Cara Membagi Partisi Hardisk Menjadi Dua Bagian - Tips Tutorial Bersama

Selasa, 16 Agustus 2022

Cara Membagi Partisi Hardisk Menjadi Dua Bagian

Cara Membagi Partisi Hardisk Menjadi Dua Bagian

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Membagi Partisi Hardisk menjadi dua bagian tanpa harus melakukan install ulang atau menghapus data. Selain membagi partisi hardisk komputer, tetapi kamu juga bisa melakukan extend volume hardisk agar menjadi besar kapasitas penyimpanannya.

Untuk sebagian besar pengguna komputer seperti PC atau laptop, tentunya mereka sudah tidak asing dengan yang namanya hardisk. Pasalnya hardisk merupakan sebuah perangkat keras atau hardware yang tersedia di komputer sebagai tempat penyimpanan data. Namun tidak banyak orang yang mengetahui cara partisi hardisk di Windows 10 atau versi yang lainnya.

Biasanya setiap PC atau laptop ketika waktu pertama kali membelinya hanya akan disediakan dengan satu partisi saja, yaitu Local Disk C (Data C). Karena setiap perangkat komputer yang telah diproduksi akan menggunakan satu partisi secara default sebagai tempat penyimpanan utamanya. Alhasil penggunanya merasa tidak nyaman jika hanya dengan satu partisi saja.

Jika komputer hanya menggunakan satu partisi, maka dikemudian hari jika terjadi kegagalan sistem, maka penggunanya tidak dapat backup data atau memindahkannya ke tempat lain. Oleh karena itu melalui artikel berikut ini, disini saya akan membuatkan Cara Membagi Partisi Hardisk windows 10. Selain itu cara ini juga dapat dilakukan pada Windows 8 atau Windows 7.

Manfaat Partisi Hardisk Menjadi Dua Bagian

Membuat suatu komputer yang memiliki dua partisi hardisk seperti Local Disk C dan Local Disk D dapat membuat PC yang sudah terinstall windows akan terlihat menjadi lebih rapi. Local Disk C akan dijadikan tempat penyimpanan instalasi sistem windows, sedangkan Local Disk D akan dijadikan sebagai tempat penyimpanan untuk data-data penting dari pemiliknya.

Untuk membagi dengan menggunakan dua partisi bisa dimanfaatkan untuk menyelamatkan seluruh data-data penting jika suatu saat terjadi error atau crash pada operating system windows dan mengharuskan penggunanya untuk mengambil tindakan install ulang. Sedangkan jika hanya tersedia satu partisi, maka penggunanya akan kehilangan seluruh data tersebut.

Jika kamu tertarik ingin membuat partisi baru terhadap PC atau laptop yang digunakan, maka kamu bisa melihat langkah-langkahnya dalam Cara Membagi Partisi Hardisk Di Windows 10 di bawah ini. Ada satu hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu adalah bahwa cara ini bisa dilakukan tanpa harus melalui proses install ulang agar bisa menjadi dua bagian partisi hardisk.

Cara Membagi Partisi Hardisk Menjadi Dua Bagian

Untuk teman-teman yang menggunakan komputer yang hanya memiliki Drive C dan tidak ada Drive D nya, lalu kamu ingin menambahkan partisi D tersebut, silahkan kamu simak caranya melalui penjelasan yang akan saya sampaikan di bawah ini secara lengkap.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka halaman Computer Management.
  2. Untuk dapat melakukannya klik kanan pada My Computer, lalu pilih Manage.
  3. Selanjutnya klik Disk Management yang terletak pada bagian menu sebelah kiri.
  4. Selanjutnya klik kanan pada Local Disk C atau Windows C yang terletak pada layar sebelah kanan.
  5. Selanjutnya pilih Shrink Volume, maka nanti akan muncul notifikasi yang bertuliskan Querying volume for available shrink space, please wait.
  6. Selanjutnya lihat pada bagian Size of available shrink space in MB, disana akan terlihat total penyimpanan yang tersisa dari Data C yang ada di PC.
  7. Selanjutnya pada bagian Enter the amount of space to shrink in MB, silahkan kamu ganti angkanya sesuai kapasitas partisi hardisk baru yang kalian inginkan.
  8. Jika sudah, lalu klik tombol Shrink.
  9. Maka nanti pada tampilan Disk Management akan muncul partisi baru yang ditandai dengan warna hitam yang bertuliskan Unallocated.
  10. Selanjutnya klik kanan pada partisi tersebut, lalu pilih New Simple Volume.
  11. Maka nanti akan muncul layar Welcome to the New Simple Volume Wizard, lalu klik Next >> Next >> Next >> Next >> Finish.
  12. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini agar website saya semakin berkembang dan dapat memberikan artikel-artikel yang bermanfaat lainnya.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil membuat partisi baru pada penyimpanan di dalam PC atau laptop yang kamu gunakan tersebut. Sekarang kamu sudah bisa menyimpan berbagai file atau data apapun ke dalam drive yang tadi telah kamu buat.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Membagi Partisi Hardisk 500GB Menjadi 2 Partisi bisa dilakukan tanpa menggunakan software apapun. Kamu hanya cukup memanfaatkan fitur disk management yang tersedia di dalam PC kalian masing-masing. Tidak hanya itu, tetapi dengan membagi partisi hardisk juga bisa dilakukan tanpa harus melalui install ulang windows.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments