Cara Rekam Layar Windows 10 Dengan Atau Tanpa Software - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 18 Agustus 2022

Cara Rekam Layar Windows 10 Dengan Atau Tanpa Software

Cara Rekam Layar Windows 10 Dengan Atau Tanpa Software

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Rekam Layar Windows 10. Setiap pengguna komputer baik itu seperti PC atau laptop, maka mereka dapat melakukan cara merekam layar laptop dengan atau tanpa menggunakan software apapun.

Tidak hanya itu saja, tetapi cara merekam layar atau biasa yang dikenal sebagai screen recorder dapat dilakukan dengan cukup mudah. Bahkan salah satu caranya bisa digunakan untuk merekam dengan kualitas HD. Untuk dapat melakukan perekaman pada layar laptop yang menggunakan Windows 10, cara kerjanya hampir sama dengan screenshot.

Jadi penggunanya dapat mengabadikan setiap aktivitasnya dalam menggunakan perangkat komputer tersebut. Biasanya sebagian besar orang yang ingin merekam layar laptop atau screen recorder sering dilakukan oleh mereka yang bekerja sebagai konten kreator. Karena mereka akan menjelaskan tentang setiap langkah dalam tutorial yang diberikannya.

Nah, untuk teman-teman yang ingin mengetahui Cara Rekam Layar Windows 10, maka kamu bisa melihatnya melalui penjelasan yang akan saya berikan di bawah ini secara lengkap. Selain itu dalam penjelasan yang akan saya bagikan disini tentang merekam layar laptop Windows 10 dapat dilakukan dengan menggunakan software atau tanpa aplikasi.

Cara Rekam Layar Windows 10 Dengan Atau Tanpa Software

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa untuk dapat merekam layar laptop yang menggunakan Windows 10 dapat dilakukan dengan atau tanpa menggunakan aplikasi. Walaupun sebagian besar pengguna sistem operasi windows ini tidak banyak yang mengetahuinya, karena ia lebih memilih menggunakan Aplikasi Rekam Layar Windows 10.

Sebagian besar sang konten kreator yang melakukan cara ini, sering digunakan untuk merekam aktivitas bermain game di PC. Karena dengan melakukan hal ini, mereka akan mendapatkan sebuah imbalan yang berupa uang. Jadi tidak heran mengapa saat ini banyak anak muda yang ingin menjadi konten kreator untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari internet.

Lantas bagaimana cara merekam layar laptop Windows 10 dengan benar? Untuk teman-teman yang ingin mengetahui langkah-langkahnya, maka silahkan kamu simak baik-baik setiap penjelasan yang akan saya sampaikan di bawah ini. Selain itu dalam penjelasan tersebut, disini saya akan menggunakan metode aplikasi tambahan dan fitur bawaan dari Windows 10.

1. Cara merekam layar laptop tanpa aplikasi

Pada penjelasan pertama yang akan saya berikan terlebih dahulu adalah dengan menggunakan cara tanpa menggunakan aplikasi. Untuk cara yang satu ini kita akan menggunakan fitur yang tersedia di dalam aplikasi game bar.

Seperti namanya game bar, tentu saja cara merekam ini hanya bisa digunakan untuk merekam kegiatan bermain game di PC tersebut. Sedangkan untuk kamu yang ingin merekam hal lain selain main game, maka kamu bisa mengikuti penjelasan saya yang berikutnya.

Nah, untuk langkah-langkahnya bisa kamu lihat di bawah ini secara lengkap.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan buka aplikasi game yang ingin dimainkan.
  2. Selanjutnya tekan tombol Windows + G secara bersamaan.
  3. Maka nanti kamu akan melihat tampilan dari screen recorder game bar tersebut.
  4. Selanjutnya untuk mulai merekam klik tombol Start Recording yang berwarna merah untuk memulai proses merekam layar laptop.
  5. Sedangkan untuk kamu yang ingin berhenti merekam, kamu bisa menekan tombol Stop Recording.
  6. Selanjutnya kamu tinggal menutup game bar tersebut dan melihat hasil rekaman tadi.
  7. Untuk membuka hasil rekamannya, kamu bisa melihatnya melalui folder Video >> Captures.
  8. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan merekam layar laptop Windows 10 dengan menggunakan fitur bawaan yang tersedia di dalam aplikasi Game Bar. Namun perlu kamu ketahui, untuk dapat menggunakan cara yang satu ini hanya bisa digunakan untuk merekam layar game saja.

2. Cara merekam layar laptop dengan aplikasi

Untuk cara merekam layar laptop yang berikutnya adalah dengan menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Untuk cara merekam yang satu ini tidak hanya digunakan untuk merekam game saja, tetapi juga dapat merekam setiap layar yang terdapat pada laptop tersebut.

Jika kamu ingin mengetahui aplikasi apa saja yang dibutuhkan, kamu bisa mencoba menggunakan software Bandicam Full Version atau OBS Studio Latest Version. Karena hanya kedua aplikasi ini saja yang memiliki kualitas rekaman yang sangat baik.

Bahkan untuk cara penggunaannya pun sangat mudah, kamu hanya cukup mengklik tombol Start Recording. Maka nanti proses merekam layar akan langsung berjalan secara otomatis. Selain itu pada OBS Studio juga dapat digunakan sebagai aplikasi live streaming.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini agar website saya semakin berkembang dan dapat memberikan artikel-artikel yang bermanfaat lainnya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat merekam layar laptop yang menggunakan Windows 10 dapat dilakukan dengan dua cara yang berbeda, yaitu bisa menggunakan software tambahan atau tanpa software. Untuk kedua metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments