Cara Install TWRP Motorola Moto E XT1021 Dengan Benar - Tips Tutorial Bersama

Senin, 19 September 2022

Cara Install TWRP Motorola Moto E XT1021 Dengan Benar

Cara Install TWRP Motorola Moto E XT1021 Dengan Benar

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai TWRP Motorola Moto E XT1021. Fitur tersebut sangat berguna untuk kamu yang ingin melakukan root pada Android Devices Motorola yang satu ini. Akan tetapi, untuk cara pemasangannya sendiri akan membutuhkan perangkat PC atau laptop.

Seperti yang diketahui, bahwa setiap pengguna ponsel android yang ingin memodifikasi sistemnya agar dapat berjalan secara maksimal, maka mereka akan membutuhkan Custom Recovery TWRP. Karena TWRP merupakan langkah awal untuk proses modifikasi tersebut. Tanpa adanya recovery, maka kamu tidak dapat melanjutkan ke tahap root atau yang lainnya.

Pasti sebagian besar pengguna android yang ingin memasang TWRP pada ponselnya, biasanya mereka sudah mengenal baik akan fitur yang satu ini. Tetapi untuk kamu yang belum mengenal baik atau belum pernah mencoba menginstalnya di ponsel, ada baiknya jika kamu mengetahui dahulu semua resiko apapun yang nantinya akan terjadi.

TWRP (Team Win Recovery Project) merupakan sebuah Mode Custom Recovery yang bersifat open source dan dapat digunakan pada perangkat ponsel yang menggunakan sistem operasi android. Untuk kalian yang saat ini ingin Install TWRP Motorola Moto E XT1021, maka kamu harus download the TWRP Recovery tersebut melalui halaman ini.

Cara Install TWRP Motorola Moto E XT1021 Dengan Benar

Motorola Moto E XT1021 merupakan salah satu Smartphone Android yang telah di produksi oleh Motorola pada tahun 2014. Untuk pertama kalinya digunakan, ponsel ini sudah menggunakan Android versi 4.4.2 dan dapat di upgrade ke Android 5.1. Bagi setiap pengguna ponsel ini, maka ia wajib menginstal Motorola USB Driver di perangkat komputer mereka.

Ponsel ini memiliki ukuran layar sebesar 4,3” dan resolusi sebesar 540 x 960 pixels, serta telah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3. Dengan kualitas layar yang telah terlindungi seperti ini telah membuat ponsel Motorola menjadi ponsel yang tangguh. Sedangkan dalam urusan file TWRP-nya dapat di download dengan menggunakan file zip.

Sedangkan untuk kualitas performanya telah dibekali dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 200, CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7, dan GPU Adreno 302. Dengan mengusung spesifikasi seperti ini, cukup kuat untuk ponsel di kelasnya. Untuk kamu yang saat ini sedang mencari tutorial Cara Install TWRP Motorola Moto E XT1021, silahkan lihat di bawah ini.

1. Persyaratan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu

Sebelum kamu memulai proses Install TWRP pada ponsel Motorola yang satu ini, kamu harus mempersiapkan dahulu semua syarat-syarat yang diperlukan. Karena setiap syarat tersebut bisa menjadi salah satu faktor keberhasilan selama proses installing TWRP ini berlangsung.

Nah, untuk syarat-syaratnya dapat kamu lihat melalui daftar di bawah ini.

  • Pastikan kondisi baterai ponsel sudah terisi daya minimal 50% atau lebih.
  • Pastikan di komputer kamu telah terinstal Motorola USB Driver.
  • Pastikan kamu mempunyai koneksi internet yang stabil dan lancar.
  • Pastikan download semua bahan-bahan yang akan diperlukan.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan.
  • Backup seluruh data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.

2. Download semua bahan yang diperlukan

Untuk semua file-file yang akan digunakan untuk proses instalasi TWRP pada ponsel Motorola XT1021, kamu bisa mengambilnya melalui link di bawah ini. Setelah prosesnya selesai, lalu extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.

Nah, silahkan kamu download Motorola Moto E semua bahan-bahannya disini.

3. Langkah-langkah Install TWRP pada Motorola Moto E XT1021

Setelah selesai mempersiapkan semua persyaratan dan bahan-bahannya, sekarang kamu tinggal melakukan proses instalasi TWRP pada ponsel tersebut. Untuk proses pemasangan ini, disini saya akan menggunakan metode melalui command prompt atau cmd.

Nah, untuk caranya bisa kamu lihat melalui step by step di bawah ini.

3.1. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan pada ponsel kamu.
  2. Selanjutnya pilih About Device.
  3. Selanjutnya tap 7x pada MIUI Version.
  4. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan, lalu pilih Developer Options.
  5. Selanjutnya cari OEM Unlock dan USB Debugging, lalu beri tanda centang atau aktifkan tombol pada kedua pilihan tersebut.
  6. Jika sudah, maka ponsel Motorola kamu sudah berhasil di Enable USB Debugging dan OEM Unlock.
  7. Selesai.

3.2. Langkah instalasi TWRP

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika pada ponsel kamu belum dilakukan Unlock Bootloader, kamu dapat melakukannya melalui artikel yang telah saya berikan pada bagian Baca Juga.
  3. Jika ponsel kamu sudah di Unlock Bootloader, lalu download semua bahan-bahan yang akan digunakan pada download link yang telah saya sediakan di atas.
  4. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder agar mudah ditemukan.
  5. Selanjutnya install Motorola USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  6. Selanjutnya rename TWRP Recovery Image File yang tadi telah kamu download menjadi recovery.img.
  7. Selanjutnya pindahkan file TWRP tersebut ke dalam folder Minimal Adb and Fastboot yang tadi telah kamu extract.
  8. Selanjutnya jalankan command prompt melalui folder Adb and Fastboot.
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot yang sudah di extract, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder tersebut sambil menekan tombol Shift pada keyboard, lalu pilih Open command window here.
    2. Windows 10: Buka folder adb and fastboot yang sudah di extract, lalu klik pada kolom address bar, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  9. Selanjutnya matikan ponsel Motorola kamu dan nyalakan ke dalam Fastboot Mode.
  10. Untuk dapat melakukannya, silahkan tekan dan tahan Volume Bawah + Power button secara bersamaan.
  11. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  12. Selanjutnya masukkan perintah fastboot devices di dalam layar command prompt yang tadi telah kamu buka, lalu tekan enter.
  13. Selanjutnya masukkan perintah adb reboot bootloader dan tekan enter.
  14. Selanjutnya masukkan perintah fastboot flash recovery recovery.img dan tekan enter.
  15. Selanjutnya masukkan perintah fastboot reboot / adb reboot recovery dan tekan enter.
  16. Maka nanti ponsel akan langsung masuk ke dalam Recovery Mode secara otomatis.
  17. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan instalasi TWRP di Motorola Moto E XT1021 dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas. Sekarang kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap root pada ponsel tersebut. Jika kamu ingin mengetahui Cara Root Motorola Moto E XT1021, silahkan kamu lihat melalui artikel yang telah saya berikan di atas.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Recovery TWRP pada ponsel Motorola Moto E XT1021 merupakan sebuah fitur yang dapat digunakan untuk membantu penggunanya melakukan proses Root atau instalasi Custom ROM. Tanpa adanya mode recovery ini, maka mereka tidak akan dapat melakukan kustomisasi terhadap sistem androidnya.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments