Cara Sharing Printer Di Windows 8 Dengan Lengkap Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 18 Agustus 2022

Cara Sharing Printer Di Windows 8 Dengan Lengkap Terbaru

Cara Sharing Printer Di Windows 8 Dengan Lengkap Terbaru

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membagikan sebuah tutorial mengenai Cara Sharing Printer Windows 8. Sharing printer untuk dapat berbagi satu printer yang terhubung dengan satu laptop ke laptop yang lainnya tanpa perlu bersusah payah melepaskan koneksi printer tersebut ke komputer lainnya.

Sedangkan untuk pengguna PC atau laptop yang menggunakan Windows 10 sudah dapat memakai fitur ini dengan sangat mudah. Selain itu juga dapat dilakukan dengan satu jaringan, serta cara settingannya pun tidak sulit. Jadi dengan kata lain, kamu bisa menggunakan printer kantor dan menggunakannya di rumah tanpa perlu membawa printer tersebut.

Akan tetapi ada satu syarat untuk dapat melakukannya, yaitu PC atau laptop yang berada di rumah maupun di kantor harus terhubung dengan jaringan wifi yang sama. Maka nanti kamu bisa mengirimkan perintah print untuk mencetak dokumen yang ingin kamu print tersebut. Apakah kamu tertarik ingin menggunakan fitur yang satu ini di laptop yang kalian pakai?

Jika iya, maka kamu bisa mengaktifkan fitur sharing printer tersebut dengan mengikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini. Selain itu, dengan mengikuti penjelasan yang akan saya berikan tersebut, kamu juga dapat melakukan Cara Sharing Printer Windows 8 Ke Windows 7 dengan sangat mudah dan tidak perlu mengkoneksikannya ke windows tersebut.

Persiapan Sebelum Memulai Proses Sharing Printer

Pasti di antara teman-teman pengguna komputer seperti PC atau laptop, tentunya masih banyak yang belum mengetahui tentang Cara Sharing Printer Windows 8 Dengan LAN. Sebenarnya untuk dapat berbagi printer ke komputer lainnya tidak hanya dapat dilakukan dengan menggunakan jaringan LAN saja, tetapi juga bisa dilakukan pada wifi.

Kelebihan menggunakan cara ini, kamu jadi tidak perlu membeli satu set alat printer baru atau melepas dan memasangkannya lagi ke device lain, kamu hanya cukup menggunakan satu printer saja dan sudah dapat mencetak berbagai dokumen untuk setiap komputer yang berada di dalam satu jaringan seperti LAN atau Wifi.

Cara kerja berbagi printer ini, bisa kamu lihat pada setiap warnet-warnet yang berada di sekitar lingkungan rumah kalian. Pada warnet tersebut biasanya hanya tersedia satu printer dan hanya berada pada komputer server. Nah, maka orang lain yang bermain di warnet tersebut dapat melakukan print dokumen dengan menggunakan PC yang berbeda.

Nah, berikut ini adalah semua daftar persiapan yang harus kamu persiapkan dahulu.

  • PC atau laptop yang menggunakan Windows 8.
  • Satu set printer yang telah terhubung dengan PC utama.
  • Pastikan untuk komputer lainnya sudah terhubung dengan satu jaringan ke komputer utama.

Cara Sharing Printer Di Windows 8 Dengan Lengkap Terbaru

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa di bawah ini akan saya jelaskan bagaimana cara melakukan sharing printer di PC atau laptop yang menggunakan Windows 8. Untuk cara yang akan saya jelaskan tersebut memiliki langkah-langkah yang sangat mudah.

Nah, untuk langkah-langkahnya bisa kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka menu Control Panel.
  2. Untuk dapat melakukannya, pertama buka layar My Computer >> lalu klik ikon tanda panah >> Control Panel.
    Cara Sharing Printer Di Windows 8 Dengan Lengkap Terbaru #1

  3. Selanjutnya klik pada View devices and printers yang terletak di bawah Hardware and Sound.
    Cara Sharing Printer Di Windows 8 Dengan Lengkap Terbaru #2

  4. Maka nanti kamu akan melihat nama printer yang telah terhubung di PC atau laptop utama.
  5. Selanjutnya kamu tinggal memilih printer yang diinginkan, lalu klik kanan pada nama printer yang ingin kamu share.
  6. Selanjutnya pilih Printer properties.
  7. Selanjutnya pada tampilan berikutnya pilih menu tab Sharing.
  8. Selanjutnya beri tanda centang pada kotak Share this printer, lalu klik OK.
  9. Selanjutnya kamu tinggal melakukan settingan pada komputer client yang ingin menggunakan fitur share printer tersebut.
  10. Pastikan pada komputer client sudah terhubung ke jaringan LAN atau Wifi yang sama dengan yang terdapat pada komputer server (utama).
  11. Selanjutnya buka menu Control Panel dan pilih Add a device yang di bawah bagian Hardware and Sound.
  12. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai komputer client selesai mendeteksi driver printer yang terdapat pada printer server.
  13. Setelah prosesnya selesai, maka nanti nama printer tersebut akan langsung terdeteksi secara otomatis.
  14. Selanjutnya pilih nama printer yang diinginkan, lalu klik Next >> Next >> Finish.
  15. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini agar website saya semakin berkembang dan dapat memberikan artikel-artikel yang bermanfaat lainnya.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan sharing printer di komputer client yang menggunakan Windows 8. Sekarang kamu sudah dapat menggunakan fitur tersebut untuk memulai proses print dokumen dengan menggunakan komputer client tanpa harus menghubungkan printer ke PC atau laptop tersebut.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah sharing printer merupakan sebuah fitur yang terdapat pada komputer yang menggunakan Operating System Windows, termasuk yang tersedia pada PC atau laptop yang menggunakan Windows 8. Dengan mengaktifkan fitur sharing printer memungkinkan untuk berbagi printer dengan laptop lain tanpa harus menghubungkannya.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini mengenai Cara Sharing Printer Windows 8 Dengan Wifi dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments