Cara Mengatasi Error XINPUT1_3.dll Was Not Found Tanpa Install Ulang - Tips Tutorial Bersama

Rabu, 17 Agustus 2022

Cara Mengatasi Error XINPUT1_3.dll Was Not Found Tanpa Install Ulang

Cara Mengatasi Error XINPUT1_3.dll Was Not Found Tanpa Install Ulang

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai XINPUT1_3.dll. Sebenarnya sudah dapat fix this problem bisa dilakukan dengan sangat mudah dan tidak perlu melakukan tindakan install ulang. Untuk teman-teman yang sedang mengalami hal tersebut, silahkan kamu simak penjelasannya di bawah ini.

Sebagian besar pengguna komputer, terkadang mereka menemukan masalah seperti error XINPUT1_3.dll was not found. Error seperti ini kerap terjadi pada semua operating system folder ada salah satu file yang berformat dll terhapus atau tidak terinstal. Oleh karena itu mengapa bisa muncul notifikasi peringatan seperti tersebut ketika menjalankan aplikasi.

Biasanya terjadi pada aplikasi seperti game PC yang telah di install oleh penggunanya, bahkan sering terjadi pada semua windows seperti Windows 7 sampai dengan Windows 11. Masih banyak orang yang tidak mengetahui untuk mengatasi permasalahan error yang seperti ini, terutama untuk mereka yang tidak mengetahui apa-apa soal sistem yang tersedia di PC.

Dengan melalui artikel berikut ini, kamu dapat segera memperbaiki masalah error XINPUT1_3.dll was not found. Selain itu cara yang akan saya jelaskan di dalam halaman ini, kamu tidak perlu downloaded XINPUT1_3.dll. Kamu hanya cukup menggunakan perangkat lunak pendukung dari Microsoft yang telah disediakan secara gratis.

Penyebab Terjadinya Pesan Error XINPUT1_3.dll

Ada berbagai penyebab yang bisa menjadi terjadinya faktor kehilangan dll file di dalam sistem operasi windows yang akhirnya memunculkan pesan error The code execution cannot proceed because XINPUT1_3.dll. Error tersebut sering terjadi dan dialami oleh seseorang yang ingin menjalankan software atau game, walaupun sebagian besar dialami pada game di PC.

Untuk mengatasi masalah hal tersebut, kamu hanya cukup menginstal perangkat lunak pendukung agar komputer kamu dapat bekerja dan berjalan secara maksimal. Tanpa perangkat lunak pendukung tersebut, maka PC kamu akan tetap mengalami pesan error XINPUT1_3.dll walaupun kamu sudah melakukan langkah install ulang atau uninstall dari program tersebut.

Jika saat ini di antara teman-teman ada yang mengalami error messages seperti yang sudah saya sebutkan di atas, maka kamu bisa mengikuti caranya melalui penjelasan yang akan saya berikan di bawah ini. Tapi tenang saja, karena langkah-langkah solusinya tidak perlu menggunakan proses install ulang windows untuk dapat segera memperbaikinya.

Cara Mengatasi Error XINPUT1_3.dll Was Not Found Tanpa Install Ulang

Untuk dapat mengatasi atau memperbaiki error XINPUT1_3.dll was not found atau XINPUT1_3.dll is missing dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara yang berbeda. Jadi kamu bisa mencoba salah satu solusi yang akan saya jelaskan di bawah ini secara lengkap. Pastikan untuk selalu mengikuti setiap instruksi jika ingin prosesnya dapat berhasil.

1. Menggunakan perangkat lunak Microsoft DirectX

Cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan menggunakan software Microsoft DirectX. Untuk dapat menggunakan cara ini kamu tidak perlu melakukannya melalui command prompt, tetapi kamu hanya cukup menginstalnya saja di PC kalian masing-masing.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan Download Microsoft DirectX Latest Version.
  2. Selanjutnya install dahulu perangkat lunak tersebut di PC kalian dengan cara Run as administrator.
  3. Selanjutnya hapus software atau game yang mengalami error XINPUT1_3.dll.
  4. Selanjutnya Restart komputer kalian masing-masing.
  5. Selanjutnya install kembali software atau game tersebut.
  6. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil memperbaiki error XINPUT1_3.dll dengan menggunakan perangkat lunak pendukung Microsoft Directx. Dengan begitu, maka kamu tidak perlu repot-repot melakukan langkah update the drivers yang belum tentu akan berhasil.

2. Menggunakan perangkat lunak Microsoft Visual C++ Redistributable

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan untuk mengatasi pesan file dll error was not found atau is missing adalah dengan menggunakan perangkat lunak Microsoft Visual C++. Perangkat lunak yang satu ini merupakan software pendukung windows yang berfungsi untuk membaca bahasa pemrograman di komputer.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan Download Microsoft Visual C++ Redistributable.
  2. Selanjutnya install dahulu perangkat lunak tersebut di PC kalian masing-masing. Saya sarankan untuk menginstal semua versi dari Visual C++ 2003 sampai Visual C++ 2015.
  3. Selanjutnya hapus software atau game seperti Pro Evolution Soccer atau game yang lainnya yang tadi telah mengalami error.
  4. Selanjutnya Restart komputer kalian masing-masing.
  5. Selanjutnya install kembali software atau game yang sebelumnya mengalami pesan error.
  6. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini agar website saya semakin berkembang dan dapat memberikan artikel-artikel yang bermanfaat lainnya.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil mengatasi masalah error tersebut. Sekarang PC kamu sudah dapat start because XINPUT1_3.dll yang sebelumnya mengalami not found atau missing. Jika dengan menggunakan cara di atas masih tidak berhasil juga, silahkan kamu install ulang windows agar semua error pada sistem dapat dibersihkan semuanya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Mengatasi The code execution cannot proceed because XINPUT1_3.dll was not found dapat dilakukan dengan cara menginstal Microsoft DirectX atau Microsoft Visual C++ Redistributable. Jika sudah menginstal software tersebut, maka file dll yang dibutuhkan sudah tersedia di dalam folder windows system32 yang terdapat pada Data C.

Jika file yang telah saya berikan di atas tidak sesuai atau tidak terinstal di komputer kalian, maka kamu bisa mencoba versi lainnya yang dapat kamu download melalui Microsoft website official untuk memperbaiki error XINPUT1_3 dll. Karena di dalam website resmi Microsoft biasanya sudah tersedia semua versi untuk semua operating system windows apapun.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: