Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 10 - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 28 Januari 2023

Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 10

Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 10

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Bootable Windows 10. Metode bootable ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang ingin menginstal Windows 10 menggunakan flashdisk. Dengan membuat bootable ke flashdisk, maka pengguna dapat booting installer OS Windows 10 dan menginstalnya.

Sebenarnya untuk membuat bootable tidak hanya dapat dilakukan pada flashdisk saja, tetapi juga dapat menggunakan media penyimpanan lainnya seperti hardisk eksternal atau dvd. Namun sebagian pengguna komputer baik itu PC atau laptop, mereka lebih memilih menggunakan flashdisk untuk dijadikan tempat installer file ISO Windows 10.

Karena flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan yang mudah didapatkan, serta lebih praktis untuk dijadikan cara membuat bootable Windows 10. Berbeda halnya dengan hardisk eksternal atau dvd yang sulit untuk didapatkan, selain itu harganya pun lebih mahal jika dibandingkan dengan penyimpanan USB flashdisk yang sangat mudah untuk didapatkan.

Nah, jika teman-teman ingin mengetahui Buat Bootable Windows 10, maka kamu dapat melihat caranya dengan melalui langkah-langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini. Cara ini juga dapat digunakan untuk membuat bootable Windows 7 atau Windows 8. Dengan menggunakan satu software yang sesuai, kamu dapat membuat berbagai jenis installer Windows ke flashdisk.

Persiapan Yang Harus Dilakukan Terlebih Dahulu

Sebelum kamu memulai proses pembuatan installer Windows 10 ke flashdisk, kamu harus mempersiapkan dahulu beberapa bahan yang akan dibutuhkan. Jika salah satu persiapan ada yang tidak lengkap, maka kamu tidak dapat melanjutkan ke tahap Membuat Bootable Windows 10.

  • Siapkan kapasitas USB Flashdisk minimal 8 GB.
  • Pastikan di dalam flashdisk tidak tersedia file apapun, alangkah baiknya jika kamu format dahulu flashdisk tersebut.
  • Pastikan kondisi flashdisk dalam keadaan baik dan tidak mengalami error apapun.
  • Siapkan PC atau laptop dan koneksi internet yang stabil.

Jika kamu sudah siap dan selesai menyiapkan semua persiapan di atas, termasuk menyediakan USB Flash Drive (Flashdisk), sekarang kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap membuat bootable Windows 10 di flashdisk. Pastikan untuk selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 10

Untuk cara membuat bootable Operating System Windows ke flashdisk, disini saya akan menggunakan aplikasi yang dapat di download secara gratis. Silahkan kamu ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat bootable Windows 10 dengan Rufus versi terbaru.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download Rufus Latest Version.
  2. Selanjutnya download juga file ISO Windows 10 32 bit atau ISO Windows 10 64 bit.
  3. Selanjutnya ekstrak semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  4. Selanjutnya sambungkan USB Flashdisk ke PC, lalu format dahulu flashdisk tersebut.
  5. Selanjutnya jalankan Rufus yang tadi sudah di ekstrak dengan cara Run as administrator.
  6. Selanjutnya klik Select pada bagian Boot Selection, lalu pilih file ISO Windows 10 yang sudah di ekstrak.
    Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 10 #1

  7. Selanjutnya pilih opsi pada bagian Partition Scheme, lalu pilih MBR.
    Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 10 #2

  8. Selanjutnya pada bagian Target System, pastikan pilih ke BIOS (or UEFI-CSM).
    Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 10 #3

  9. Selanjutnya pada bagian File System, pastikan ada di NTFS.
    Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 10 #4

  10. Jika sudah semua, lalu klik tombol Start.
    Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 10 #5

  11. Jika muncul tampilan Windows User Experience, klik saja OK.
    Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 10 #6

  12. Selanjutnya akan muncul notifikasi Warning, lalu klik OK.
    Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 10 #7

  13. Selanjutnya proses pembuatan bootable di flashdisk akan langsung berjalan secara otomatis, lalu tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
    Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 10 #8

  14. Jika prosesnya sudah selesai, lalu klik Close.
  15. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil membuat bootable Windows 10 di flashdisk dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya sediakan di atas. Sekarang flashdisk kamu sudah siap untuk melakukan Install Ulang Windows 10 dengan menggunakan USB flashdisk.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Buat Bootable Windows 10 dapat dilakukan dengan berbagai metode yang berbeda, seperti melalui Rufus, Command Prompt, atau Windows Media Creation Tool. Namun sebagian besar pengguna PC atau laptop akan menggunakan USB Flashdisk, karena lebih simple dan flashdisk pun sangat mudah untuk didapatkan, tidak seperti CD/DVD.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments