Cara Screenshot Di Laptop Dengan Mudah Tanpa Software - Tips Tutorial Bersama

Senin, 20 September 2021

Cara Screenshot Di Laptop Dengan Mudah Tanpa Software

Cara Screenshot di Laptop

Cara Screenshot di Laptop berbeda halnya ketika melakukan tangkapan layar (SS) pada ponsel smartphone. Jika di smartphone untuk bisa mengambil SS bisa dilakukan hanya dengan cara menekan tombol Power dan Volume Atas secara bersamaan, maka nanti hasil screenshotnya akan langsung tersimpan otomatis di penyimpanan internal.

Sedangkan pada komputer PC atau laptop tidak terdapat tombol-tombol tersebut, lalu bagaimana cara melakukan SS pada PC? Untuk dapat mengambil tangkapan layar pada laptop bisa dilakukan dengan beberapa cara yang berbeda, yakni dengan atau tanpa software tambahan.

Namun pada artikel yang akan saya berikan kali ini adalah dengan menggunakan langkah tanpa harus menginstal software pihak ketiga apapun. Kamu hanya cukup memanfaatkan salah satu tombol yang ada di keyboard komputer kamu untuk bisa mengambil screenshot di laptop. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat di bawah ini dengan mudah.

Screenshot Di Laptop Tanpa Menggunakan Software Tambahan

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya di atas, bahwa disini saya akan membagikan tutorial Cara Screenshot di Laptop Windows 10. Tidak hanya bisa dilakukan pada Windows 10 saja, melainkan cara ini juga dapat dilakukan pada semua versi Windows yang ada. Nah, di bawah akan saya beritahukan kepada kalian mengenai beberapa tombol yang biasa digunakan untuk mengambil SS di komputer.

Menggunakan tombol Print Screen

Cara pertama yang akan saya berikan ini adalah dengan menggunakan tombol Print Screen yang terdapat pada keyboard. Tombol Print Screen ini biasanya ditulis sebagai prt sc sysrq. Karena penulisannya yang tidak lengkap tersebut, banyak orang yang tidak mengetahui tombol Print Screen sebenarnya.

Selanjutnya untuk mengambil screenshoot dengan menggunakan tombol ini, kamu hanya cukup menekan satu kali pada tombol print screen tersebut. Kemudian untuk melihat hasil SS-nya, kamu bisa membuka aplikasi paint dan kemudian pastekan SS tadi ke dalam paint dengan cara menekan CTRL + V.

Maka foto hasil tangkapan layar tadi akan langsung muncul pada aplikasi paint. Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah dengan menyimpan screenshot tersebut ke dalam komputer atau laptop kalian masing-masing.

Menggunakan tombol Alt + Print Screen

Cara kedua yang akan saya berikan adalah dengan menggunakan tombol Alt + Print Screen yang terdapat pada keyboard. Tombol Print Screen ini biasanya ditulis sebagai prt sc sysrq. Karena penulisannya yang tidak lengkap tersebut, banyak orang yang tidak mengetahui tombol Print Screen sebenarnya.

Selanjutnya untuk mengambil screenshot dengan menggunakan tombol ini, kamu hanya cukup menekan satu kali pada tombol alt + print screen secara bersamaan. Kemudian untuk melihat hasil SS-nya, kamu bisa membuka aplikasi paint dan kemudian pastekan SS tadi ke dalam pain dengan cara menekan CTRL + V.

Maka foto hasil tangkapan layar tadi akan langsung muncul pada aplikasi paint. Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah dengan menyimpan screenshot tersebut ke dalam komputer atau laptop kalian masing-masing.

Menggunakan tombol Windows + Print Screen

Cara ketiga yang akan saya berikan adalah dengan menggunakan tombol Windows + Print Screen yang terdapat pada keyboard. Tombol print screen ini biasanya ditulis sebagai prt sc sysrq. Karena penulisannya yang tidak lengkap tersebut, banyak orang yang tidak mengetahui tombol print screen sebenarnya.

Selanjutnya untuk mengambil screenshoot dengan menggunakan tombol ini, kamu hanya cukup menekan satu kali pada tombol windows + print screen secara bersamaan. Kemudian untuk melihat hasil SS-nya, kamu bisa membuka aplikasi paint dan kemudian pastekan SS tadi ke dalam paint dengan cara menekan CTRL + V.

Maka foto hasil tangkapan layar tadi akan langsung muncul pada aplikasi paint. Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah dengan menyimpan screenshot tersebut ke dalam komputer atau laptop kalian masing-masing.

Menggunakan tombol Windows + Shift + S

Cara keempat yang akan saya berikan adalah dengan menggunakan tombol Windows + Shift + S yang terdapat pada keyboard. Cara terakhir ini sangat berguna sekali apabila tombol print screen yang ada di keyboard kamu mengalami kerusakan. Sebagai tombol pengganti dari print screen, kamu bisa menggunakan kombinasi ketiga tombol ini.

Selanjutnya untuk mengambil screenshot dengan menggunakan tombol ini, kamu hanya cukup menekan satu kali pada tombol windows + shift + s secara bersamaan. Kemudian untuk melihat hasil SS-nya, kamu bisa membuka aplikasi paint dan kemudian pastekan SS tadi ke dalam paint dengan cara menekan CTRL + V.

Maka foto hasil tangkapan layar tadi akan langsung muncul pada aplikasi paint. Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah dengan menyimpan hasil screenshot tersebut ke dalam komputer atau laptop kalian masing-masing.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk mengetahui Cara Screenshot di Laptop Windows 7 dan 10 bisa dilakukan dengan menggunakan cara tanpa software apapun. Kamu hanya cukup memanfaatkan tombol Print Screen atau Prt Sc Sysrq yang sudah tersedia pada setiap keyboard PC mapun laptop.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sebelum kamu meninggalkan halaman ini mohon untuk meninggalkan jejak dengan memberikan komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments