Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 7 - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 29 Januari 2023

Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 7

Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 7

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Menonaktifkan Antivirus Windows 7. Nah, untuk teman-teman yang ingin mengetahui caranya, maka kamu dapat melihat langkah-langkahnya di bawah ini. Untuk dapat menonaktifkan antivirus tersebut dapat dilakukan untuk sementara waktu atau permanen.

Setiap perangkat komputer seperti PC / laptop Windows pasti telah dibekali dengan fitur keamanan yang bernama Antivirus. Pasalnya antivirus ini akan melindungi komputer dari ancaman berbahaya seperti malware atau yang lainnya. Namun ada sebagian kasus banyak orang yang ingin melakukan turn off antivirus atau windows defender di PC mereka.

Antivirus atau Windows Defender telah tersedia pada komputer yang telah selesai di install ulang. Karena komponen perangkat lunak tersebut merupakan salah satu fitur bawaan yang tersedia pada perangkat komputer apapun. Untuk memulai mematikan atau menonaktifkan fitur tersebut, maka penggunanya tidak perlu menginstal software apapun di PC atau laptop.

Nah, untuk kalian pengguna Windows terhadap komputer yang digunakannya, maka kamu bisa mengetahui langkah-langkah Cara Menonaktifkan Antivirus Windows 7. Tapi tenang saja, karena di dalam instruksi yang akan saya sampaikan di bawah ini tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Jadi, kita akan menggunakan metode yang telah disediakan secara bawaan.

Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 7

Untuk teman-teman yang ingin mengetahui Cara Menonaktifkan Antivirus Windows 7, maka kamu bisa melihat caranya dengan melalui beberapa penjelasan yang akan saya sampaikan di langkah berikut ini. Jadi pastikan untuk selalu mengikuti setiap instruksi yang telah saya sampaikan tersebut jika ingin prosesnya dapat berjalan dengan lancar dan berhasil.

Seperti yang diketahui, bahwa sistem operasi Windows 7 telah resmi dirilis pada tahun 2009. Pada sistem operasi komputer yang satu ini telah tersedia beberapa versi Windows 7 yang berbeda, seperti Windows 7 Enterprise, Home Basic, Home Premium, Professional, Starter, dan Ultimate. Semua versi Windows tersebut sama-sama memiliki Windows Security yang sama.

Lantas bagaimana menonaktifkan atau mematikan Windows Security di Windows 7? Untuk dapat menonaktifkan fitur tersebut dapat dilakukan dengan sangat mudah. Oleh karena itu melalui artikel ini akan saya jelaskan berbagai langkah yang berbeda untuk dapat melakukannya. Nah, silahkan kalian ikuti langkah di bawah ini secara lengkap.

1. Cara Menonaktifkan Windows Defender secara sementara

Cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan menonaktifkan Windows Defender Windows 7 secara sementara. Jadi kalian dapat mengaktifkannya kembali sewaktu-waktu jika sedang diperlukan. Untuk menonaktifkan Windows Defender secara sementara ini cara kerjanya sama seperti yang terdapat pada Windows 10.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan klik Start >> lalu pada kolom pencarian ketik Windows Defender.
    Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 7 #1

  2. Selanjutnya pilih menu Tools yang terletak di bagian atas.
    Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 7 #2

  3. Selanjutnya pilih Options seperti pada gambar di bawah ini.
    Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 7 #3

  4. Selanjutnya pilih menu Real-time protection yang terletak pada menu sebelah kiri, lalu hilangkan tanda centang pada Use real-time protection.
    Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 7 #4

  5. Selanjutnya klik Save / klik OK untuk menyimpan hasil perubahannya.
  6. Selesai.

2. Cara Menonaktifkan Windows Defender secara permanen

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan menonaktifkan Windows Defender Windows 7 secara permanen. Seperti pada namanya, dengan mengaktifkan pengaturan seperti ini, maka PC kamu tidak akan dapat lagi melakukan pemindaian terjadwal untuk melindungi komputer kalian dari ancaman malware.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan klik Start, lalu pada kolom pencarian ketik Windows Defender.
    Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 7 #5

  2. Selanjutnya klik pada bagian menu Tools yang terletak di atas.
    Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 7 #6

  3. Selanjutnya klik Options yang terletak pada bagian Settings.
    Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 7 #7

  4. Selanjutnya pilih menu Administrator yang terletak di sebelah kiri, lalu hilangkan tanda centang pada Use this program >> Save.
    Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 7 #8

  5. Selanjutnya akan muncul layar notifikasi This program is turned off, lalu klik Close.
    Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 7 #9

  6. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kalian sudah selesai dan berhasil menonaktifkan aplikasi antivirus bawaan / Windows Defender di PC kalian masing-masing secara otomatis. Dengan menonaktifkan keamanan yang satu ini, maka komputer kamu akan rentan terkena virus malware yang berbahaya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Menonaktifkan Antivirus Windows 7 sebenarnya dapat dilakukan dengan menggunakan dua metode yang berbeda, yaitu sementara dan permanen. Jika kamu sudah selesai menonaktifkannya dan ingin mengetahuinya, maka kamu bisa melihatnya melalui klik kanan pada icon Windows Security, lalu pilih aplikasi Windows Defender.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments