Cara Mengetahui Windows 11 System Requirements - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 18 Agustus 2022

Cara Mengetahui Windows 11 System Requirements

Cara Mengetahui Windows 11 System Requirements

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membahas topik komputer yang berjudul Windows 11 System Requirements. Pada akhir tahun 2021 kemarin, perusahaan Microsoft telah meluncurkan operating system terbaru mereka yang diberi nama sebagai Windows 11.

Mungkin untuk sebagian besar pengguna PC atau laptop yang menggunakan Windows 10 bertanya-tanya, apakah untuk melakukan upgrade ke Windows 11 harus menggunakan spesifikasi yang khusus. Tentu saja sebagian dari mereka ada yang berpikiran seperti ini, karena Windows 11 tidak begitu compatible 64-bit processor dari Windows 10.

Hal tersebut bisa saja disebabkan karena beberapa faktor, mungkin salah satunya adalah PC atau laptop windows masih banyak yang belum menerima pembaruan OS terbaru. Sedangkan untuk pengguna yang tidak mendapatkan informasi pembaruan tersebut, tentu saja mereka akan berpikiran bahwa komputer yang digunakannya tidak supports Windows 11.

Padahal itu semua belum tentu tidak mendukung, bisa saja pada laptopnya telat menerima pembaruan ke Windows 11. Banyak orang yang ingin mencoba menginstal Windows 11 di komputernya, karena pada versi sistem operasi yang satu ini memiliki fitur-fitur menarik yang tidak akan ditemukan pada windows terdahulunya, salah satunya adalah PC Health Check App.

Cara Mengetahui Windows 11 System Requirements

Jika kamu pernah membuka website resmi Microsoft, pasti pada halaman tersebut kamu akan mengetahui sedikit informasi tentang Windows 11 System Requirements Checker. Sangat penting sekali untuk mengetahui spesifikasi yang disarankan sebelum memulai proses installing Windows 11 di PC atau laptop. Karena itu semua demi kelancaran pemakaiannya.

Microsoft Corporation pernah mengatakan beberapa informasi mengenai awal peresmian Windows 11 ke publik, yaitu pada Windows 11 hanya dapat dinikmati oleh komputer baru saja. Sedangkan bagi mereka yang masih menggunakan running Windows 10 tidak akan dapat menikmati performa dari sistem operasi Microsoft terbaru tersebut.

Nah, berikut di bawah ini telah saya sediakan informasi mengenai beberapa spesifikasi khusus yang dapat menjalankan Windows 11 di PC atau laptop. Satu hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu, bahwa sebelum melakukan instalasi Windows 11, pastikan dahulu kalau kapasitas penyimpanan Data C kalian tersedia sekitar 64 GB atau di atasnya.

  • 64-bit processor.
  • 1 Ghz clock speed.
  • 4 GB of RAM.
  • 64 GB drive.
  • UEFI, Secure Boot capable.
  • TPM 2.0 (Trusted Platform Module).
  • A display larger than 9-inches with HD Resolution (1366x768).
  • DirectX 12 compatible graphics / WDDM 2.x.
  • Internet connection.

Bagaimana Jika System Saya Tidak Mendukung?

Audit Kesiapan Windows 11 requires yang dilakukan oleh LanSweeper mengungkapkan bahwa lebih dari 55% sistem perusahaan tidak menggunakan CPU yang didukung untuk menjalankan OS. Dengan tambahan 19% laptop dan PC yang disurvei gagal memenuhi persyaratan TPM trusted platform module TPM version 2.0.

Jadi jika kamu menemukan bahwa Microsoft tidak puas untuk upgrade to Windows 11, kamu tidak akan sendirian. Microsoft berpendapat bahwa persyaratan untuk Windows 11 ada untuk alasan keamanan. Jadi sementara alasannya dibenarkan, banyak dari kita masih akan frustasi karena Microsoft tidak mungkin mengubah pendiriannya tentang masalah yang satu ini.

Jika kamu mencoba menginstal Windows 11 pada perangkat yang tidak menggunakan minimum system requirements, maka kamu mungkin tidak akan menerima pembaruan dan semua dukungan di masa mendatang akan dihentikan. Jika kamu tetap mencoba dan memaksa penginstalan, beberapa pengguna telah melaporkan adanya beberapa masalah lainnya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Pembaruan Windows 11

Cara termudah untuk mendapatkan pembaruan Windows 11 adalah dengan memeriksa Update Windows pada PC yang sudah menggunakan meet the minimum system requirements pada Windows 10. Tetapi karena Microsoft meluncurkan Windows 11 secara perlahan selama berbulan-bulan, mungkin PC kalian belum menerima pembaruan tersebut.

Microsoft menawarkan beberapa cara untuk mengunduh Windows 11 secara manual. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Asisten Instalasi yang dapat kamu instal di PC untuk memicu penginstalan pemutakhiran normal melalui Pembaruan Windows. Namun instalasi Windows 11 Pro edition requires internet connectivity untuk mengunduhnya.

Yang kedua adalah dengan menggunakan Windows 11 Media Creation Tool yang mengotomatiskan proses pembuatan drive penginstalan USB yang dapat di-boot atau mengunduh file ISO penginstalan. Setelah kamu memiliki drive USB, maka kamu dapat mem-boot darinya untuk melakukan instalasi bersih termasuk driver graphics card.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini agar website saya semakin berkembang dan dapat memberikan artikel-artikel yang bermanfaat lainnya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Windows 11 System Requirements Checker Tool hanya dapat dilakukan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 10. Jika kamu sudah mendapatkan pembaruan, pastikan bahwa pada laptop kamu sudah tersedia internet connectivity and a Microsoft Accounts untuk memulai proses instalasinya.

Sedangkan untuk kamu yang ingin menginstal Windows 11 Home Edition requires internet connection untuk proses aktivasinya. Karena pada windows terbaru ini memang membutuhkan jaringan internet untuk aktivasi windowsnya. Tanpa adanya koneksi internet tersebut, maka PC atau laptop tidak akan dapat masuk ke dalam menunya.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: