Cara Unlock Bootloader Motorola Moto E XT1021 Dengan Benar - Tips Tutorial Bersama

Rabu, 21 September 2022

Cara Unlock Bootloader Motorola Moto E XT1021 Dengan Benar

Cara Unlock Bootloader Motorola Moto E XT1021 Dengan Benar

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Unlock Bootloader Motorola Moto E XT1021. Untuk teman-teman yang saat ini sedang ingin melakukan proses modifikasi pada sistem Android Device Motorola tersebut, maka langkah awal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan UBL.

Bootloader pada setiap perangkat Smartphone Android sangatlah penting sekali. Tanpa adanya bootloader tersebut, maka ponsel android tidak akan dapat masuk ke dalam Operating System Androidnya. Nah, untuk kamu yang belum mengetahui tentang bootloader, maka disini akan saya jelaskan sedikit mengenai hal tersebut, agar kamu lebih memahaminya lagi.

Jika salah seorang pengguna ponsel android yang telah berhasil melakukan Unlock Bootloader, maka ia akan mendapatkan akses kontrol secara penuh terhadap ponsel itu sendiri. Bahkan mereka juga dapat memiliki akses untuk rooting process agar dapat melakukan modifikasi dengan menginstal kernel atau menghapus aplikasi bawaan agar ponsel menjadi ringan.

Jika kalian yang saat ini sedang mencari langkah-langkah tentang Cara Unlock Bootloader Motorola Moto E XT1021, maka kamu bisa mengetahuinya dengan mengikuti tutorial yang akan saya jelaskan di bawah ini dengan lengkap. Dengan begitu, maka nanti phone can melakukan proses instalasi Recovery TWRP atau Root dengan menggunakan file Magisk.

Cara Unlock Bootloader Motorola Moto E XT1021 Dengan Benar

Motorola Moto E XT1021 merupakan salah satu Smartphone Android yang telah di produksi oleh Motorola pada tahun 2014. Untuk pertama kalinya digunakan, in the phone sudah menggunakan Android versi 4.4.2 dan dapat di upgrade ke Android 5.1. Bagi setiap pengguna ponsel ini, maka ia wajib menginstal Motorola USB Driver di perangkat komputer mereka.

Ponsel ini memiliki ukuran layar sebesar 4,3” dan resolusi sebesar 540 x 960 pixels, serta telah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3. Dengan kualitas layar yang telah terlindungi seperti ini telah membuat ponsel Motorola menjadi ponsel yang tangguh. Sedangkan dalam urusan file Unlock Bootloadernya dapat di download dengan menggunakan file zip.

Sedangkan untuk kualitas performanya telah dibekali dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 200, CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7, dan GPU Adreno 302. Dengan mengusung spesifikasi seperti ini, cukup kuat untuk ponsel di kelasnya. Untuk kamu yang saat ini sedang mencari tutorial Cara Unlock Bootloader Motorola XT1021, silahkan lihat di bawah ini.

1. Persyaratan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu

Sebelum kamu memulai proses Unlock Bootloader pada ponsel Motorola yang satu ini, kamu harus mempersiapkan dahulu semua syarat-syarat yang diperlukan dan at your own risk oleh kalian. Karena setiap syarat tersebut bisa menjadi salah satu faktor keberhasilan.

Nah, untuk syarat-syaratnya dapat kamu lihat melalui daftar di bawah ini.

  • Pastikan kondisi baterai ponsel sudah terisi daya minimal 50% atau lebih.
  • Pastikan di komputer kamu telah terinstal Motorola USB Driver.
  • Pastikan kamu mempunyai koneksi internet yang stabil dan lancar.
  • Pastikan download semua bahan-bahan yang akan diperlukan.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan.
  • Backup seluruh data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.

2. Download semua bahan yang diperlukan

Untuk semua file-file yang akan digunakan untuk proses Unlock Bootloader pada ponsel Motorola XT1021, kamu bisa mengambilnya melalui link di bawah ini. Namun pastikan dahulu kalau kamu sudah backup your data yang terdapat di dalam penyimpanan internal ponsel.

Nah, silahkan kamu download semua bahan-bahannya di bawah ini.

3. Langkah-langkah Unlock Bootloader pada Motorola Moto E XT1021

Setelah selesai mempersiapkan semua persyaratan dan bahannya, sekarang kamu tinggal melakukan proses Unlock Bootloader pada ponsel tersebut sebelum kamu memulai proses install Custom ROM. Untuk proses UBL ini, disini saya akan menggunakan metode official.

Nah, untuk langkah-langkahnya bisa kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

3.1. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan yang terdapat pada ponsel kamu.
  2. Selanjutnya pilih About Phone.
  3. Selanjutnya tap 7x pada Build Number.
  4. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan, lalu pilih Developer Options.
  5. Selanjutnya cari OEM Unlock dan USB Debugging, lalu beri tanda centang atau aktifkan tombol pada kedua pilihan tersebut.
  6. Jika sudah, maka ponsel Motorola kamu sudah berhasil di Enable USB Debugging dan OEM Unlock.
  7. Selesai.

3.2. Langkah-langkah Unlock Bootloader

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder agar mudah ditemukan.
  3. Selanjutnya install Motorola USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya matikan ponsel Motorola kamu sampai dalam kondisi benar-benar mati.
  5. Selanjutnya nyalakan ponsel Motorola kamu ke dalam Fastboot Mode.
  6. Untuk dapat melakukannya, silahkan tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan.
  7. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan USB cable.
  8. Selanjutnya buka folder Minimal Adb and Fastboot yang tadi telah kamu extract, lalu jalankan command prompt melalui folder tersebut.
    1. Windows 7: Klik kanan pada area kosong di dalam folder tersebut sambil menekan tombol Shift pada keyboard, lalu pilih Open command window here.
    2. Windows 10: Klik pada kolom address bar, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  9. Selanjutnya masukkan perintah mfastboot devices pada layar command prompt yang tadi telah kamu buka, lalu tekan enter.
  10. Selanjutnya masukkan perintah mfastboot oem get_unlock_data dan tekan enter.
  11. Maka nanti kamu akan melihat kode yang seperti ini.
    Cara Unlock Bootloader Motorola Moto E XT1021 Dengan Benar #1

  12. Selanjutnya copy semua kode tersebut tanpa menggunakan (bootloader) atau spasi.
  13. Pastikan semua kode tersebut tersambung dalam satu baris seperti ini (0A40040192024205#4C4D3556313230#30373731363031303332323239#BD008A672BA4746C2CE02328A2AC0C39F951A3E5#1F532800020000000000000000000000).
  14. Selanjutnya buka halaman website Unlock Bootloader Motorola Official.
  15. Selanjutnya scroll ke bawah dan klik Next.
  16. Maka nanti kamu akan diminta untuk login ke dalam halaman tersebut.
  17. Selanjutnya silahkan login dahulu atau buat akunnya terlebih dahulu jika kamu belum mempunyainya.
    Cara Unlock Bootloader Motorola Moto E XT1021 Dengan Benar #2

  18. Jika sudah, lalu kembali ke halaman sebelumnya.
  19. Selanjutnya scroll ke bawah dan pastekan kode yang tadi telah kamu copy ke dalam kolom seperti pada gambar di bawah ini.
    Cara Unlock Bootloader Motorola Moto E XT1021 Dengan Benar #3

  20. Selanjutnya klik pada bagian Can my device be unlocked?.
  21. Selanjutnya klik pada bagian I Agree.
    Cara Unlock Bootloader Motorola Moto E XT1021 Dengan Benar #4

  22. Selanjutnya klik pada bagian Request Unlock Key button.
  23. Selanjutnya kamu tunggu saja sampai mendapatkan email dari Motorola yang berisikan Unlock Code, mungkin akan membutuhkan waktu 2 jam atau 2 hari.
  24. Setelah kamu mendapatkan email dari Motorola yang berisikan Unlock Code, lalu copy Unlock code tersebut.
  25. Selanjutnya masukkan kembali ponsel Motorola ke dalam Fastboot Mode dan jalankan command prompt dengan mengikuti langkah yang sebelumnya.
  26. Selanjutnya masukkan perintah mfastboot oem unlock “Unlock Code” dan tekan enter.
  27. Untuk bagian “Unlock Code” silahkan kamu ganti dengan Unlock Code yang telah diberikan oleh Motorola melalui email tanpa menggunakan tanda “.
  28. Selanjutnya restart ponsel Motorola kamu.
  29. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan successfully unlocked bootloader dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas. Sekarang ponsel kamu sudah terbuka bootloader dan kamu pun bisa langsung memulai proses instalasi Recovery TWRP dan Root untuk memulai tahap modifikasi sistem android pada ponsel tersebut.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat melakukan Unlock Bootloader pada ponsel Motorola Moto E XT1021, kamu harus mempunyai Unlock Code terlebih dahulu yang hanya bisa didapatkan melalui Website Resmi Motorola. Jika kamu tidak mempunyai kode atau password tersebut, maka kamu tidak akan dapat membuka kunci bootloader pada ponsel ini.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: