Cara Update Windows 10 Dengan Sangat Mudah - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 27 Januari 2022

Cara Update Windows 10 Dengan Sangat Mudah

Cara Update Windows 10 Dengan Sangat Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Update Windows 10. Nah, untuk teman-teman yang saat ini ingin mengetahui hal tersebut, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini. Tentu saja cara tersebut dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Seperti yang sudah kita ketahui selama ini, bahwa Microsoft merupakan salah satu perusahaan terbesar yang ada di dunia. Setiap produk besutannya telah laris terjual di pasaran, baik secara internasional maupun nasional. Bahkan belum lama ini mereka telah meluncurkan produk sistem operasi windows terbaru mereka yang diberi nama sebagai Windows 11.

Akan tetapi sampai saat ini ternyata faktanya bahwa kebanyakan orang dari belahan dunia masih menggunakan sistem operasi Windows 10 untuk perangkat komputer mereka. Sebenarnya untuk Windows 10 sendiri performa dan berbagai fitur di dalamnya sudah sangat baik, oleh karena itu mengapa masih saja banyak orang yang menggunakan windows ini.

Walaupun demikian tapi bukan berarti mereka tidak ingin menggunakan Windows 11 tersebut. Selain itu persyaratan minimum Windows 11 harus sudah menggunakan spesifikasi di atas rata-rata. Nah, jika kamu tertarik ingin mengetahui Cara Update Windows 10 Ke Windows 11, kamu bisa mencoba mengikuti langkah-langkahnya dalam halaman ini.

Cara Update Windows 10 Dengan Sangat Mudah

Update Windows merupakan sebuah langkah yang biasa dilakukan oleh sebagian orang, terutama untuk mereka yang menggunakan komputer seperti PC atau laptop. Dengan melakukan cara update ini, maka penggunanya bisa memiliki sistem operasi terbaru yang berhasil di upgrade ke windows di atasnya atau versi yang lebih baru lagi.

Selain itu untuk proses update windows sendiri terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan, yaitu bisa melalui cara install ulang atau tanpa install ulang. Untuk kedua hal tersebut, tentu saja ada yang bisa dilakukan dan yang tidak. Misalnya saja pada seseorang yang menggunakan Windows 10 original, maka bisa menggunakan cara tanpa install ulang.

Jika mereka menggunakan sistem operasi Windows 10 yang tidak original, lalu ia mencoba upgrade windows dengan melalui pembaruan Windows 10, maka biasanya prosesnya akan mengalami kegagalan dengan stuck di tengah jalan. Itulah perbedaan antara kedua pengguna Windows 10 yang original dan yang tidak dalam sudut pandang update windows.

Pada penjelasan yang akan saya beritahukan pada halaman postingan ini, disini saya akan menjelaskan untuk update windows bagi mereka yang menggunakan windows original. Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan Cara Update Windows 10 1903 original yang telah saya sediakan di bawah ini secara lengkap.

Persyaratan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu

Sebelum memulai proses update windows yang satu ini, pastikan dahulu kalau kamu sudah mengikuti semua persiapannya dahulu. Karena semua syarat-syarat tersebut bisa menjadi salah satu faktor untuk mencapai keberhasilan.

Nah, untuk syarat-syaratnya dapat kamu lihat melalui daftar di bawah ini.

  • Backup dahulu semua data-data yang terdapat di dalam Data C maupun D.
  • Koneksi internet yang stabil, lebih disarankan untuk menggunakan jaringan wifi.
  • Sisakan space Data C sebesar minimal 40 GB.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan di bawah ini.

1. Melalui update assistant

Cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan menggunakan opsi update assistant. Karena opsi yang satu ini merupakan salah satu metode yang termudah untuk melakukan update di Windows 10 tersebut.

Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu ikuti melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan Download Windows Update Assistant.
  2. Setelah proses downloadnya sudah selesai, lalu jalankan aplikasi tersebut.
  3. Selanjutnya close semua aplikasi atau layar apapun yang terdapat pada komputer kalian, kecuali Windows Update Assistant ini.
  4. Selanjutnya klik tombol Update Now yang terdapat pada layar Windows Update Assistant.
  5. Selanjutnya klik Next dan tunggu beberapa saat sampai proses pengecekannya selesai.
  6. Setelah proses pengecekannya sudah selesai, lalu klik Next.
  7. Maka nanti kamu akan masuk ke dalam halaman Installing Windows 10, lalu tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  8. Jika prosesnya sudah selesai, lalu klik Restart Now.
  9. Maka nanti proses update akan langsung berjalan secara otomatis, lalu kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai.
  10. Jika prosesnya sudah selesai, maka nanti akan langsung masuk ke dalam sistemnya secara otomatis.
  11. Selesai.

2. Melalui windows update

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan menggunakan fitur Windows Update yang terdapat pada Windows 10. Cara yang satu ini juga dapat kamu lakukan dengan sangat mudah dan tidak perlu melakukan install ulang.

Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka menu Pengaturan atau Settings yang terdapat pada Windows 10 kamu.
  2. Selanjutnya pilih menu Update & Security.
  3. Selanjutnya pilih Windows Update yang terletak di menu sebelah kiri.
  4. Selanjutnya klik Check for updates yang terletak pada layar sebelah kanan.
  5. Selanjutnya tinggal kamu tunggu saja sampai proses pengecekannya selesai.
  6. Jika proses pengecekannya sudah selesai, maka nanti kamu akan melihat semua daftar komponen apa saja yang minta di update.
  7. Selanjutnya klik Download and Install pada salah satu komponen tersebut.
  8. Selanjutnya tunggu sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu sedikit lama tergantung dari file apa yang sedang di update tersebut.
  9. Jika proses updatenya sudah selesai, lalu Restart PC atau laptop yang kalian gunakan tersebut.
  10. Selesai.

3. Melalui media creation tool

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan mengenai update windows adalah dengan menggunakan bantuan dari Media Creation Tool. Untuk cara yang satu ini hampir sama dengan yang menggunakan cara pertama, tapi terdapat sedikit perbedaan.

Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan Download Media Creation Tool Windows 10.
  2. Setelah proses downloadnya sudah selesai, lalu jalankan file tersebut.
  3. Setelah aplikasinya berhasil terbuka, lalu klik Accept >> Upgrade this PC now >> Next.
  4. Maka nanti kamu akan memulai proses download Windows 10 versi terbaru.
  5. Selanjutnya tunggu saja sampai proses downloadnya selesai.
  6. Setelah proses downloadnya selesai, lalu klik Accept dan proses pengecekan akan langsung berjalan.
  7. Setelah proses pengecekannya sudah selesai, lalu klik Install.
  8. Selanjutnya kamu tunggu sampai proses instalasi windows tersebut selesai.
  9. Setelah proses instalasinya sudah selesai, maka akan langsung masuk ke dalam OSnya.
  10. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan update pada Windows 10 dengan menggunakan langkah-langkah yang telah saya sampaikan melalui penjelasan di atas. Setelah PC atau laptop kamu sudah di update ke versi windows yang terbarunya, kamu juga harus melakukan penjadwalan secara manual terhadap sistem update tersebut.

Cara Menjadwalkan Pembaruan Pada Windows 10

Hal ini berguna agar komputer windows kamu akan selalu terupdate ke versi terbarunya. Nah, untuk dapat melakukan hal tersebut, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya yang akan saya sampaikan melalui penjelasan singkat di bawah ini. Pastikan untuk mengikuti setiap instruksi yang telah saya sampaikan jika ingin melakukannya dengan benar.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka menu Pengaturan atau Settings.
  2. Selanjutnya pilih Update & Security.
  3. Selanjutnya pilih menu Windows Update yang terletak pada menu sebelah kiri.
  4. Selanjutnya pilih Advanced options yang terletak pada layar sebelah kanan.
  5. Maka nanti kamu akan diarahkan ke halaman berikutnya.
  6. Selanjutnya pada bagian Pause update, lalu klik Select date dan pilih tanggal berapa yang kalian inginkan.
  7. Hal tersebut berguna untuk menjadwalkan atau mengundur update agar tidak selalu update secara otomatis.
  8. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan penjadwalan atau penundaan update pada PC atau laptop yang menggunakan Windows 10. Dengan melakukan hal seperti ini, maka komputer kalian tidak akan selalu melakukan update dengan sendirinya. Selain itu cara ini juga dapat digunakan secara manual untuk mengecek updatenya.

Setelah komputer kamu sudah di upgrade windows ke yang paling terbaru, maka kamu akan bisa menggunakan layanan fitur baru yang telah tersedia secara bawaan pada versi windows tersebut. Tidak hanya itu saja, tetapi jika kamu mengalami kesulitan atau masalah apapun, kamu dapat mencarinya melalui fitur dukungan untuk windows yang terdapat di pengaturan.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah bahwa untuk dapat melakukan Cara Update Windows 10 Dengan Cepat bisa dilakukan dengan salah satu metode di atas. Karena semua cara tersebut bisa digunakan untuk menjalankan windows update tanpa harus melalui proses install ulang yang langkah-langkahnya sedikit rumit dan beresiko kehilangan semua data-data penting.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.


Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: