komputer.

Sampai di sini kamu telah berhasil melakukan flashing pada ponsel Realme C2 dengan menggunakan dua metode yang berbeda, yaitu via ColorOS dan Command Prompt. Selanjutnya kamu tinggal melakukan langkah aktivasi ponsel seperti ketika pertama kali kamu membelinya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk mengatasi ponsel Android yang sedang mengalami kerusakan pada sistem, kamu bisa menggunakan Cara Flash Realme C2 untuk dapat memperbaiki masalah tersebut. Karena langkah flash ini akan menggantikan stock rom yang lama dengan firmware yang baru. Dengan begitu semua penyakit yang terdapat pada ponsel Android dapat teratasi semuanya.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sebelum kamu meninggalkan halaman ini mohon untuk meninggalkan jejak dengan memberikan komentar di bawah ini, agar pengunjung yang lain dapat mengetahui informasi selanjutnya yang telah kamu dapatkan di sini.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda