Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Huawei - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 17 September 2022

Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Huawei

Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Huawei

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Huawei. Kode buka kunci ini sangat berguna sekali untuk kamu yang ingin melakukan UBL terhadap Smartphone Android Huawei. Tanpa adanya kode tersebut, maka kamu tidak akan dapat melakukan root.

Setiap pabrikan Smartphone Android, pastinya ponsel besutannya tersebut selalu masih dalam keadaan terkunci bootloader. Hal tersebut memungkinkan agar dapat memberikan keamanan sistem agar tidak mudah mengalami error atau kerusakan lainnya. Namun, ada saja sebagian orang yang ingin melakukan proses Unlock Bootloader pada ponselnya.

Karena mereka telah mengetahui akan terdapat keuntungan yang nantinya akan didapatkan setelah berhasil melakukan Unlock Bootloader, termasuk pada perangkat ponsel Huawei. Jika kamu belum mengetahui apa saja keuntungannya, maka akan saya berikan sedikit beberapa informasi kelebihannya, yaitu mampu memodifikasi sistem atau menghapus aplikasi bawaan.

Pabrikan asal China ini telah memberikan izin atas penggunaan cara Unlock Bootloader secara resmi, sama seperti pada ponsel Xiaomi, HTC, Sony, Google Pixel, dan LG. Namun dari semua ponsel tersebut memiliki metodenya masing-masing. Sedangkan pada ponsel Huawei sendiri, maka penggunanya harus mengetahui Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Huawei.

Cara Mengetahui Bootloader Masih Terkunci Atau Belum

Apakah di antara kalian semua ada yang mengetahui tentang hal yang satu ini? Sebagian besar pengguna ponsel Huawei masih banyak yang belum mengetahuinya. Namun sebenarnya bootloader bisa di cek melalui ponsel itu sendiri apakah masih terkunci atau sudah di buka. Selain itu, cara ini juga dapat dilakukan pada semua ponsel Huawei, termasuk Huawei Mate 10.

Apakah kamu ingin mengetahui bagaimana caranya? Jika iya, silahkan kamu ikuti langkah-langkahnya melalui penjelasan yang akan saya sampaikan di bawah ini. Selain itu, caranya pun dapat dilakukan tanpa harus mengeluarkan biaya apapun dan tidak perlu menunggu berhari-hari untuk mengetahuinya.

Nah, untuk langkah-langkahnya silahkan simak baik-baik penjelasannya.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Telepon yang terdapat di ponsel Huawei kalian.
  2. Selanjutnya ketik perintah ini *#*#7378423#*#*.
  3. Maka otomatis akan langsung menampilkan semua informasi mengenai bootloader apakah sudah dibuka atau belum.
  4. Selesai.

Sebenarnya untuk dapat mengetahui apakah bootloader masih terkunci atau sudah terbuka dapat dilakukan dengan tiga cara yang berbeda, yaitu melalui panggilan telepon, pengaturan opsi pengembang, dan melalui perintah adb and fastboot via komputer. Akan tetapi yang paling mudah dilakukan pengecekannya adalah melalui aplikasi panggilan telepon saja.

Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Huawei

Untuk setiap pengguna setia dari ponsel android Huawei, pastinya mereka telah mengetahui betul betapa sulitnya untuk membuka bootloader pada ponsel yang satu ini. Karena untuk dapat melakukan hal tersebut tidak sama seperti yang dilakukan pada perangkat ponsel Xiaomi. Jika pada Xiaomi tidak akan membutuhkan kode, sedangkan pada Huawei akan memerlukannya.

Lantas bagaimana untuk mendapatkan kode tersebut? Untuk bisa mendapatkannya, maka kamu harus membuat permohonan ingin melakukan Unlock Bootloader melalui situs resmi dari Huawei. Jika kamu tidak melakukan permohonan dahulu, maka kamu pun tidak akan dapat melakukan UBL pada semua tipe dari ponsel Huawei tersebut.

Oleh karena itu melalui postingan ini, disini saya akan membantu teman-teman yang ingin melakukan proses root. Akan tetapi sebelum kamu memulai root tersebut, kamu harus melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu. Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan yang telah saya berikan di bawah ini secara lengkap.

1. Langkah mendapatkan kode kunci bootloader

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Telepon yang terdapat di ponsel kalian.
  2. Selanjutnya ketik *#*#1357946#*#*, lalu catat ID produknya pada bagian Product ID dan Serial Number yang tercantum pada halaman informasi tersebut.
  3. Selanjutnya buka aplikasi Pengaturan ponsel, lalu pilih About Phone.
  4. Selanjutnya catat Model Number dan IMEI.
  5. Selanjutnya Download DC-UNLOCKER Full Version, lalu install di PC atau laptop.
  6. Selanjutnya jalankan file dc-unlocker2client.exe dengan cara klik 2x.
    Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Huawei #1

  7. Selanjutnya lihat pada bagian Select manufacturer, lalu pilih ke Huawei phones.
    Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Huawei #2

  8. Selanjutnya pilih opsi About >> Access support area.
    Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Huawei #3

  9. Selanjutnya pilih menu Drivers >> Huawei >> Phones >> U8825D_(Ascend_G330D)_U8950_(Ascend_G600)_usb_driver.zip.
  10. Selanjutnya download file zip tersebut.
  11. Selanjutnya extract file tersebut dan jalankan file DriverSetup.exe untuk memulai proses instalasi drivernya.
  12. Selanjutnya matikan ponsel Huawei kalian, lalu tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas + Volume Bawah secara bersamaan.
  13. Maka nanti ponsel akan masuk ke dalam Mode Download.
  14. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  15. Selanjutnya klik ikon pencarian yang terletak di layar sebelah kiri.
    Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Huawei #4

  16. Selanjutnya tunggu saja sampai prosesnya selesai.
  17. Setelah prosesnya selesai, maka akan muncul informasi mengenai Bootloader Code.
    Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Huawei #5

  18. Selanjutnya catat Bootloader Code tersebut.
  19. Selesai.

2. Langkah melakukan unlock bootloader

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download Minimal Adb and Fastboot dan Huawei USB Driver.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya Install Huawei USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging di ponsel Huawei kalian.
  5. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB. Pastikan ponsel dalam keadaan menyala dan tidak terkunci layar.
  6. Selanjutnya buka folder Minimal Adb and Fastboot yang tadi telah kamu extract, lalu jalankan command prompt.
    1. Windows 7: Klik kanan pada area kosong sambil menekan tombol Shift pada keyboard, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10: Klik pada kolom address bar, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  7. Selanjutnya masukkan perintah ini adb devices di layar command prompt dan tekan enter.
  8. Selanjutnya masukkan perintah ini adb reboot bootloader dan tekan enter.
  9. Jika di ponsel kamu terdapat notifikasi perizinan Allow USB Debugging, silahkan kamu berikan izin dahulu.
  10. Maka nanti ponsel akan restart secara otomatis dan akan langsung masuk ke dalam Mode Fastboot.
  11. Selanjutnya masukkan perintah ini fastboot devices dan tekan enter.
  12. Selanjutnya masukkan perintah ini fastboot oem unlock 123456789 dan tekan enter.
  13. Untuk kode 123456789 tersebut, silahkan kamu ganti dengan kode bootloader yang tadi telah kamu dapatkan melalui DC Unlocker.
  14. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai mendapatkan kode bootloader dan melakukan Unlock Bootloader melalui Adb dan Fastboot Platform Tool. Sekarang kamu sudah dapat melanjutkan ke proses Install TWRP dan Root di ponsel Huawei tersebut untuk bisa mendapatkan hak akses root agar dapat melakukan modifikasi sistem.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat membuka kunci bootloader pada Smartphone Android Huawei, maka penggunanya harus mendapatkan kode bootloadernya terlebih dahulu. Nah, untuk bisa mengetahuinya, disini saya telah memberikan petunjuk atau instruksi mengenai Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Huawei dengan sangat mudah dan terbaru.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: