Cara Install TWRP Samsung J2 SM-J200G Versi Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Selasa, 21 September 2021

Cara Install TWRP Samsung J2 SM-J200G Versi Terbaru

TWRP Samsung J200G

TWRP Samsung J200G merupakan sebuah fitur atau tool yang dapat digunakan oleh penggunanya untuk menginstal berbagai file zip. File zip tersebut biasanya meliputi Custom ROM, Magisk, SuperSU, Module, atau lain sebagainya. Maka sebab dari itu Custom Recovery TWRP pada Samsung Galaxy J2 sangat berguna sekali.

Tanpa adanya hal tersebut, maka penggunanya tidak dapat melakukan proses modifikasi pada ponselnya ini. Sebenarnya untuk dapat memasang TWRP pada ponsel Android dapat dilakukan dengan berbagai langkah yang berbeda, seperti melalui PC atau tanpa PC. Akan tetapi sebagian besar caranya harus menggunakan komputer atau laptop.

Selain itu, setiap merk ponsel Android yang ingin dipasang Custom Recovery TWRP berbeda-beda disetiap tipe ponselnya. Namun pada ponsel Samsung J2 ini mengharuskan menggunakan PC, karena akan memerlukan aplikasi yang bernama Odin yang hanya bisa dijalankan diperangkat Windows maupun Mac OS X.

Bagi teman-teman yang saat ini ingin melakukan proses instalasi atau pemasangan TWRP pada ponsel Samsung SM-J200G, maka kamu dapat melihat caranya melalui langkah-langkah yang telah saya sediakan di bawah ini. Namun sebelum kamu memulainya, perlu diketahui terlebih dahulu risiko sebelum atau setelah prosesnya berhasil.

Risiko Memasang Custom Recovery Pada Samsung Galaxy J2

Setiap hal yang dilakukan oleh seseorang dalam berbagai kepentingan, pasti ada sebab akibatnya. Tidak terkecuali dalam kasus seperti sekarang ini yang hendak memasang Custom Recovery pada ponselnya. Jika kamu berpikiran tidak akan mengalami masalah setelah pemasangannya berhasil, kamu salah besar.

Kenyataannya ada segelintir orang yang menemukan masalah setelah kejadian tersebut. Memang benar, jika kita mempunyai Mode Recovery yang sudah di modifikasi, maka akan terdapat beberapa keuntungan yang akan didapatkan. Tetapi, dibalik semua hal manis itu juga terdapat kekurangannya.

Ingin tahu seperti apa risiko yang akan di dapatkan nantinya? Risiko yang akan kamu alami jika ingin memasang TWRP pada ponsel Samsung J2 ialah garansi resminya akan hilang. Tetapi ada satu hal baiknya lagi yang harus kamu ketahui, bahwa jika mengalami kegagalan saat prosesnya berlangsung, tidak akan terjadi hal-hal buruk pada ponsel kamu.

Itu saja sih menurut pendapat saya pribadi mengenai risiko dari TWRP. Mungkin sebagian besar ada yang berpendapat berbeda dari saya ini. Apakah kamu sudah siap ingin memasang Custom Recovery pada ponsel kamu ini? Jika iya, maka kamu harus Download TWRP Samsung J200G terlebih dahulu melalui link yang telah saya sediakan di bawah.

Download TWRP Samsung Galaxy J2

Setelah kamu sudah mempersiapkan akan semua risiko yang akan didapatkan nantinya, maka sekarang kamu sudah bisa mendownload file TWRP untuk ponsel Samsung J2 SM-J200G. Selain itu, kamu juga harus download bahan-bahan lainnya yang akan diperlukan untuk proses pemasangan Custom Recovery tersebut.

File Name Link Download
Odin3_v3.12.3 1fichier
SAMSUNG_USB_Driver_v1.7.23.0 1fichier
twrp-3.2.1-0-j2lte.img.tar 1fichier
twrp-3.2.1-0-j2lte.img 1fichier

Setelah semua bahan-bahan di atas sudah kamu download semuanya, sekarang kamu sudah bisa melanjutkan ke langkah instalasi TWRP Samsung J2. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui step di bawah ini. Pastikan untuk mengikuti setiap langkah demi langkah yang sudah saya instruksikan tersebut, jika kamu tidak ingin mengalami kegagalan.

Cara Install Recovery TWRP Samsung Galaxy J2

Setelah semua bahan-bahan di atas sudah kamu download semuanya, selanjutnya tinggal melakukan pemasangannya saja. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui daftar di bawah ini. Pastikan untuk mengikuti setiap instruksi yang telah saya berikan, jika kamu ingin berhasil melakukannya.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Jika proses downloadnya sudah selesai semuanya, selanjutnya extract semua file tersebut menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya Install Samsung USB Driver di komputer atau laptop kalian.
  4. Kemudian aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging melalui Opsi Pengembang.
  5. Kemudian matikan ponsel Samsung J2 kamu sampai kedalam posisi mati atau off.
  6. Kemudian tekan dan tahan tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersamaan sampai masuk ke dalam Mode Download, selanjutnya tekan tombol Volume Atas untuk melanjutkannya.
  7. Kemudian jalankan aplikasi Odin3_v3.12.3 dengan cara Run as administrator.
  8. Kemudian sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  9. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai Odin berhasil mendeteksi ponsel. Jika sudah berhasil terdeteksi di Odin lihat pada bagian ID:COM, maka akan muncul tulisan 0:[COMxxx]. Jika tidak muncul, coba kamu install lagi Driver USB Samsung dengan versi yang lainnya.
  10. Kemudian klik pada tombol AP dan cari file twrp-3.2.1-0-j2lte.img.tar.
  11. Jika sudah, kemudian klik pada tombol Start untuk memulai proses pemasangan TWRP.
  12. Selanjutnya tinggal kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai.
  13. Jika prosesnya sudah selesai dan berhasil, maka kamu akan melihat pesan yang bertuliskan PASS dengan warna hijau.
  14. Selesai.

Sampai disini kamu telah berhasil memasang Custom Recovery TWRP pada Samsung Galaxy J2 SM-J200G. Selanjutnya tinggal kamu test saja untuk masuk ke dalam Mode Recovery TWRP. Untuk dapat melakukannya matikan terlebih dahulu ponselnya, kemudian tekan dan tahan tombol Power + Home + Volume Atas secara bersamaan,

Jika kamu hendak melakukan proses Root Samsung J200G, maka sekarang teman-teman sudah bisa melakukannya. Karena proses root tersebut memang syarat utamanya adalah wajib menginstal TWRP terlebih dahulu di ponsel tersebut.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk bisa Install TWRP Samsung J200G memang harus menggunakan aplikasi yang bernama Odin dan wajib menggunakan PC atau laptop. Namun jika kamu tidak mempunyai PC, maka kamu bisa menggunakan aplikasi yang bernama Official TWRP App yang dapat di download secara gratis di Play Store.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sebelum kamu meninggalkan halaman ini mohon untuk meninggalkan jejak dengan memberikan komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: