Cara Flash Motorola Moto E XT1021 Dengan Benar - Tips Tutorial Bersama

Jumat, 12 Agustus 2022

Cara Flash Motorola Moto E XT1021 Dengan Benar

.

Cara Flash Motorola Moto E XT1021 Dengan Benar

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Flash Motorola Moto E XT1021. Untuk cara yang satu ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada ponsel, seperti bootloop atau IMEI issue. Jika kamu mengalami salah satu masalah tersebut, kamu bisa menggunakan metode flashing ini.

Akan tetapi sebelum kamu memulai proses flash atau install ulang terhadap ponsel android yang satu ini, kamu harus mempunyai terlebih dahulu Firmware Stock ROM flash file download melalui link yang telah saya sediakan di bawah ini. Selain itu, pada firmware yang telah saya sediakan terdapat dua versi yang berbeda, yaitu KitKat dan Lollipop.

Tentu saja untuk kedua stock rom tersebut dapat kamu miliki hanya dengan download the latest version firmware Motorola Moto E. Jika masalah yang terjadi pada ponsel kamu hanya mengalami lupa pola atau ngehang, kamu hanya cukup melakukan factory reset saja. Karena dengan menggunakan cara tersebut juga mampu untuk mengatasinya tanpa perlu flashing.

Nah, jika kamu sudah selesai mengunduh file stock rom tersebut, kamu tinggal lakukan proses extract the firmware saja. Selanjutnya kamu bisa langsung memulai proses Cara Flash Motorola Moto E XT1021 dengan menggunakan firmware KitKat atau Lollipop. Akan tetapi sebelum memulainya, mari kita ketahui dahulu mengenai spesifikasi dari ponsel yang satu ini.

Cara Flash Motorola Moto E XT1021 Dengan Benar

Motorola Moto E XT1021 merupakan salah satu Smartphone Android yang telah di produksi oleh Motorola pada tahun 2014. Untuk pertama kalinya digunakan, ponsel ini sudah menggunakan Android versi 4.4.2 dan dapat di upgrade ke Android 5.1. Bagi setiap pengguna ponsel ini, maka ia wajib menginstal Motorola USB Driver di perangkat komputer mereka.

Ponsel ini memiliki ukuran layar sebesar 4,3” dan resolusi sebesar 540 x 960 pixels, serta telah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3. Dengan kualitas layar yang telah terlindungi seperti ini telah membuat ponsel Motorola menjadi ponsel yang tangguh. Sedangkan dalam urusan file Stock Firmware Package dapat di download dengan versi Android 5.1 (Lollipop).

Sedangkan untuk kualitas performanya telah dibekali dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 200, CPU Dual-core 1.2 GHz Cortex-A7, dan GPU Adreno 302. Dengan mengusung spesifikasi seperti ini, cukup kuat untuk ponsel di kelasnya. Nah, untuk teman-teman yang saat ini sedang mencari firmware Motorola Moto E XT1021 stock rom, kamu bisa download di bawah ini.

1. Persyaratan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu

Sebelum kamu memulai proses flash pada ponsel Motorola device yang satu ini, kamu harus mempersiapkan dahulu semua syarat-syarat yang diperlukan. Karena setiap syarat tersebut bisa menjadi salah satu faktor keberhasilan selama proses flash ini berlangsung.

Nah, untuk syarat-syaratnya dapat kamu lihat melalui daftar di bawah ini.

  • Pastikan kondisi baterai ponsel sudah terisi daya minimal 50% atau lebih.
  • Pastikan di komputer kamu telah terinstal Motorola USB Driver.
  • Pastikan kamu mempunyai koneksi internet yang stabil dan lancar.
  • Pastikan download semua bahan-bahan yang akan diperlukan.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan.
  • Backup seluruh data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.

2. Download semua bahan yang diperlukan

Untuk semua file-file yang akan digunakan untuk proses flashing pada ponsel Motorola Moto E XT1021, kamu bisa mengambilnya melalui link di bawah ini. Setelah prosesnya selesai, lalu download and extract file tersebut dan simpan di dalam satu folder.

Nah, silahkan kamu download Motorola Moto E semua bahan-bahannya disini.

3. Langkah-langkah flashing pada Motorola Moto E XT1021

Setelah selesai mempersiapkan semua persyaratan dan bahan-bahannya, sekarang kamu tinggal melakukan open the latest version of RSD Flash Tool untuk memulai prosesnya. Jika kamu tidak yakin dengan caranya, kamu bisa lihat melalui penjelasan di bawah ini.

Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui daftar di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas, termasuk firmware of your Motorola Moto E XT1021.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya install Motorola USB Driver di PC atau laptop.
  4. Selanjutnya install RSD Flash Tool yang tadi telah kamu extract.
  5. Maka nanti kamu akan melihat layar instalasi dari Motorola Mobility, lalu kamu install dahulu aplikasi tersebut sampai selesai.
  6. Jika proses instalasi aplikasinya sudah selesai, lalu jalankan aplikasi tersebut.
  7. Selanjutnya matikan ponsel Motorola kamu dan boot ke dalam Fastboot Mode.
  8. Untuk dapat melakukannya, silahkan tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan.
  9. Jika ponsel sudah masuk ke dalam Fastboot Mode, lalu sambungkan ponsel tersebut ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  10. Selanjutnya klik pada ikon titik tiga dan cari file flashfile yang terdapat di dalam folder rom firmware flash file yang tadi telah kamu extract.
  11. Selanjutnya klik Start untuk memulai proses flashing.
  12. Maka nanti flashing process akan langsung berjalan secara otomatis.
  13. Selanjutnya kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  14. Jika proses flashingnya sudah selesai, lalu restart ponsel.
  15. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini agar website saya semakin berkembang dan dapat memberikan artikel-artikel yang bermanfaat lainnya.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan flash pada ponsel Motorola Moto E yang satu ini. Untuk melakukan fix any software related issue hanya dapat diselesaikan dengan cara flashing. Karena flash tersebut merupakan proses install ulang ponsel dengan menggunakan firmware yang baru.

Sebenarnya untuk dapat melakukan flashing pada ponsel ini dapat dilakukan dengan dua cara yang berbeda, yaitu melalui flash manual via adb and fastboot dan RSD Flash Tool. Namun yang paling mudah untuk digunakan adalah dengan RSD Flash Tool. Karena untuk langkah-langkahnya tidak sulit seperti yang terdapat pada adb and fastboot.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk mengatasi masalah bootloop yang terjadi pada perangkat Motorola Moto E XT1021 hanya dapat dilakukan dengan cara install ulang stock rom firmware flash dengan menggunakan versi yang sesuai dengan android ponsel tersebut. Jika kamu menggunakan stock rom yang tidak sesuai, maka akan menyebabkan kegagalan.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Selain itu, cara di atas juga dapat dilakukan untuk downgrade or upgrade firmware. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda