Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 8 - Tips Tutorial Bersama

Rabu, 02 Februari 2022

Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 8

Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 8

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membahas mengenai USB Bootable Windows 8. Pasti di antara kalian semua sudah pada tahu kan tentang usb bootable tersebut? Namun, jika kamu masih belum mengetahuinya, tenang saja disini nanti akan saya jelaskan mengenai hal tersebut.

Setiap komputer PC maupun laptop yang masih dalam kondisi baru, biasanya masih belum tersedia operating system nya. Nah, agar komputer tersebut dapat digunakan secara semestinya, maka penggunanya harus menginstal sistem operasi windowsnya terlebih dahulu.

Namun untuk dapat menginstal windows di komputer tersebut, ada hal utama yang harus dilakukan terlebih dahulu. Karena hal tersebut merupakan syarat wajib sebelum memulai proses install windows di PC maupun laptop, yaitu dengan membuat installer windows.

Nah, untuk dapat melakukan langkah Cara Membuat Flashdisk Bootable Window 8, sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai metode yang berbeda. Tetapi sebagian besar pengguna windows yang melakukan cara tersebut lebih memilih menggunakan perangkat usb.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 8

USB Bootable Flashdisk merupakan sebuah metode yang sering dilakukan oleh para teknisi komputer yang ingin menginstal ulang windows untuk PC atau laptop. Oleh karena itu dengan Membuat Flashdisk Bootable Windows 8, maka seseorang dapat menjalankan installer windows.

Hanya saja sebelum memulai membuat bootable usb tersebut, kamu harus menyiapkan beberapa persyaratan jika ingin melakukannya. Jika kamu tidak menyiapkan semua syarat ini, maka kamu tidak dapat melanjutkan ke tahap install ulang windows untuk komputer.

Untuk kalian yang ingin segera membuat installer flashdisk windows 8, kamu harus mempersiapkan satu media perangkat usb flashdisk dengan kapasitas minimal 8 GB dahulu. Selanjutnya kamu juga harus mendownload semua file-file yang akan diperlukan.

Download bahan-bahan yang diperlukan

File Name Link Download
ISO Windows 8 Pro 32 bit / 64 bit 1fichier
Rufus 1fichier

Setelah selesai mendownload semua bahan tersebut, sekarang kamu sudah bisa melanjutkan ke tahap pembuatan bootable windows di flashdisk. Selain itu cara ini pun juga dapat digunakan untuk membuat bootable Windows 7. Jika kalian ingin menggunakan windows tersebut, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 8

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa di bawah ini merupakan langkah-langkah membuat bootable flashdisk. Dengan begitu maka nanti kamu akan segera melakukan proses install ulang untuk windows yang mengalami error atau kerusakan lainnya.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan menyiapkan usb flash drive 8 GB dan download semua bahan-bahan yang diperlukan.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dengan menggunakan WinRar.
  3. Selanjutnya hubungkan USB Flashdisk ke PC atau laptop.
  4. Selanjutnya format dahulu flashdisk tersebut.
  5. Selanjutnya buka aplikasi Rufus yang tadi telah kamu extract dengan cara Run as administrator.
  6. Setelah Rufusnya berhasil terbuka, lalu klik SELECT dan cari file ISO Windows 8 Pro yang tadi telah kamu download.
  7. Lalu pada bagian Partition scheme pilih ke MBR.
  8. Lalu pada bagian Target system pilih ke BIOS (or UEFI-CSM).
  9. Lalu pada bagian File system pilih ke NTFS.
  10. Jika sudah semuanya, lalu klik Start.
  11. Jika muncul pesan Warning, klik saja OK.
  12. Maka nanti proses membuat installer Windows 8 akan langsung berjalan secara otomatis.
  13. Selanjutnya kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu 15 - 30 menit.
  14. Setelah prosesnya selesai, klik Close.
  15. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan langkah mudah untuk membuat bootable windows ke dalam flashdisk dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya berikan. Selanjutnya kamu tinggal memulai proses install ulang Windows 8 dengan menggunakan flashdisk.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat membuat bootable installer windows ke flashdisk, kamu bisa menggunakan Rufus untuk membuatnya. Karena aplikasi tersebut memang terpercaya dapat membuat berbagai installer windows ke dalam perangkat usb tersebut.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.


Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: