Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 8 - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 29 Januari 2023

Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 8

Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 8

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Windows Defender Windows 8. Saat ini sudah banyak pengguna komputer dengan menggunakan sistem operasi yang satu ini. Namun tidak banyak orang yang mengetahui cara mengaktifkan Windows Defender atau menonaktifkannya.

Windows 8 memiliki beragam fitur yang dapat digunakan untuk membantu penggunanya dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Bahkan Windows ini juga memiliki fitur keamanan yang sama seperti pada versi Windows lainnya. Fitur keamanan tersebut dikenal dengan nama antivirus / Windows Defender yang mampu melindungi PC dari serangan virus dan spyware.

Dengan dilengkapi fitur keamanan tersebut, mampu melindungi komputer dari ancaman yang berbahaya baik itu melalui browser atau salah satu software yang telah terinstal. Tetapi dalam suatu kasus, terkadang ada kalanya sang pengguna ingin melakukan turn off Windows Defender secara sementara demi dapat menginstal salah satu aplikasi yang diinginkan.

Oleh karena itu dengan melalui postingan ini, disini saya akan membantu teman-teman yang ingin Mematikan Windows Defender Windows 8 di PC atau laptop. Karena jika anti virus bawaan tersebut masih dalam kondisi aktif, maka biasanya penggunanya tidak akan dapat menginstal aplikasi gratisan di komputer mereka masing-masing.

Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 8

Cara Mematikan Windows Defender Windows 8 terdapat dua metode yang berbeda, yaitu dapat dinonaktifkan secara sementara atau permanen. Kedua metode tersebut juga dapat diterapkan pada PC yang menggunakan Operating System Windows 8.1, akan tetapi untuk langkah-langkahnya sedikit berbeda untuk kedua versi Windows tersebut.

Sedangkan untuk pengguna komputer yang menggunakan Windows 7, maka mereka tidak akan bisa mengikuti langkah-langkah yang disediakan untuk Windows 8. Namun jika kalian ingin mengetahui caranya, maka kamu dapat melihat langkah-langkahnya dalam artikel berikut ini Cara Menonaktifkan Antivirus Windows 7 yang telah saya jelaskan secara lengkap.

Nah, jika kalian ingin menonaktifkan Windows Defender pada PC yang menggunakan Windows 10, maka kalian dapat melakukannya melalui aplikasi pengaturan yang telah disediakan secara bawaan oleh Windows itu sendiri. Berikut ini adalah langkah-langkah mematikan Windows Defender di PC yang menggunakan Windows 8 secara sementara atau permanen.

1. Cara menonaktifkan Windows Defender secara sementara

Cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan menonaktifkan Windows Defender secara sementara. Dengan menggunakan metode sementara untuk defender antivirus Windows 8, maka dikemudian hari kalian dapat mengaktifkannya kembali untuk melindungi komputer dari virus.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan klik pada aplikasi Settings.
    Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 8 #1

  2. Selanjutnya klik pada bagian Control Panel.
    Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 8 #2

  3. Selanjutnya klik pada tanda panah yang terletak pada bagian View by, lalu pilih Large icons.
    Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 8 #3

  4. Selanjutnya klik pada opsi Windows Defender.
    Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 8 #4

  5. Selanjutnya klik tab Settings yang terletak pada menu bagian atas.
    Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 8 #5

  6. Selanjutnya klik pada menu Real-time protection yang disebelah kiri, lalu hilangkan tanda centang pada  Turn on real-time protection (recommended).
    Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 8 #6

  7. Selanjutnya klik tombol Save changes untuk menyimpannya.
  8. Selesai.

2. Cara menonaktifkan Windows Defender secara permanen

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan menonaktifkan Windows Defender secara permanen untuk Windows 8. Jika kalian melakukan hal ini, maka biasanya komputer yang tidak terlindungi oleh Windows Defender akan rentan terkena virus yang dapat menyebabkan komputer mengalami kerusakan sistem.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan menekan tombol Win + R secara bersamaan.
  2. Selanjutnya ketik services.msc, lalu klik OK.
    Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 8 #7

  3. Selanjutnya akan muncul tampilan Group Policy Editor, lalu cari Windows Defender Service, lalu klik 2x pada file tersebut.
    Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 8 #8

  4. Selanjutnya pada bagian Startup type, lalu ganti ke Disabled.
    Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Pada Windows 8 #9

  5. Selanjutnya klik Apply >> OK untuk menyimpan hasilnya.
  6. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil menonaktifkan Windows Defender di PC yang menggunakan Operating System Windows 8. Perlu kamu ketahui terlebih dahulu, bahwa dengan mematikan Windows Security yang satu ini dapat menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti mengalami terkena virus atau error pada salah satu aplikasi lainnya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Menonaktifkan Windows Defender Windows 8 dapat dilakukan dengan dua metode yang berbeda, yaitu secara sementara dan permanen. Jika teman-teman ingin mematikan fitur keamanan yang satu ini, alangkah baiknya jika kalian hanya menggunakan cara sementara agar kedepannya PC akan selalu terlindungi dengan aman.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments