Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 8.1 - Tips Tutorial Bersama

Selasa, 16 Agustus 2022

Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 8.1

Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 8.1

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Membuat Flashdisk Bootable Windows 8.1. Bootable flashdisk ini dapat digunakan untuk melakukan install windows yang mengalami kerusakan sistem seperti terkena malware. Oleh sebab itu sebagian orang lebih menggunakan cara ini untuk mengatasinya.

Saat ini sudah tersedia berbagai brand PC atau laptop yang telah disediakan oleh beberapa pabrikan elektronik ternama di dunia. Salah satu brand tersebut telah mengeluarkan perangkat laptop yang dapat digunakan sebagai DVD Drive. Untuk jenis laptop yang satu ini tidak dapat melakukan install ulang melalui file ISO Windows yang dibuat ke dalam CD/DVD.

Hal tersebut akan menyulitkan penggunanya yang ingin melakukan proses menginstall windows ke dalam perangkatnya tersebut. Sebenarnya pada laptop yang tidak tersedia DVD Rom masih dapat dilakukan dengan menggunakan DVD Rom Eksternal. Akan tetapi untuk satu media tersebut di jual dengan harga yang tidak sedikit.

Oleh karena itu dengan harga yang cukup lumayan tinggi banyak orang yang tidak ingin membeli satu set eksternal tersebut. Nah, untuk mengatasinya sebagian orang lebih memilih media USB Flashdisk sebagai alternatifnya. Beruntung, karena pada halaman ini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Membuat USB Bootable Windows 8.1 / Windows 8.

Persiapan Sebelum Membuat Bootable Flashdisk

Pada Cara Membuat Bootable Windows 8.1 Di Flashdisk yang akan saya jelaskan pada langkah-langkah di bawah ini tidak hanya dapat digunakan untuk versi windows itu saja, tetapi juga dapat dilakukan pada semua versi windows termasuk Windows 7 32 bit atau 64 bit. Hanya saja yang harus kamu persiapkan adalah file ISO dari windows tersebut.

Nah, berikut ini adalah semua persiapan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu sebelum membuat installer windows ke dalam USB Flashdisk.

  • Pastikan kamu telah memiliki jaringan internet yang stabil.
  • Pastikan kamu telah menyiapkan USB Flashdisk dengan ukuran minimal 8 GB.
  • Pastikan kamu telah mendownload file ISO Windows 8.1 Pro.
  • Pastikan kamu telah mendownload software Rufus versi terbaru.

Itulah semua persiapan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu sebelum memulai proses cara membuat bootable flashdisk Windows 8.1 Pro yang satu ini. Jika kamu sudah menyiapkan perangkat flashdisk yang telah disarankan, kamu bisa langsung memulai download ISO Windows 8.1 Pro dengan melalui link di bawah ini.

Download Semua File Yang Akan Diperlukan

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa di bawah ini telah saya sediakan beberapa file yang harus kamu persiapkan sebelum memulai membuat bootable. Pastikan kamu telah mempunyai file untuk windows yang akan dijadikan installer windows tersebut.

Nah, untuk bahan-bahannya dapat kamu download di bawah ini secara lengkap.

File Name Link Download
ISO Windows 8.1 Pro TeraBox
Rufus v3.17 TeraBox

Password ISO Windows 8.1 Pro: www.tipstutorialbersama.com/03-03-2022

Setelah kalian mengunduh semua file di atas, sekarang kamu bisa langsung membuat installer windowsnya ke dalam flashdisk. Selain itu, cara ini juga dapat diterapkan pada kalian yang ingin membuat bootable Windows 10 ke dalam USB Flashdisk.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 8.1

Untuk membuat bootable windows yang satu ini, disini saya akan menggunakan Rufus versi terbaru. Karena software Rufus ini sudah terpercaya oleh banyak orang sejak beberapa tahun yang lalu dalam urusan membuat installer windows. Selain itu cara penggunaannya pun sangat mudah dan ukuran aplikasinya tidak sebesar pada software lainnya.

Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya sambungkan USB Flashdisk ke dalam PC atau laptop, lalu format dahulu flashdisk tersebut.
  4. Pastikan untuk memformat flashdisk menggunakan file system Fat32.
  5. Selanjutnya buka aplikasi Rufus yang tadi telah kamu extract.
  6. Selanjutnya klik pada tombol Select dan pilih file ISO Windows 8.1 yang tadi telah kamu extract.
  7. Selanjutnya pada bagian Partition scheme pilih ke MBR.
  8. Selanjutnya pada bagian Target system pastikan ke BIOS (or UEFI-CSM).
  9. Selanjutnya pada bagian File system pilih ke NTFS.
  10. Jika semua hal di atas sudah kamu lakukan semuanya, lalu klik Start untuk memulai proses pembuatan installer flashdisk.
  11. Selanjutnya kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu antara 15 - 20 menit.
  12. Jika prosesnya sudah selesai, lalu klik tombol Close.
  13. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini agar website saya semakin berkembang dan dapat memberikan artikel-artikel yang bermanfaat lainnya.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan cara membuat bootable USB Flashdisk dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan. Sekarang kamu bisa langsung memulai proses install ulang Windows 8.1 dengan menggunakan bootable flashdisk tersebut.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah bootable flashdisk atau biasa yang disebut sebagai flashdisk installer windows merupakan sebuah perangkat yang dapat digunakan untuk melakukan install ulang pada PC atau laptop. Sebagian besar pengguna komputer yang mengalami masalah pada operating system, biasanya mereka akan melakukan install ulang melalui flashdisk.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini mengenai Cara Membuat Bootable Windows 8.1 Dengan Rufus dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments