Cara Install TWRP Samsung Galaxy S9 SM-G960F - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 05 Desember 2021

Cara Install TWRP Samsung Galaxy S9 SM-G960F

Cara Install TWRP Samsung Galaxy S9 SM-G960F

Pada artikel yang akan saya berikan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai cara install TWRP Samsung S9 SM-G960F melalui aplikasi Odin3 v13.2. Jika kalian saat ini sedang mencari langkah-langkah pemasangannya, maka kamu bisa mengikuti instruksi di bawah ini.

Seperti yang diketahui, bahwa handphone Samsung seri S ini telah resmi diluncurkan sejak tahun 2018. Pada saat peresmian dari ponsel Samsung yang satu ini menjadi langkah awal mereka untuk menciptakan sebuah Smartphone yang memiliki kemampuan berteknologi tinggi.

Salah satunya adalah dengan dilengkapi prosesor yang mumpuni untuk penggunanya yang ingin melakukan pekerjaan melalui layar smartphone nya. Karena ukuran layar dari ponsel ini cukup memuaskan ketika sedang dimainkan, yakni 5,8”.

Tetapi ada saja salah satu penggunanya yang ingin memodifikasi sistem Androidnya dengan cara melakukan root. Hanya saja sebelum dapat melakukan hal tersebut, ia harus memasang Custom Recovery TWRP terlebih dahulu ke dalam ponselnya.

Nah, untuk dapat memasang recovery seperti ini, maka kamu harus Download TWRP Samsung S9 nya terlebih dahulu. Jika tidak, maka kalian tidak akan dapat menginstalnya di ponsel kalian masing-masing. Oleh karena itu, disini telah saya siapkan file nya yang dapat kamu download.

Apa Itu TWRP?

TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project yang dikembangkan oleh developer untuk membantu para pengguna Android yang ingin melakukan root via Magisk / SuperSU. Pada awalnya recovery ini bernama sebagai CWM / ClockworkMod.

Namun seiring berjalannya waktu CWM semakin lama semakin tertinggal, dan pada akhirnya tergantikan dengan TWRP. Akan tetapi sebagian pada perangkat Android masih ada yang tetap dapat menginstal recovery CWM tersebut, biasanya hanya ponsel tipe lama saja yang masih berfungsi.

Sedangkan untuk ponsel Android yang sudah menggunakan Android 4.4.4 / KitKat sudah bisa menggunakan recovery versi TWRP. Recovery TWRP / CWM dibuat sebagai pengganti recovery bawaan pada ponsel yang memiliki fitur dan kemampuan terbatas.

Recovery bawaan pada ponsel tidak dapat melakukan instalasi zip atau proses root dan hanya berfungsi untuk factory reset saja. Sedangkan pada ponsel yang sudah terpasang recovery custom seperti TWRP / CWM sudah dapat menginstal file zip tersebut.

Cara Install TWRP & Root Samsung Galaxy S9 SM-G960F

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa melalui artikel yang saya buatkan ini akan membantu teman-teman yang ingin memulai proses Install TWRP Samsung Galaxy S9. Selain itu, TWRP yang saya berikan ini merupakan recovery official.

Dengan ponsel Android yang sudah terpasang recovery TWRP dan Root, maka penggunanya bisa memasang Custom Roms terhadap handphone tersebut. Karena Custom Rom merupakan salah satu firmware yang telah dimodifikasi oleh salah satu pihak pengembang di luar Samsung.

Banyak orang yang ingin memasang rom khusus di ponselnya, karena stock rom terdapat beberapa keunggulan dan fitur yang tidak akan ditemukan oleh rom bawaan / official Samsung. Namun ada syaratnya jika ingin menginstalnya, yaitu ponsel harus sudah di root dan terpasang TWRP.

Persiapan yang harus dilakukan terlebih dahulu

Sebelum kamu memulai proses cara flash TWRP dan root Samsung Galaxy yang satu ini, kamu harus mempersiapkan dahulu semua syarat-syarat yang harus dilakukan. Dengan mempersiapkan semua syarat tersebut, maka proses instalasi TWRP dapat berjalan dengan lancar.

Berikut ini adalah daftar persyaratan yang harus kamu lakukan dahulu:

  • Backup seluruh data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Pastikan baterai ponsel sudah terisi daya minimal 50% atau lebih.
  • PC atau laptop.
  • Kabel USB Samsung.
  • Pastikan komputer sudah terinstal Samsung USB Driver.
  • Koneksi internet yang stabil.
  • Download semua bahan-bahan yang diperlukan.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah diberikan.

Setelah semua persyaratan di atas sudah kamu kerjakan semuanya, sekarang kamu tinggal download semua file-file yang akan diperlukan untuk proses pemasangan TWRP ini. Selain itu, TWRP Official ini berbeda dengan yang terdapat pada stock recovery bawaannya.

Download semua bahan yang diperlukan

Dengan mendownload semua bahan-bahan yang telah saya sediakan di bawah ini, maka nanti kamu dapat segera memulai proses rooting dan install twrp. Tidak hanya itu saja, melainkan nantinya handphone Samsung S9 kamu juga dapat melakukan kustomisasi.

Berikut ini adalah daftar semua file-file yang akan diperlukan untuk proses root:

Setelah selesai download semua bahan-bahan di atas, sekarang kamu sudah bisa melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu dengan pemasangan TWRP Recovery di Samsung Galaxy S9 dengan menggunakan Odin.

Cara Install TWRP Samsung Galaxy S9 SM-G960F

Sebelum memulai proses root di Samsung Galaxy S9 or S9 Plus, kamu harus memasang TWRP dahulu di ponsel tersebut. Untuk instalasi Custom Recovery, kamu bisa melihatnya melalui langkah-langkah di bawah ini secara lengkap.

  1. Download dahulu semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder agar mudah ditemukan.
  3. Selanjutnya Enable Developer Options dan aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging di ponsel Samsung kalian.
  4. Untuk dapat melakukannya, silahkan buka menu Pengaturan >> About Phone >> Software Information >> lalu tap 7x pada Build Number.
  5. Selanjutnya kembali ke menu Pengaturan >> Developer Options >> lalu aktifkan tombol pada OEM Unlock dan USB Debugging.
  6. Selanjutnya matikan ponsel Samsung S9 kalian dan boot ke dalam Mode Download.
  7. Untuk dapat masuk ke Mode Download, silahkan tekan dan tahan tombol Power + Bixby + Volume Bawah secara bersamaan.
  8. Maka nanti kamu akan melihat layar yang bertuliskan Warning, lalu tekan tombol Volume Atas untuk melanjutkan ke Download Mode.
  9. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan usb cable.
  10. Setelah ponsel berhasil terdeteksi di Odin, maka pada bagian ID:COM akan berubah menjadi warna biru.
  11. Selanjutnya klik tombol AP dan cari file TWRP yang tadi telah kamu download.
  12. Selanjutnya klik menu Option dan hilangkan tanda centang pada Auto Reboot.
  13. Selanjutnya klik tombol Start untuk memulai proses installing twrp di Samsung S9.
  14. Jika prosesnya sudah selesai, maka kamu akan melihat tulisan PASS yang berwarna hijau.
  15. Selanjutnya restart ponsel secara manual dengan cara tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan, lalu langsung tekan tombol Power + Volume Atas untuk masuk ke Mode Recovery.
  16. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan instalasi Custom Recovery TWRP di Samsung Galaxy S9 SM-G960F. Sekarang kamu tinggal memulai proses root melalui TWRP Recovery tersebut. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

Cara Root Samsung Galaxy S9 SM-G960F

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa di bawah ini akan saya jelaskan bagaimana melakukan root di ponsel Samsung yang satu ini. Pastikan kalian telah mengikuti step by step yang telah saya berikan jika ingin prosesnya berhasil.

  1. Dalam menu utama TWRP Recovery pilih menu Wipe dan lakukan Format Data terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya kembali ke menu utama TWRP dan pilih menu Reboot, lalu pilih ke Recovery lagi.
  3. Maka nanti ponsel akan merestart dan akan masuk ke dalam mode Recovery lagi.
  4. Selanjutnya pilih menu Mount, lalu klik Enable MTP.
  5. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dan pindahkan semua file yang tadi telah kamu download ke dalam penyimpanan internal ponsel.
  6. Selanjutnya klik menu Install dan cari file Disable_Dm-Verity_ForceEncrypt_11.02.2020, lalu Swipe to confirm flash.
  7. Selanjutnya flash file RMM_Bypass_v3_corsicanu dengan cara yang sama seperti tadi.
  8. Selanjutnya flash file Magisk.zip dengan cara yang sama seperti tadi.
  9. Setelah prosesnya selesai, lalu klik Reboot System.
  10. Selanjutnya tinggal kamu tunggu saja sampai ponsel berhasil menyala kembali, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  11. Setelah ponsel menyala, lalu lakukan aktivasi ponsel seperti saat pertama kali membelinya.
  12. Setelah proses aktivasi selesai dan berhasil masuk ke dalam menu, maka kamu akan melihat aplikasi Magisk.
  13. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan proses root untuk ponsel Samsung Galaxy S9 and S9 Plus dengan mengikuti tutorial di atas. Sekarang kamu sudah bisa memberikan akses root untuk aplikasi Magisk Manager tersebut.

Jika kalian masih belum yakin apakah ponsel sudah di root atau belum, kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi Root Checker yang dapat kamu download secara gratis di Play Store.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat mengetahui cara Pasang TWRP Di Samsung S9, kamu bisa menggunakan file recovery official dan harus langsung di root. Jika tidak langsung di root, maka ponsel biasanya akan mengalami bootloop atau stuck di logo Samsung.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments