Cara Install TWRP Samsung Galaxy J1 SM-J100H - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 05 Desember 2021

Cara Install TWRP Samsung Galaxy J1 SM-J100H

Cara Install TWRP Samsung Galaxy J1 SM-J100H

Untuk semua pengguna Smartphone Samsung J1, kini ada kabar gembira untuk kalian semua. Karena melalui artikel ini, disini saya akan membagikan sebuah link Download TWRP Samsung J1 SM-J100H secara gratis dan lengkap dengan cara instalasinya.

Sebelum memulainya saya akan memberitahukan sesuatu terlebih dahulu, cara pemasangan TWRP ini sudah saya buktikan terhadap ponsel J1 itu sendiri dan terbukti berhasil 100%. Perlu kalian ketahui, bahwa untuk instalasinya akan menggunakan aplikasi Odin.

Jadi pastikan bahwa kamu sudah mempunyai PC / laptop yang nantinya akan digunakan untuk instalasi TWRP tersebut. Nah, untuk langkah-langkahnya sendiri dapat kamu lihat melalui penjelasan yang akan saya sampaikan di bawah ini secara lengkap.

Apa Itu TWRP?

TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project yang dikembangkan oleh developer untuk membantu para pengguna Android yang ingin melakukan root via Magisk / SuperSU. Pada awalnya recovery ini bernama sebagai CWM / ClockworkMod.

Namun seiring berjalannya waktu CWM semakin lama semakin tertinggal, dan pada akhirnya tergantikan dengan TWRP. Akan tetapi sebagian pada perangkat Android masih ada yang tetap dapat menginstal recovery CWM tersebut, biasanya hanya ponsel tipe lama saja yang masih berfungsi.

Sedangkan untuk ponsel Android yang sudah menggunakan Android 4.4.4 / KitKat sudah bisa menggunakan recovery versi TWRP. Recovery TWRP / CWM dibuat sebagai pengganti recovery bawaan pada ponsel yang memiliki fitur dan kemampuan terbatas.

Recovery bawaan pada ponsel tidak dapat melakukan instalasi zip atau proses root dan hanya berfungsi untuk factory reset saja. Sedangkan pada ponsel yang sudah terpasang recovery custom seperti TWRP / CWM sudah dapat menginstal file zip tersebut.

Cara Install TWRP Samsung Galaxy J1 SM-J100H

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa disini saya akan memberikan tutorial mengenai cara pemasangan Custom Recovery TWRP. Selain itu, disini saya juga akan memberikan petunjuk tentang cara root dan install TWRP Samsung Galaxy J1.

Walaupun kita sudah mengetahui kalau perangkat Android Samsung yang satu ini memang tidak mempunyai spesifikasi yang mumpuni. Akan tetapi jika ponsel sudah di root, maka akan dapat melakukan modifikasi untuk meningkatkan performanya.

Nah, sebelum kamu memulai prosesnya, kamu harus mengetahui dahulu semua persyaratan yang akan dibutuhkan.

Persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu

  • Isi baterai ponsel Samsung J1 sampai terisi daya minimal 40% atau lebih.
  • Backup seluruh data-data yang terdapat di dalam penyimpanan internal ke dalam SD Card.
  • Siapkan kabel USB, PC atau laptop, dan koneksi internet yang stabil.
  • Install Samsung USB Driver di PC atau laptop.
  • Download semua bahan-bahan yang akan diperlukan.
  • Jangan coba-coba menggunakan tutorial ini terhadap perangkat Samsung yang lainnya, termasuk Samsung J1 Ace.

Download semua bahan-bahan yang diperlukan

Langkah-langkah pemasangan TWRP

Setelah berhasil mendownload semua bahan-bahan di atas dan persyaratan yang akan diperlukan, sekarang kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap pemasangan recovery TWRP. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua file-file di atas.
  2. Selanjutnya extract file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya Install Samsung USB Driver di PC / laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging pada ponsel J1 kamu.
  5. Untuk membukanya, silahkan buka menu Pengaturan >> Tentang Ponsel >> Software Information >> lalu tap 7x pada bagian Build Number.
  6. Maka nanti akan muncul menu Opsi Pengembang.
  7. Selanjutnya kembali ke menu awal Pengaturan >> Opsi Pengembang >> lalu aktifkan tombol pada OEM Unlock dan USB Debugging.
  8. Selanjutnya boot ponsel kalian ke dalam Download Mode. Untuk dapat melakukannya, silahkan matikan ponsel sampai dalam kondisi off, lalu tekan dan tahan tombol Home + Power + Volume Bawah secara bersamaan.
  9. Setelah muncul logo Samsung, lalu lepaskan ketiga tombol tersebut.
  10. Maka nanti kamu akan melihat layar yang bertuliskan Warning, lalu untuk dapat masuk ke dalam Download Mode kamu bisa menekan tombol Volume Atas.
  11. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  12. Selanjutnya buka aplikasi Odin yang tadi telah kamu extract dengan cara Run as administrator.
  13. Jika ponsel sudah terdeteksi di Odin, maka pada bagian ID:COM akan berubah menjadi warna biru dan bagian Log akan muncul tulisan added.
  14. Selanjutnya klik pada tombol AP dan cari file TWRP Samsung Galaxy J1 SM-J100H.tar.
  15. Selanjutnya klik tombol Start untuk memulai proses instal TWRP di Samsung J1.
  16. Selanjutnya tunggu sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  17. Setelah prosesnya selesai, maka nanti kamu akan melihat pesan yang bertuliskan PASS dengan warna hijau.
  18. Maka nanti ponsel akan restart secara otomatis.
  19. Sekarang kamu sudah dapat melepaskan ponsel dari PC / laptop.
  20. Selesai.

Sampai disini kamu telah berhasil melakukan pemasangan Custom Recovery TWRP di Samsung Galaxy J1 SM-J100H dengan mengikuti tutorial yang telah saya berikan di atas. Untuk masuk ke TWRP, kamu bisa menekan tombol Home + Power + Volume Atas secara bersamaan.

Kesimpulan

Demikianlah artikel yang telah saya berikan kali ini mengenai cara install dan Download TWRP Samsung J1. Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments