Cara Install TWRP Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 05 Desember 2021

Cara Install TWRP Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G

Cara Install TWRP Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G

TWRP Samsung J2 Prime merupakan sebuah tool yang dapat digunakan oleh pengguna ponsel Android untuk melakukan proses modifikasi terhadap sistem Androidnya. Untuk kamu yang saat ini sedang mencari tutorialnya, maka kamu dapat mengikuti cara berikut ini.

Tentu saja untuk dapat berhasil melakukan hal tersebut, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Setelah pengguna ponsel Samsung berhasil memasang Custom Recovery TWRP pada perangkatnya, maka ia dapat melakukan kustomisasi pada sistem Androidnya.

Bahkan ia dapat mengakses sistem terdalam dari ponselnya. Oleh karena itu banyak orang yang ingin memasang TWRP pada ponselnya. Jika kamu saat ini salah satu dari orang tersebut yang ingin memasangnya, maka kamu dapat mengetahuinya melalui cara di bawah ini.

Cara Install TWRP Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G

Samsung Galaxy J2 Prime merupakan salah satu produk Smartphone Samsung yang cukup diminati oleh sebagian besar pengguna Samsung di berbagai wilayah. Bahkan sampai saat ini masih banyak orang yang mencari harga bekas ponsel tersebut di situs jual beli online.

Karena desan body dari ponsel yang satu ini memiliki tampilan yang cukup elegan di pandang. Tidak hanya itu saja, melainkan pada ponsel kelas menengah ini sudah dibekali dengan prosesor Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 yang sudah cukup untuk bermain game.

Akan tetapi masih saja ada sebagian orang yang masih kurang puas dengan performa yang seperti ini. Maka dari itu banyak dari mereka yang ingin melakukan kustomisasi pada J2 Prime dengan memasang Custom Rom pada ponselnya.

Tentu saja untuk dapat melakukan hal tersebut tidak dapat dilakukan begitu saja, melainkan ada syarat tertentu untuk bisa memasangnya. Ingin tahu apa saja syarat tersebut? Syaratnya adalah ponsel harus sudah di Install TWRP dan di Root.

Maka dari itu, disini saya akan membantu teman-teman yang ingin melakukan kedua hal tersebut. Akan tetapi kamu harus melakukan semua persyaratan yang akan saya beritahukan kepada kalian semua di bawah ini.

Persyaratan yang harus dilakukan

  • Pastikan baterai ponsel sudah terisi daya minimal 40% atau lebih.
  • Backup seluruh data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Install Samsung USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  • Pastikan telah mendownload semua bahan-bahan yang akan diperlukan.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah diberikan.

Download bahan-bahan yang diperlukan

Langkah-langkah install custom recovery twrp

Sebelum melakukan proses root pada Samsung Galaxy yang satu ini, kamu harus melakukan instalasi Custom Recovery TWRP terlebih dahulu. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

Langkah 1: Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download Samsung USB Driver, Odin, dan TWRP Samsung J2 Prime.

Langkah 2: Setelah proses downloadnya sudah selesai, selanjutnya extract file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru dan simpan di dalam satu folder.

Langkah 3: Selanjutnya Install Samsung USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan untuk proses instalasi TWRP.

Langkah 4: Selanjutnya aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging pada ponsel Samsung kalian. Untuk dapat membukanya, buka Pengaturan >> Tentang Ponsel >> kemudian tap 7x pada Build Number. Maka nanti kamu akan melihat menu Opsi Pengembang, kemudian buka menu tersebut dan aktifkan tombol pada OEM Unlock dan USB Debugging.

Langkah 5: Selanjutnya buka aplikasi Odin yang tadi telah kamu extract dengan cara klik kanan, lalu pilih Run as administrator.

Langkah 6: Selanjutnya matikan ponsel Samsung J2 Prime kamu sampai dalam kondisi mati. Kemudian tekan dan tahan tombol Home + Power + Volume Bawah secara bersamaan. Setelah muncul logo Samsung, kemudian lepaskan ketiga tombol tersebut.

Langkah 7: Maka nanti kamu akan melihat pesan yang bertuliskan Warning, kemudian tekan tombol Volume Up untuk masuk ke dalam Mode Download.

Langkah 8: Selanjutnya hubungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB. Kemudian tunggu beberapa saat sampai ponsel terdeteksi di aplikasi Odin.

Langkah 9: Setelah ponsel berhasil terdeteksi di Odin, maka pada bagian ID:COM akan berubah menjadi warna biru.

Langkah 10: Selanjutnya klik pada bagian AP dan cari file TWRP yang tadi telah kamu extract. Kemudian pilih file tersebut dan klik Open.

Langkah 11: Selanjutnya klik Start untuk memulai proses install Recovery TWRP. Kemudian tunggu beberapa menit sampai prosesnya selesai.

Langkah 12: Setelah prosesnya selesai dan berhasil, maka nanti akan muncul tulisan PASS yang berwarna hijau.

Langkah 13: Selanjutnya lepaskan ponsel dari PC.

Langkah 14: Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan proses instalasi Recovery TWRP pada Samsung Galaxy J2 Prime dengan menggunakan aplikasi Odin. Jika sekarang kamu ingin melakukan root pada ponsel tersebut, kamu dapat melihat tutorialnya di bawah ini.

Cara Root Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa sekarang saya akan menjelaskan tentang Cara Root Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G. Sebenarnya untuk dapat melakukan root pada ponsel ini terdapat dua cara, yaitu via PC dan tanpa PC.

Akan tetapi pada penjelasan yang akan saya berikan, disini saya akan menggunakan tanpa PC alias menggunakan Custom Recovery TWRP. Nah, untuk cara-caranya bisa kamu lihat di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download Magisk.zip melalui link di atas.
  2. Selanjutnya pindahkan file Magisk.zip tersebut ke dalam penyimpanan internal ponsel.
  3. Selanjutnya matikan ponsel Samsung J2 Prime tersebut sampai dalam kondisi mati.
  4. Selanjutnya tekan dan tahan tombol Power + Home + Volume Atas secara bersamaan.
  5. Setelah muncul logo Samsung, lalu lepaskan ketiga tombol tersebut.
  6. Pada menu utama TWRP Recovery, lalu pilih menu Install.
  7. Selanjutnya cari file Magisk.zip yang tadi telah kamu pindahkan ke dalam penyimpanan internal ponsel.
  8. Setelah file tersebut ketemu, lalu pilih Swipe to confirm flash untuk memulai proses rooting.
  9. Selanjutnya kamu tunggu beberapa saat sampai proses root Samsung J2 Prime tersebut selesai.
  10. Setelah prosesnya selesai, lalu pilih Reboot.
  11. Selesai.

Kesimpulan

Sampai disini kamu telah selesai melakukan root pada perangkat Samsung Galaxy J2 Prime dengan menggunakan Magisk dan melalui Mode Recovery TWRP. Setelah ponsel berhasil menyala, maka kamu akan melihat aplikasi Magisk Manager.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: