Cara Install Vivo USB Driver Versi Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 21 Oktober 2021

Cara Install Vivo USB Driver Versi Terbaru

Vivo USB Driver merupakan sebuah perangkat lunak agar dapat terdeteksi di PC Windows, disini kamu dapat download driver tersebut secara gratis.

Vivo USB Driver biasanya digunakan agar ponsel bisa terdeteksi di perangkat PC atau laptop. Oleh karena itu perangkat lunak yang satu ini sangat penting sekali bagi setiap pengguna ponsel Vivo.

Tanpa adanya software ini, maka seseorang tidak dapat memindahkan file apapun yang terdapat di komputer Windows ke perangkat smartphone. Maka dari itu melalui artikel ini, disini saya akan membagikan file drivers for your Vivo.

Namun sebelum kamu mulai mendownload dan menginstalnya di perangkat Windows PC ataupun laptop, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu mengenai manfaat dan kegunaan dari USB Driver tersebut.

Hal tersebut agar teman-teman dapat lebih memahaminya lagi lebih jauh. Oleh karena itu, disini akan saya berikan sedikit penjelasan terkait USB Driver untuk PC or laptop. Untuk lebih jelasnya lagi, dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

Apa Itu USB Driver?

USB Driver adalah sebuah komponen atau perangkat lunak yang dirancang oleh developer untuk membantu penggunanya agar dapat ponselnya terdeteksi di komputer, terutama untuk Vivo device.

Selain itu USB Driver ini juga berbeda dengan halnya drive USB, dimana drive USB ini akan menampilkan semua data penyimpanan di My Computer yang terdapat pada USB Flashdisk atau bisa juga pada ponsel smartphone.

Kedua hal tadi adalah bagian dari perbedaan penjelasan antara USB Driver dan Drive USB. Jadi teman-teman jangan sampai salah mengartikannya lagi ya.

Nah, untuk bisa mendapatkan USB Driver tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara yang berbeda, salah satunya bisa melalui download the official Vivo PC Suite. Itu jika kalian menggunakan ponsel jenis Vivo.

Karena dengan menginstal aplikasi Vivo PC Suite tersebut dapat sekaligus menginstall Vivo driver di PC. Dengan begitu semua operating system pada ponsel Android kamu akan langsung terbaca semuanya oleh PC.

Ada Dua Tipe Berbeda Dari USB Driver

Sebelum kamu memulai proses download Vivo USB Driver, kalian perlu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenisnya. Pada dasarnya setiap driver yang terdapat di Windows biasanya akan menggunakan jenis Qualcomm.

Sama halnya tentang driver pada laptop itu sendiri, ada yang menggunakan Qualcomm atau Atheros. Nah, pada kasus Smartphone Android juga ada jenis yang seperti ini.

Pada perangkat Android, USB Driver untuk ponsel tersebut juga ada dua versi yang berbeda, yaitu Qualcomm dan Mediatek. Kedua jenis driver tersebut dirancang berdasarkan processor atau chipset yang dipakai oleh ponsel.

Selain itu, untuk proses instalasinya pun berbeda. Kalau Qualcomm proses instalasinya cukup mudah, kamu hanya cukup menjalankan file yang berekstensi .exe, maka proses instalasinya pun akan berjalan.

Sedangkan Mediatek, kamu tidak melakukannya seperti itu. Karena di dalam driver Mediatek tidak ada file yang berformat .exe. Untuk proses instalasi driver Mediatek harus melewati device manager yang terdapat di PC, selain itu akan membutuhkan beberapa langkah lagi agar proses instalasinya selesai.

Nah, setelah kedua jenis driver tersebut sudah berhasil terinstal di PC, maka kamu bisa langsung connect your phone. Dengan begitu ponsel Vivo kamu akan langsung terdeteksi di komputer secara permanen.

Manfaat Menginstal USB Driver Di PC

Tadi di atas kamu telah mengetahui sedikit informasi mengenai perbedaan antara driver Qualcomm dan Mediatek. Sekarang waktunya bagi kalian juga harus mengetahui manfaat lainnya setelah menginstal driver USB di PC.

Driver USB dapat di install di semua versi PC atau laptop, termasuk Windows, 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, dan Windows 11. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika driver tersebut tidak dapat terinstall di komputer yang kalian gunakan.

Karena pada dasarnya USB Driver bisa di install untuk semua versi Windows yang ada. Tahukah kalian, ternyata driver USB juga dapat bermanfaat untuk berbagai keperluan Android Smartphone. Ingin tahu apa saja manfaatnya, yuk lihat melalui daftar di bawah ini.

Kelebihan dari USB Driver

  • Mampu memindahkan berbagai jenis file yang terdapat pada PC ke ponsel atau sebaliknya.
  • Mampu menampilkan layar ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  • Mampu melakukan proses flashing atau factory reset melalui adb drivers maupun aplikasi flashtool lainnya.

Ketiga hal tersebut merupakan salah satu bagian yang akan didapatkan setelah berhasil melakukan proses instalasi driver USB ke PC. Untuk mengecek apakah drivernya sudah berhasil terinstal atau belum, kamu bisa mengetahuinya melalui device manager.

Untuk langkah-langkahnya bisa mengikuti cara di bawah ini.

  1. Klik kanan pada shortcut My Computer yang berada di desktop.
  2. Kemudian pilih Manage.
  3. Maka nanti kamu akan melihat layar jendela baru terbuka.
  4. Pada layar tersebut pilih Device Manager yang terletak di bagian menu sebelah kiri.
  5. Maka nanti pada bagian sebelah kanan, kamu akan melihat Vivo USB Drivers Installed.

Dengan begitu kamu telah sukses dan berhasil menginstal USB Driver untuk perangkat Smartphone Vivo di PC atau Windows. Nah, bagi teman-teman yang ingin segera download driver USB untuk ponsel tersebut, kamu dapat mengambilnya melalui link di bawah ini.

Download Vivo USB Driver Untuk Windows

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk bisa menginstal driver USB tersebut. Namun pada artikel ini, disini saya tidak akan menjelaskan melalui PC Suite software.

Melainkan saya akan menjelaskannya tentang yang menggunakan versi Qualcomm. Untuk selengkapnya mengenai install the Vivo USB dapat kamu lihat melalui langkah-langkah di bawah ini.

File Name Size Link Download
Vivo USB Driver Qualcomm 10 MB 1fichier

Password : www.tipstutorialbersama.com/21-10-2021

Dengan downloaded file perangkat lunak ini, kamu akan bisa mengerjakan berbagai hal yang berguna untuk ponsel Vivo kalian. Sekarang tinggal kamu lakukan saja proses instalasinya di komputer yang akan kamu pakai.

Cara Install Vivo USB Driver Qualcomm Di PC

Bagi teman-teman yang tidak mengetahui cara instalasinya bagaimana, kamu bisa mencoba mengikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini. Tapi sebelum memulainya, pastikan terlebih dahulu kalau kamu sudah download the Vivo USB.

Nah, untuk proses instalasinya dapat kamu lihat berikut ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download Vivo USB Driver.
  2. Setelah proses downloadnya sudah selesai, kemudian extract file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya buka folder hasil extract tadi.
  4. Maka nanti kamu akan melihat file yang bernama Qualcomm_USB_Driver_V1.0.exe.
  5. Kemudian klik 2x pada file tersebut, maka nanti akan muncul layar instalasinya.
  6. Kemudian tinggal klik Next >> Next >> I accept the terms in the license agreement >> Next >> Install.
  7. Selanjutnya tinggal kamu tunggu saja sampai proses instalasinya selesai.
  8. Jika proses instalasinya sudah selesai, kemudian klik Finish untuk menyelesaikannya.
  9. Selanjutnya Restart PC atau laptop yang kalian gunakan tersebut.
  10. Selesai.

Sampai disini kamu telah berhasil menginstal driver USB Vivo smartphone untuk komputer Windows. Maka sekarang Vivo phone kalian sudah berhasil terdeteksi di PC dan siap untuk memindahkan data atau melakukan proses flashing pada ponsel tersebut.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah agar ponsel Android dapat terdeteksi di komputer, kamu harus menginstal USB Driver on your PC tergantung dari ponsel apa yang kalian gunakan. Jika drivernya tidak sesuai, maka ponsel pun tidak akan terdeteksi di komputer Windows.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini mengenai USB Driver Vivo mobile dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.


Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: